Wednesday, October 25, 2017

√ 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Pedoman Contohnya

22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal seni lukis. Pembahasan yang mencakup pengertian seni lukis berdasarkan para ahli, teknik lukis, unsur, alat dan materi lukis, fatwa dan pola dari seni lukis yang akan dibahas dengan lengkap dan gampang dimengerti.



22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya


Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan lengkap berikut ini.


Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli


Berikut ini aadalah definisi dari seni lukis berdasarkan ahlinya.


1. Hary Sulastianto


Pengertian seni lukis berdasarkan Hary Sulastianto yaitu cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimensi, biasanya dilakukan diatas kanvas dengan menggunakan cat minyak atau cat aklirik.


2. Suwarso Wisetrotomo, M. Dwi Marianto Dan Endah Nawang N


Pengertian seni lukis berdasarkan Suwarso Wisetrotomo, M. Dwi Marianto Dan Endah Nawang N yaitu sebuah dedikasi gambar, perjalanan pengalaman hidup


3. Galeria Fasya Art Studio


Pengertian seni lukis berdasarkan Galeria Fasya Art Studio yaitu cabang atau bab dari seni rupa dimana wujud dari lukis itu sendiri merupakan karya dua dimensi “dwi matra”, walaupun mempunyai dasar pengertian yang sama dengan seni rupa, namun seni lukis mempunyai arti yang lebih alasannya lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar.


4. Ensiklopedia Nasional Indonesia (1991: 525)


Pengertian seni lukis berdasarkan Ensiklopedia Nasional Indonesia yaitu berasal kata latin “ars” yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dalam pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana yang bisa menimbulkan rasa indah.


5. Noryan Bahari


Pengertian seni lukis berdasarkan Noryan Bahari yaitu bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.


6. Jim Supangat


Pengertian seni lukis berdasarkan Jim Supangat yaitu suatu upaya menegaskan kembali pengalaman masa kemudian pada konteks sekarang.


7. Slamet Riyanto


Pengertian seni lukis berdasarkan Slamet Riyanto yaitu salah satu bab dari ilmu desain grafis.


8. Aristoteles


Pengertian seni lukis berdasarkan Aristoteles yaitu sesuatu yang baik juga menyenangkan.


9. M. Adler


Pengertian seni lukis berdasarkan M. Adler adlaah sebagai sesuatu yang memperlihatkan kesenangan.


10. Myer (1962: 156)


Pengertian seni lukis berdasarkan Myers yaitu mengungkapkan nilai-nilai intelektual, emosional, simbolis, religius, dan nilai-nilai subyektif yang lain.


11. Cleaver (1966: 1-2)


Pengertian seni lukis berdasarkan Cleaver yaitu suatu obyek yang mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan dan membangkitkan pengalaman dalam suatu disiplin.


12. Mayers (Dalam Sahman, 1993: 55)


Pengertian seni lukis berdasarkan Mayers yaitu yang ditinjau dari prose pembuatannya.


13. Herbert Read


Pengertian seni lukis berdasarkan Herber Read yaitu acara rohani yang merefleksikan pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa.


14. Sudarmaji (1973: 9)


Pengertian seni lukis berdasarkan Sudarmaji yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan media grafis, warna, tekstur, volume dan ruang.


15. Suyanto (2014)


Pengertian seni lukis berdasarkan Suyanto yaitu karya seni rupa yang dituangkan dalam bentuk lukisan hasil dari verbal jiwa seorang seniman.


16. Soni Ade Dan Imam. R


Pengertian seni lukis berdasarkan Soni Ade dan Imam. R yaitu kekuatan peradaban manusia, kekuatan budaya, alasannya dalam melaksanakan lukis kita dilatih untuk jeli, cermat dan teliti dalam mengamati banyak sekali fenomena alam dan kehidupannya.


17. Soedarso. Sp (1990: 11)


Pengertian seni lukis berdasarkan Soedarso. Sp yaitu cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional ialah garis dan warna.


18. Bastomi (1992: 8)


Pengertian seni lukis berdasarkan Bastomi yaitu hasil kreativitas penciptanya yang terwujud dalam bentuk kreasi dari hasil pengolahan yang kreatif dan salah satu sifat seni yang menonjol ialah kebaharuannya.


19. Soedarso. SP (Mike Susanto, 2002: 101)


Pengertian seni lukis berdasarkan Soedarso. SP (Mike Susanto) yaitu karya insan yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, pengalam batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada insan lain yang menghayatinya.


20. Thomas Munro (Mike Susanto, 2002: 101)


Pengertian seni lukis berdasarkan Thomas Munro yaitu alat buatan insan untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas insan lain yang melihatnya


21. Sukaryono (1998: 7)


Pengertian seni lukis berdasarkan Sukaryono yaitu ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seninman yang mengkomunikasikan.


22. Leo Tolstoy (Sumardjo, 2000: 62)


Pengertian seni lukis berdasarkan Leo Tolstoy yaitu ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang alin biar mereka sanggup merasaksan apa yang dirasakan pelukis.23.Wikipedia

Pengertian seni lukis berdasarkan Wikipedia yaitu salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis yaitu sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.


Teknik Seni Lukis


Dalam seni lukis terdapat beberapa teknik yang sanggup dijelaskan dibawah ini:



  • Teknik Aquarel

    Dalah teknik melukis dengan menggunakan media cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasil lukisan terlihat transparan.

  • Teknik Plakat

    Teknik plakat yaitu teknik melukis menggunakan cat air, cat aklirik, atau cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi yang tebal sehingga alhasil ada kesan yang colorful.

  • Teknik Spray

    Teknik spray yaitu teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Lukisan yang dihasilkan dari teknik ini lebih halus dan tampak lebih visual.

