Pengertian Komunikasi:
KEITH DAVIS :
1. ialah kawasan u berinteraksi sesama manusia
2.Proses penyampaian pesan dari seseorang kepada
orang lain
CARL F HOVLAN :
ialah suatu proses dimana seseorang (komunikator) memberikan pesan (lambang atau kata2) untuk membentuk tingkah laris orang lain.
WARENT WEAVER :
Adalah keseluruhan mekanisme dimana suatu pikiran mempengaruhi pikiran yang lain.
CH COOLY :
Mekanisme dimana korelasi antar insan terjadi dan berkembang yang disertai dengan lambang fikiran , alat2 penyampaiannya dan cara menjaganya melalui ruang dan waktu.
Unsur-unsur komunikasi:
1. Komunikator : pemeri pesan (pihak yang memulai)
2. Komunikan : pihak yang mendapatkan =pihak yang merupakan target pesan = objek yang dituju
3. Kanal : kanal media = alat untuk memberikan pesan
4. Efek = akibat= hasil yang dicapai atau yang diperlukan dengan adanya pesan
Jenis-jenis komunikasi:
1. Komunikasi Perorangan ( Individual Communication) : ialah komunikasi yg bersifat eksklusif dan cenderung lebih sederhana
2. Komunikasi Organisasi (Organization Communication) : ialah dilakukan oleh sekelompok orang (teamwork/ communication unit) yang memiliki kemampuan ( individual qualitynatau team quaity)
Sasaran Komunikasi:
- Masyarakat pada umumnya ( general public)
- Masyarakat khusus ( special public)
- Setiap individu dari suatu grup tertentu yang sering disebut massa pendengar
Media Komunikasi:
- Percakapan Individu (Personal Conversation)
- Kelompok Diskusi
- Pertemuan informal
- Telepon dan Telegraf
- Televisi dan Radio
- Surat Menyurat perorangan
- Surat kabar
- Buku, laporan dan lain2
Hambatan dalam Komunikasi:
- Pesan diseleksi oleh Pengirim sesuai Seleranya
- Penerima meyeleksi dan memperhatikan yg menarik saja
- Perbedaan sosial yg mencolok antara Penerima Pesan dan Pengirim Pesan
- Pengirim dan Penerima sedang mengalami emosi yang berlebihan
- Saluran Berita atau Media tidak cukup bisa mengirim pesan
- Penerima mengabaikan petunjuk ttt
- Pengirim mengubah pesan yg disampaikan.
Komunikasi yang efektif:
- Berdasarkan prinsip bisnis dan administrasi yg sehat
- Ditentukan oleh Informasi yg terpercaya
- Menggunakan Teknik komunikasi yg memenuhi syarat
- Melibatkan orang yg lebih banyak
- Imaginatif,Inovatif dan Informatif
- Dinamis dan berkelanjutan tetapi peka terhadap perubahan
- Ditunjang Sumber daya yg memadai
- Terdapat komunikasi dalam bidang lain terutama peasaran
- Terdapat komunikasi dua arah
- Mengutamakan pelayanan, & tanggap terhadap kebutuhan umum ( anggotanya)
Courtesy of: ELIS LISTIANA MULYANI
Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com