Tuesday, November 28, 2017

√ Simulasi Soal-Soal Apkgm 2018 Mapel Bahasa Inggris Mts Beserta Kunci Jawaban

Assalamu'alaikum wr.wb. Sahabat Guru yang dirahmati Allah, dalam menyambut Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) tahun 2018, gurujugan.com mengetengahkan beberapa latihan-latihan soal untuk mempersiapkan mental dan pikiran para sobat guru.

Spesial Latihan SOAL APKGM JATIM 2018 SEMUA MAPEL UNBK MA


Baca Juga :
Latihan Soal APKGM 2018 Jenjang MA (Pedagogik & Profesional)
Latihan soal APKGM 2018 Kompetensi Pedagogik & Profesional Jenjang MTs

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting Simulasi APKGM 2018 Mapel Bahasa Inggris Jenjang MTs, Setelah beberapa postingan sebelumnya juga membahas perihal latihan soal-soal APKMG jenjang MA yang meliputi : APKGM (Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah) Tahun 2018Soal latihan APKGM Bahasa Indonesia Beserta Kunci JawabannyaSoal Latihan APKGM Matematika Plus Kunci JawabannyaSoal-Soal Latihan APKGM Bahasa Inggris.

Berikut Contoh Soal Simulasi APKGM 2018 Mapel Bahasa Inggris


1. Tahap pada dikala individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan . . . .

A. Tahap pengetahuan (kowledge)

B. Tahap bujukan (persuasion)

C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)

D. Tahap implementasi (implementation)

E. Tidak ada tanggapan



2. Bagian epilog suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan perihal

A. rangkuman dan tindak lanjut

B. selesai umum

C. rekomendasi penulis

D. selesai dan saran

E. Ada dua tanggapan benar



3. Dian Basuki is a piano player. He plays the piano very well. He ______ many competitions in Indonesia since he was a primary school student.

A. wins

B. has won

C. will won

D. won



4. Keuntungan memakai PAN ialah ...

A. sanggup meningkatkan kualitas hasil berguru

B. mudah

C. sanggup dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran

D. sanggup mengetahui prestasi kelompok

E. Semua tanggapan benar



5. Melatih penerima didik untuk berpikir komprehensif dari banyak sekali disiplin ilmu atau banyak sekali aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .

A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif

B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah

C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap

D. Unit / Pembelajaran Terpadu.

E. PKR - Unit



6. Kelebihan soal obyektif antara lain ...

A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat

B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan sanggup dipakai berulang

C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan sanggup dipakai berulang

D. materi uji luas, scoringnya cepat dan sanggup dipakai berulang

E. Ada 2 tanggapan benar



7. Skor maksimum suatu tes ialah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa ialah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya ialah ...

A. 41,5

B. 54,15

C. 56,6

D. 79,25

E. 64,25



8. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian sanggup dilihat di serpihan

A. pendahuluan

B. metode

C. hasil

D. diskusi

E. Semua tanggapan benar



9. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di serpihan pendahuluan ialah berikut ini

A. apa inti teori/konsep yang dibahas?

B. mengapa konsep itu dibahas?

C. Apa kesimpulan yang sanggup ditarik?

D. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?

E. Tidak ada tanggapan benar



10. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen

A. daftar pustaka

B. ajaib

C. daftar tabel

D. lampiran

E. Ada 3 tanggapan benar



11. Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, alasannya ...

A. sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai

B. stabilitas emosi subjek yang dinilai

C. indikator sikap sangat banyak jumlahnya

D. reliabilitasnya bergantung pada variabel sikap yang relevan

E. Semua tanggapan benar



12. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari evaluasi berbasis kelas, kecuali :

A. Siswa tidak sekedar dilatih menentukan tanggapan yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk sanggup mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.

B. Pengumpulan info perihal siswa sanggup dilakukan dengan memakai variasi cara dan berkesinambungan.

C. Hasil berguru siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil berguru siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

D. Penilaian dilakukan sehabis proses berguru mengajar selesai, sehingga sangat mudah bagi guru.

E. Tidak ada tanggapan



13. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi ialah ...

A. Menentukan siapa yang akan mengobservasi

B. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi

C. Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi

D. Menentukan planning sampling

E. Semua tanggapan salah



14. Sampai sejauh mana suatu penemuan sanggup diujicobakan materi kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .

A. Relative advantages

B. Compatibility

C. Trialability

D. Complexity

E. Semua tanggapan benar



15. Teacher : Who’s absent today, children?

Jihan : Umar, Sir. He’s sick. His mother ______ him to the clinic yesterday.

Teacher : I see.

A. will take

B. has taken

C. takes

D. took



16. Berikut ini merupakan komponen evaluasi portofolio, kecuali ...

A. catatan pelajaran siswa

B. catatan harian sikap siswa

C. hasil pekerjaan siswa

D. profil perkembangan siswa

E. Semua tanggapan benar



17. Penilaian hasil berguru sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan semoga ...

A. tes dikerjakan dengan santai, tidak serius

B. siswa sanggup memperlihatkan apa yang dipahaminya

C. kemampuan siswa sanggup meningkat

D. siswa tidak merasa rendah diri

E. Semua tanggapan salah



18. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada usia ....

