Wednesday, October 25, 2017

Penyinaran Matahari: Pengertian, Tipe Dan Manfaatnya

Matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang sanggup diperbaharui yang ada di planet Bumi. Sumber daya alam dari matahari ini adakah sinar matahari itu sendiri. Sinar matahari selalu ada dan sanggup kita rasakan selama dua belas jam lamanya dan tidak habis. Inilah yang disebut sebagai sumber daya alam yang sanggup diperbaharui. Mengapa sumber daya alam alasannya yaitu sinar matahari mempunyai banyak sekali manfaat bagi bumi dan juga kehidupan makhluknya.


Sinar matahari atau cahaya matahari merupakan salah satu dari beberapa unsur kehidupan. Tanpa adanya cahaya atau sinar matahari, kita tidak akan sanggup hidup. Bisa kita bayangkan sendiri Bumi tanpa cahaya matahari menyerupai apa. Selain akan selalu gelap, bumi juga akan selalu dingin. Dinginnya bumi akan menciptakan makhluk hidup tidak sanggup tumbuh (misalnya tanaman). Jika tumbuhan tidak sanggup hidup maka hewan dan insan juga tidak akan sanggup hidup. Selain sebagai penunjang kehidupan sebagai penghangat suhu Bumi, sinar matahari juga  mempunyai manfaat lain. Manfaat sinar matahari antara lain sebagai berikut:



  1. Sebagai salah salah satu syarat untuk fotosintesis


Sinar matahari mempunyai peranan yang besar bagi khidupan di Bumi, salah satunya yaitu bagi produsen atau makhluk hidup yang menciptakan makanannya sendiri. Kedudukan produsen di Bumi ini dipegang oleh flora hijau. Tumbuhan hijau dikatakan sebagai produsen alasannya yaitu sanggup menciptakan makanannya sendiri. Tumbuhan hijau menciptakan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan proses fotosintesis, diantaranya yaitu adanya klorofil atau zat hijau daun, air, karbondioksida dan juga sinar matahari. Apabila salah satu dari syarat tersebut tidak ada maka tidak akan berlangsung proses fotosintesis tersebut. Apabila proses fotosintesis tidak ada maka tidak akan ada awal rantai masakan di dunia ini.



  1. Sebagai penghangat suhu badan bagi insan dan binatang


Sinar matahari juga berperan sebagai penghangat suhu di Bumi, yaitu penghangat bagi insan dan juga binatang. Selain itu sinar matahari juga sebagai penghangat udara di Bumi sehingga makhluk hidup sanggup bertahan hidup dengan suhu yang hangat. Apabila tidak ada matahari mungkin air- air di bumi akan berkembang menjadi es dan suhu di Bumi akan sangat cuek sehingga kemungkinan manusia, bintang dna flora tidak akan bertahan hidup lama.



  1. Sumber vitamin D alami


Sinar matahari yaitu sumber vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan juga gigi manusia. Kita semua tahu bahwa insan membutuhkan vitamin sebagai penunjang kesehatan. Ternyata vitamin tidak selamanya kita peroleh dari masakan yaitu buanh dan sayur. Ada salah satu vitamin yang sanggup kita peroleh dari sinar matahari, yaitu vitamin D. Sinar matahari sumber  vitamin D sanggup kita temukan pada dikala pagi hari, ketika sinar matahari masih terlihat kekuning- kuningan, yaitu sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Oleh alasannya yaitu itulah anak- anak biasa dijemur di bawah sinar matahari pagi sekitar jam- jam tersebut alasannya yaitu memang manfaat yang diperoleh sangat banyak.



  1. Membantu banyak sekali pekerjaan manusia


Sinar matahari yaitu salah satu hal yang membantu pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan insan yang sanggup terbantu alasannya yaitu adanya sinar matahari diantaranya yaitu mengeringkan baju, mengeringkan hasil panen bagi petani, mengeringkan ikan atau tangkapan maritim lainnya biar lebih awet, dan lain sebagainya. Dengan demikian keberadaan sinar matahari akan sangat membantu manusia.



  1. Sumber mata pencaharian


Selain membantu pekerjaan manusia, sinar matahari juga berperan sebagai sumber mata pencaharian manusia. Sebagai salah satu teladan yaitu petani garam. Petani garam menggantungkan hidup mereka pada sinar matahari, alasannya yaitu mereka hanya sanggup berproduksi ketika sinar matahari sedang terik. Ketika sinar matahari terik maka petani sanggup menciptakan garam. Sebaliknya, apabila sinar matahari sedang sulit (misalnya di demam isu penghujan), maka produksi garam petani akan terhambat. Ketika produksi garam terhambat maka harga garam akan naik, dan sanggup mengancam pengeluaran berlebih.


