Tuesday, October 24, 2017

√ Jelaskan Apa Itu Bubuk Vulkanik?

Abu vulkanik ialah material berupa batuan, mineral, dan pecahan beling vulkanik berukuran kurang dari 2 mm yang keluar dari lubang (kepundan) gunung api pada dikala erupsi. Abu vulkanik tersusun oleh pecahan batuan selama letusan terjadi akhir kekuatan daya dorong gas vulkanik dalam badan gunung berapi.

Sifat bubuk vulkanik ialah mempunyai kekerasan 5 skala mohs, partikelnya berbentuk tidak teratur, cuilan tepinya bergerigi, dan tajam, dan mempunyai struktur vesikuler (banyak rongga). Karena sifatnya tersebut menimbulkan bubuk vulkanik sebagai sebuah materi yang abrasif dan berbahaya bagi manusia, menyerupai sanggup mempengaruhi kesehatan (iritasi mata dan gangguan pernapasan), sanggup merusak jendela pesawat terbang, dan menimbulkan keausan pada peralatan yang aktif bergerak.

Selain dampak negatif diatas, sebetulnya bubuk vulkanik juga bermanfaat bagi manusia. Manfaat bubuk vulkanik didasarkan pada salahsatunya ialah kehadiran mineral yang terkandung di dalamnya sangat penting bagi kesuburan tanah. Kandungan mineral dalam bubuk vulkanik yang berkhasiat bagi tanah menyerupai mangan, magnesium, zat besi, selenium dan seng.

Abu vulkanik ialah material berupa batuan √ Jelaskan Apa itu Abu Vulkanik?

Untuk lebih memahami mengenai Abu Vulkanik, silahkan menuju tautan geologinesia dibawah ini:
Hujan Abu Vulkanik Beserta Dampaknya

Pertanyaan lainnya yang berafiliasi dengan bubuk vulkanik ialah sebagai berikut:
Apa yang dimaksud dengan bubuk vulkanik?
Sebutkan dan jelaskan sifat bubuk vulkanik?
Sebutkan ancaman bubuk vulkanik?
Sebutkan kandungan dari bubuk vulkanik?
Apa manfaat bubuk vulkanik
Jelaskan dampak kasatmata dan negatif bubuk vulkanik bagi manusia?
Sumber http://www.geologinesia.com