A. 0-8 tahun

B. 0-3 tahun

C. 2-8 tahun

D. 0-5 tahun

E. 9-14 tahun



19. Rekomendasi untuk judul ialah

A. 8-10 kata

B. 10-12 kata

C. 12-15 kata

D. 15-30 kata

E. 30-50 kata



20. Fanatism tempat yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh kendala yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .

A. Cultural Block

B. Mental Block Barries

C. Social Block

D. System Block

E. Social System



21. Lia : Oh, my wallet has been stolen.

Uti : ______. How did it happen?

Lia : Maybe a pickpocket took it when I was on the bus.

A. That’s a good idea

B. That would be nice

C. That’s great

D. What a pity



22. Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa akil dengan kelompok siswa bodoh apabila ..

A. butir soal mempunyai 2 kunci tanggapan sehingga daya pembedanya 1,0

B. pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0

C. materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0

D. banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0

E. Semua tanggapan benar



23. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di tempat kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .

A. Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management

B. School Merger

C. Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap

D. CBSA

E. Jawaban tidak ada



24. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada usia ....

A. 0-8 tahun

B. 0-3 tahun

C. 2-8 tahun

D. 0-5 tahun

E. 9-14 tahun



25. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:

A. Pengukuran

B. Asesmen

C. Tes

D. Evaluasi

E. Semua benar



26. Alice : Your country is really beautiful.

Tina : Yeah, it is, but I bet your country is beautiful, too.

I’d like to visit you in Sydney. It’s my dream.

Alice : You can come any time you like.

Tina : By the way, ______ is Australia from here ?

Alice : It’s about 20.000 kilometers.

A. how long

B. how far

C. how high

D. how old



27. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek

A. panjang goresan pena

B. nada goresan pena

C. gaya goresan pena

D. bahasa goresan pena

E. Semua tanggapan salah



28. Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....

A. daftar hadir siswa

B. skenario tindakan

C. sarana dan kemudahan pendukung

D. cara analisis data

E. Semua tanggapan benar



29. Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup meliputi banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali

A. pendidikan

B. kebudayaan

C. pemulung

D. informatika

E. Semua tanggapan salah



30. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di serpihan pendahuluan ialah berikut ini

A. apa inti teori/konsep yang dibahas?

B. mengapa konsep itu dibahas?

C. Apa kesimpulan yang sanggup ditarik?

D. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?

E. Tidak ada tanggapan benar



31. Artikel sanggup dikelompokkan menjadi

A. artikel laporan dan artikel referensi

B. artikel konseptual dan artikel teoritis

C. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis

D. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan

E. Tidak ada tanggapan yang benar



32. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu antara lain ...

A. Pertanyaan dan tanggapan yang diharapkan sesuai indikator

B. Rumusan kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya

C. Pertanyaan menuntut tanggapan terurai dan ada pedoman pensekorannya

D. Rumusan kalimat tidak mengakibatkan penafsiran ganda\

E. Ada 2 tanggapan benar



33. Melatih penerima didik untuk berpikir komprehensif dari banyak sekali disiplin ilmu atau banyak sekali aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .

A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif

B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah

C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap

D. Unit / Pembelajaran Terpadu.

E. PKR - Unit



34. Rhinoceros is protected; Jalak Bali is protected.

We can also say ______.

A. Rhinoceros is protected, and neither is Jalak Bali

B. Rhinoceros is protected, and Jalak Bali is too

C. Rhinoceros is protected, and so was Jalak Bali

D. Rhinoceros is protected, and Jalak Bali isn’t either



35. Berikut ini merupakan manfaat dari evaluasi kelas, kecuali ...

A. memperlihatkan umpan balik bagi siswa

B. mendiagnosis kesulitan berguru siswa

C. memperlihatkan umpan balik bagi guru

D. mengontrol perkembangan siswa

E. Semua tanggapan salah



36. Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi penemuan ialah . . . .

A. Inovators

B. Early Adopters

C. Early Majority

D. Late Majority

E. Tidak ada tanggapan



37. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik ialah

A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.

B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri menyerupai proses yang biasa dilakukan ilmuwan.

C. Memfasilitasi siswa mendapatkan konsep semoga sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

D. Memfasilitasi siswa untuk menandakan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.

E. Semua tanggapan benar



38. Berikut ini ialah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.

(1) melaksanakan percobaan

(2) menarik kesimpulan

(3) merencanakan percobaan

(4) mengajukan hipotesis

(5) merumuskan duduk masalah

(6) mengolah data

Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah ialah ....

A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)

B. (4), (5), (3), (1), (6), (2)

C. (5), (3), (1), (6), (4), (2)

D. (5), (4), (3), (1), (6), (2)

E. Semua tanggapan salah



39. Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang mempunyai implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :

A. Kompetensi

B. Standar kompetensi

C. Kompetensi dasar

D. Indikator pencapaian belajar.



40. Suatu sistem sosial yang secara terang mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu penemuan merupakan . . . .