  • Teknik Pointilis

    Teknik pointilis yaitu teknik melukis dengan menggunakan titik-titik dengan tujuan hasil lukisan yang menawan.

  • Teknik Tempera

    Teknik tempera yaitu teknik lukis dengan menggunakan kuning telur dalam cat sebagai materi perekatnya. Media lukis yang digunakan biasanya kayu, kanvas, ataupun tembok.

  • Teknik Basah

    Teknik berair yaitu teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat atau linseed oil.

  • Teknik Kering

    Teknik kering yaitu teknik melukis denan menggunakan cat minyak tanpa minyak cat.

  • Teknik Campuran

    Teknik adonan yaitu teknik melukis yang memadukan antara teknik berair dan teknik kering. Prosesnya dimulai dengan menggunakan teknik kerint terlebih dahulu kemudian dilanjutkan teknik berair dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga lukisan selesai.


Unsur-Unsur Seni Lukis


Dalam seni lukis terdapat 2 unsur yaitu:


Unsur Visual


Unsur visual terdiri dari:



  • Garis (line)

  • Bidang (field)

  • Ruang (space

  • Warna (color)


Unsur Non Visual


Undur non visual terdiri dari:



  • Imajinasi

  • Pandangan hidup dan pengalaman

  • Konsep

  • Sikap estetik dan artistik


Alat Dan Bahan Seni Lukis


Dalam seni lukis berikut ini yaitu alat dan materi yang digunakan:


Alat


Alat yang digunakan dalam melukis adalah:



  • Kuas

  • Palet

  • Alat pembersih kuas

  • Pisau palet

  • Easel (penjepit kanvas)


Bahan


Bahan yang digunakan dalam melukis yaitu cat atau tinta. Cat terdiri dari cat air, cat minyak, cat poster, cat aklikrik, cat tekstil, dan tinta bak. Dapat pula menggunakan pensil warna atau pastel/crayon. Dan media yang digunakan dalam melukis yaitu kertas, kanvas, dinding, tembok atau yang lainnya.


Aliran-Aliran Seni Lukis


Berikut ini yaitu fatwa yang ada dalam seni lukis, yaitu:



  • Aliran Naturalisme

    Naturalisme merupakan fatwa seni lukis yang berusaha menampilkan lukisan objek yang sama persis dengan keadaan alam. Tokoh yang mengikuti fatwa ini: Raden Saleh, Basuk Abdullah, Gambir Anom, Abdullah Sudrio Subroto, Frans Hall dan Wiliam Hogart

  • Aliran Realisme

    Realisme merupakan fatwa seni lukis yang dalam melukis sesuai dengan keadaan yang kasatmata atau benar-benar ada. Tokoh yang mengikuti: Fransisco de Goya, Gustove Corbert

  • Aliran Romantisme

    Romantisme yaitu fatwa dalam seni lukis yang menampilkan nilai-nilai indah, irasionak, fantastik dan abstrak serta biasanya menceritakan kisah romantis atau dramatis. Tokoh yang menganut: Raden Saleh, Gerriwult

  • Aliran Ekspresionisme

    Ekspresionisme yaitu fatwa seni lukis yang mengutamakan curahan pelukisnya secara bebas baik dari batin, imajinasi atau perasaan. Tokoh yang menganut diantaranya: Popo Iskandar, Paul Gaugiuin, Vincent Van Gogh dll

  • Aliran Impresionisme

    Impresionisme yaitu fatwa seni lukis yang lebih mengutamakan kesan selintas pada suatu objek yang dilukiskan. Tokoh yang menganut antar lain: Casmile Pissaro, Claude Monet, Aguste Renoir, Sisley dll.

  • Aliran Kubisme

    Kubisme yaitu fatwa seni lukis yang berusaha menampilkan objek dalam bentuk geometri tertentu untuk mendapat nilai seni rupa dan sensasi. Tokoh yang menganut diantaranya: Pablo Picasso, Gezanne, Metzinger, Albert Glazes, Braque dll

  • Aliran Fauvisme

    Tokoh yang menganut diantaranya: Andre Dirrain, Henry Matisse, Rauol Dufi, Maurice de Vlamink

  • Aliran Dadaisme

    Tokoh yang menganut diantataranya: Max Ernst, Juan Gross, Marcell Duchamp, Hans Arp dan Picabia

  • Aliran Futurisme

    Tokoh yang menganut diantaranya: Saverini, Umberto, Carlo Cara, Gioccomo Ballad, Ruigi Russalo

  • Aliran Surealisme

    Tokoh yang menganut antara lain: Alvador Dari Darl Andre Masson, Joan Miro, Sudiardjo, Amang Rahman

  • Aliran Konstruktivisme

    Tokoh yang menganut diantaranya: Laszlo Moholy-nagy, Victor Pasmore, Liubov Popova, Oscar Shlemmer

  • Aliran Post Post Modern Atau Kontemporer

    Tokoh yang menganut antara lain: Sprinka, Jim Nyoman Nuarta, Supankat, Angelina P

  • Aliran Popular Art atau Pop Art

    Tokoh yang menganut antara lain: George Segal, Tom Wasselman, Claes Oldenburg, Yoseph Benys

  • Aliran Abstraksionisme

    Tokoh yang menganut antara lain: Wassily Kadisky dan Naum Goba

  • Neo Klasik

    Tokoh yang menganut antara lain: Jean August Dominique Ingres


Contoh Seni Lukis

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal seni lukis √ 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran  Contohnya


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal seni lukis √ 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran  Contohnya


Demikianlah tadi telah dijelaskan perihal 22 Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat, Bahan, Aliran & Contohnya. Semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id