Nah itulah beberapa manfaat atau fungsi dari sinar matahari. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari sinar matahari yang tidak sanggup bahas satu per satu. Selanutnya kita akan membahas mengenai penyinaran oleh matahari.


Pengertian Penyinaran Matahari


 Sumber daya alam dari matahari ini adakah sinar matahari itu sendiri Penyinaran Matahari: Pengertian, Tipe dan ManfaatnyaPenyinaran matahari merupakan acara matahari yang memancarkan sinarnya ke Bumi. Aktivitas matahari yang memancarkan sinarnya di Bumi ini merupakan acara alamiah alasannya yaitu matahari yaitu sebuah bintang besar yang mempunyai cahayanya sendiri, sementara Bumi merupakan planet yang berada di sekitarnya dan mengorbit kepadanya.


Tipe- tipe Penyinaran Matahari


Matahari yang sinarnya hingga ke Bumi. ternyata mempunyai banyak sekali macam tipe penyiaran. Mengapa dibedakan menjadi banyak sekali tipe? Hal ini alasannya yaitu memang penyinaran matahari etlihat berbeda- beda apabila dirasakan dari Bumi. adapun bebrbagai tipe penyinaran matahari antara lain sebagai berikut:



  1. Peyinaran secara langsung


Penyinaran secara pribadi oleh matahari masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah:



  • Absorpsi


Merupakan perembesan unsur- unsur radiasi matahari sperti sinar X, sinar gama, dan sinar ultraviolet oleh unsur- unsur yang sanggup menyerap radiasi tersebut, menyerupai oksigen, ozon, debu, hidrogen serta nitrogen.



  • Refleksi


Merupakan pemanasan udara oleh matahari, namun dipantulkan kembali oleh uap air, awan dan juga partikel- partikel lainnya yang berada di atmosfer Bumi.



  • Difusi


Meruakan proses penyebaran panas atau sinar matahari yang dilakukan oleh atmosfer. Sinar gelombang yang pendek dan berwarna biru merupakan gelombang yang paling baik dihamburkan oleh udara, sehingga ketika siang hari udara tampak berwarna biru.


Nah itulah beberapa macam atau jenis dari penyinaran matahari secara langsung. Selanjutnya ada pula penyinaran matahari secara tidak langsung.



  1. Penyinaran tidak langsung


Penyinaran matahari secara tidak pribadi adalh sinar matahari yang telah melalui udara yang bersifat diatermal. Artinya bahwa udara sanggup melewatkan panas matahari. Sifat diatermal ini terjadi pada udara murni. Panas matahari yang hingga di permukaan Bumi atau kerak bumi akan akan memanaskan udara cuek yang berada di sekitarnya. Beberapa macam bentuk penyinaran tidak pribadi oleh matahari antara lain sebagai berikut:



  • Konduksi


Konduksi yaitu ketika udara panas menjalar ke udara cuek yang berada di atasnya, sehingga udara yang diatasnya pun ikut panas. Perlu diketahui, bahwa dalam konduksi ini udara pans tidak bergerak ke atas, namun hanya bersinggungan dengan udara cuek yang berada di atasnya.



  • Konveksi


Konveksi merupakan pemanasan udara di sekitar secara vertikal. Misalnya dengan kekuatan angin yang bergerak naik turun sehingga udara cuek yang berada di atasnya pun ikut oanas. Perbedaan konveksi dengan konduksi yaitu bahwa dalam konveksi ini udara panas ikut naik ke atas.



  • Adveksi


Adveksi merupakan penyebaran panas yang berlangsung secara horisotal. Hal ini terjadi alasannya yaitu ada udara panas yang bergerak secara horizontal sehingga udara dinginpun akan ikut menjadi panas.



  • Turbulensi


Turbulensi yaitu penyebaran panas yang berlangsung secara berputar- putar.


Nah itulah beberapa  jenis dari penyinaran matahari, yaitu penyinaran pribadi maupun tidak langsung, yang kemudian masih dipecah lagi ke dalam beberapa jenis. Selanjutnya mengenai ciri- ciri penyinaran matahari.


Faktor- faktor yang Mempengaruhi Penyinaran Matahari


Penyinaran matahari ke Bumi merambat melewati udara dna juga lapisan atmosfer yang meyelimuti Bumi. Maka dari itulah terkadang ada beberapa faktor yang mensugesti penyinaran matahari ke Bumi. adapun beberapa faktor tersebut antara lain sebagai berikut:



  1. Jarak Bumi dengan Matahari

  2. Durasi hari dan sudut daratangnya radiasi matahari

  3. Pengaruh lapisan atmosfer Bumi


Nah itulah beberapa faktor yang mensugesti penyinaran matahari ke Bumi. Demikian pula informa,si yang sanggup kami sampaikan mengenai penyinaran atahari. Semoga bermanfaat bagi pembaca.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com