A. Kegiatan pemeliharaan terbatas

B. Fasilitas fisik

C. Ukuran kewilayahan

D. Penggunaan waktu

E. Tidak ada tanggapan



41. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari evaluasi berbasis kelas, kecuali :

A. Siswa tidak sekedar dilatih menentukan tanggapan yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk sanggup mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.

B. Pengumpulan info perihal siswa sanggup dilakukan dengan memakai variasi cara dan berkesinambungan.

C. Hasil berguru siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil berguru siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

D. Penilaian dilakukan sehabis proses berguru mengajar selesai, sehingga sangat mudah bagi guru.

E. Tidak ada tanggapan



42. Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik evaluasi proyek ialah kemampuan ...

A. berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melaksanakan pengamatan, hingga penulisan laporan

B. mendesain hasil karya

C. menentukan dan memakai alat di lapangan

D. menilai hasil karya secara analitis dan holistik

E. Semua tanggapan benar



43. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melaksanakan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....

A. pembelajaran sains sanggup diintegrasikan dengan pelajaran bahasa

B. pembelajaran sains sanggup diceramahkan secara rinci

C. pembelajaran sains memerlukan alat peraga

D. pembelajaran sains belum dibutuhkan

E. Semua tanggapan benar



44. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada dikala anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....

A. Helen Parkhust

B. Kak Seto

C. John Dewey

D. Montessori

E. Ki Hajar Dewantara



45. Skor maksimum suatu tes ialah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa ialah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya ialah ...

A. 41,5

B. 54,15

C. 56,6

D. 79,25

E. 64,25



46. Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....

A. daftar hadir siswa

B. skenario tindakan

C. sarana dan kemudahan pendukung

D. cara analisis data

E. Semua tanggapan benar



47. Penilaian teladan patokan menetukan keberhasilan siswa menurut ...

A. rata-rata kelompok

B. kriteria yang telah ditetapkan

C. persentase kemampuan siswa

D. skor baku yang telah ditetapkan

E. Semua tanggapan benar



48. Kapan tahapan observasi dilakukan?

A. mulai sebelum pelaksanaan

B. pada dikala pelaksanaan tindakan

C. sehabis pelaksanaan tindakan

D. semua tanggapan benar

E. semua tanggapan salah



49. Indikator yang dipakai untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya ialah ...

A. kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk

B. pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam menciptakan produk

C. kesesuaian produk dengan kontribusi guru

D. kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan

E. Semua tanggapan benar



50. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....

A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep

B. Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep

C. Memfasilitasi siswa untuk menandakan rumus

D. Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus

E. Semua tanggapan benar



51. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di tempat kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .

A. Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management

B. School Merger

C. Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap

D. CBSA

E. Jawaban tidak ada



52. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan duduk masalah ialah sebagai berikut, kecuali .....

A. tingkat keseriusan duduk masalah

B. kemampuan guru untuk menangani duduk masalah

C. ada tidaknya kawan kerja sama

D. kompleks tidaknya masalah.

E. Semua tanggapan benar



53. My father died of cancer five years ago when I was 3 years old. He left my mother and me, their only boy. Last year my mother married Mr. Daud. He was a widower and he had got two children, Andi and Siska. Mr. Daud now becomes my step father. Andi and Siska become my step brother and step sister. Both of them are older than me. We live happily in my step father's house. Now, we are waiting for the birth of my mother's baby.

How many children did Mr.Daud have before he married the writer's mother?

A. None

B. One

C. Two

D. Three



54. Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh kendala yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .

A. Cultural Block

B. Mental Block Barries

C. Social Block

D. System Block

E. Cultural Social



55. Suatu proses untuk mendapatkan info dalam bentuk apapun perihal siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, kegiatan pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :

A. Asesmen

B. Evaluasi

C. Pengukuran

D. Tes

E. Semua tanggapan salah



56. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.

A. mempunyai unsur keterbaruan

B. sanggup memecahkan suatu duduk masalah

C. mempunyai unsur keterbaruan dan sanggup memecahkan duduk masalah

D. tidak harus gres yang penting pembelajaran menjadi bervariasi

E. Ada 2 tanggapan benar



57. Agar sanggup melaksanakan evaluasi secara objektif, seorang guru harus ...

A. merencanakan evaluasi secara sedikit demi sedikit dan terus menerus

B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar

C. menyusun kriteria yang terang dalam pemberian skor

D. memakai teknik evaluasi yang bermacam-macam

E. Ada 3 tanggapan benar



Untuk Mengunduh Soal-soal diatas silahkan klik tautan dibawah ini



Demikian goresan pena tentang Simulasi Soal-soal APKGM 2018 Mapel Bahasa Inggris MTs Beserta Kunci Jawaban. semoga bisa membantu para sobat guru untuk lebih siap dalam menghadapi variasi soal APKGM 2018. 

Sumber http://www.gurujugan.com