Monday, September 4, 2017

√ Soal Dan Pembahasan Stis 2016 (Part-6)

 alhasil selesai juga bab terakhir dari Soal dan Pembahasan STIS  √ Soal dan Pembahasan STIS 2016 (Part-6)
Part-6 (Membahas Soal STIS 2016 No. 51 - 60).
Tarra.... alhasil selesai juga bab terakhir dari Soal dan Pembahasan STIS 2016, lengkap sudah materi berguru buat teman-teman sekalian. Ingat... berguru ya berguru ... kesehatan juga harus diperhatikan ya...! Jangan hingga datang giliran tesnya, kesehatan menurun. Tapi, Saya Doain semoga kalian lulus di PTN/PTK yang kalian idam-idamkan. Amin...!

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 51
Suatu daerah fotokopi mempunyai dua mesin, masing-masing berkapasitas 4 rim/jam dan 2 rim/jam. Jika pada suatu hari total waktu kerja kedua mesin tersebut 10 jam dan menghasilkan 34 rim, maka selisih waktu kerja dari kedua mesin tersebut ialah ... jam.
A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 E. 7
Pembahasan:
misal:
x = waktu mesin I bekerja
y = waktu mesin II bekerja
model matematika permasalahan di atas adalah:
4x + 2y = 34 ... (1)
x + y = 10 $\leftrightarrow$ y = 10 - x substitusi ke persamaan (1)
4x + 2.(10 - x) = 34
2x = 14
x = 7
y = 3
selisih waktu:
= x - y
= 7 - 3
= 4
Kunci: B

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 52
Seorang pengembara menempuh jarak 96 km dalam 10 jam. Pertama-tama ia melaksanakan perjalanan dengan bersepeda. Karena lelah ia melanjutkan perjalanan dengan menumpang delman. Laju bersepeda 12 km/jam, sedangkan laju delman hanya setengah dari laju bersepeda. Selisih antara jarak tempuh memakai sepeda dengan jarak tempuh memakai delman ialah ... km.
A. 24 B. 36 C. 40 D. 48 E. 60
Pembahasan:
s = 96 km
t = 10 jam
$t_s + t_d = 10 \leftrightarrow t_d = 10 - t_s$
$v_s$ = kecepatan sepeda = 12 km/jam
$v_d$ = kecepatan delman = $\frac{1}{2}.v_s$ = 6 km/jam
$v.t = s$
$v_s.t_s + v_d.t_d = 96$
$12.t_s + 6.(10 - t_s) = 96$
$6t_s = 36$
$t_s = 6$ maka $t_d = 4$
$s_d = v_d.t_d \leftrightarrow s_d = 6.4 = 24$
$s_s = 96 - s_d \leftrightarrow s_s = 72$
selisih jarak tempuh sepeda dan delman adalah:
= $s_s - s_d$
= 72 - 24
= 48 km.
Kunci: D

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 53
Harga komputer dinaikkan dua puluh persen dari harga sebelumnya. Persentase penurunan harga biar harga komputer kembali menyerupai semula ialah ...
A. 12,5%
B. 14,28%
C. 16,67%
D. 20%
E. 25%
Pembahasan:
Misal harga beli 100x, dinaikkan 20% dari harga sebelumnya, maka menjadi:
120% x 100x = 120x,
biar diperoleh harga semula (100x) maka harga diturunkan sebesar 20x, maka kita menghitung persentasi 20x dari 120x, yaitu:
= $\frac{20x}{120x} \times 100%$
= 16,67%
Kunci: C

Untuk soal nomor 54 dan 55
Enam mahasiswa STIS Doni, Dono, Dini, Joni, Jono, dan Jeni sedang mengantri di depan lift untuk menuju ruang kuliah
  • Joni ada di belakang Jeni.
  • Dono ada di depan Dini.
  • Dono ada di depan Joni, dan hanya dipisah oleh 2 orang mahasiswa lainnya.
  • Dini hanya dapat di urutan keempat atau yang paling belakang.
Pembahasan STIS 2016 No. 54 dan No. 55
Misal:
A,B artinya "A di depan B" atau "B di belakang A"
1) Jeni, Joni
2) Dono, Dini
3) Dono, ... , ..., Joni
4) ..., ...., ...., Dini atau ..., ...., ...., ..., ..., Dini
berdasarkan info tersebut:

Kemungkinan I (Dini paling belakang)
Dono, X, Jeni, Joni, X, Dini 

Kemungkinan II: (Dini urutan keempat)
X, Dono, Jeni, Dini, Joni, X
dimana X ialah posisi Doni atau Jono

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 54
Mahasiswa STIS yang mungkin antri di belakang Dini ialah ...
A. Joni, Jono dan Jeni.
B. hanya Jono.
C. Joni, Jono dan Doni.
D. hanya Joni.
E. semua pilihan balasan salah.
Pembahasan:
Berdasarkan kemungkinan II: maka yang mungkin antri di belakagn Dini ialah Joni, Jono, dan Doni
Kunci: C

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 55
Jika Doni ada di urutan ke-5, maka pernyataan yang mungkin benar ialah ...
A. Dini antri urutan paling depan.
B. Jono antri urutan ke-2.
C. Dono antri urutan ke-3.
D. Joni antri urutan ke-2.
E. semua pilihan balasan salah.
Pembahasan:
Gunakan kemungkinan II:
X, Dono, Jeni, Dini, Joni, X
Jono, Dono, Jeni, Dini, Doni, Joni
Kunci: E.

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 56
Pak Agus membagikan tanah warisan kepada 5 orang anak laki-lakinya dengan bab yang sama besar. Anak sulung Pak Agus mengelola 1/3 bab tanah warisannya menjadi bak lele dan 1/4 bab tanah warisannya menjadi kebun jeruk. Sedangkan setengah bab dari sisa tanahnya dijadikan rumah daerah tinggal. Jika luas tanah yang akan dijadikan rumah daerah tinggal oleh anak sulung Pak Agus ialah 150 m${}^2$ maka luas tanah warisan Pak Agus seluruhnya ialah ... m${}^2$.
A. 1500
B. 1800
C. 3000
D. 3600
E. 4000
Pembahasan:
Misal:
$5x$ = luas tanah warisan Pak Agus, alasannya ialah dibagi sama, maka luas tanah bab anak sulung = $x$.
Model matematikanya:
Sisa tanah anak sulung sesudah 1/3 bab menjadi bak dan 1/4 bab menanam jeruk adalah:
= $x - \frac{1}{3}.x - \frac{1}{4}.x$
= $\frac{5}{12}.x$
Setengah sisanya dijadikan rumah dengan luas 150 m$^2$, maka:
$\frac{1}{2}.\frac{5}{12}.x = 150$
$\frac{5}{24}.x = 150$
$x = 150 \times \frac{24}{5}$
$x = 720$
Luas tanah warisan Pak Agus:
= 5x
= 5.(720)
= 3600
Kunci: D


PEMBAHASAN STIS 2016 No. 57
Tiga orang sahabat yaitu Adi, Beti, dan Candra mempunyai usia yang sama. Ayah mereka mulai bekerja pada usia 25 tahun di perusahaan yang sama. Perusahaan tersebut mengharuskan pegawainya yang usianya 60 tahun untuk pensiun.
  • Tahun ini usia ayah Adi tiga kali usia Adi.
  • Tahun ini usia ibu Beti tiga kali usia Beti, tiga tahun lebih muda daripada  Ayah Beti.
  • Tiga tahun lalu, perbandingan antara usia Candra dan usia ayah Candra sama dengan perbandingan antara usia Adi dan Ayah Adi.
  • Tahun ini ayah Adi memasuki masa pensiun.
Urutan ketiga anak tersebut menurut usia ayahnya dari usia termuda ialah ...
A. Adi, Beti, Candra.
B. Beti, Candra, Adi.
C. Candra, Adi, Beti.
D. Beti, Adi, Candra.
E. Candra, Beti, Adi.
Pembahasan:
  • pernyataan ke-4: Tahun ini ayah Adi memasuki masa pensiun, maka usia ayah Adi = 60 tahun.
  • pernyataan ke-1: usia ayah Adi = 3 kali usia Adi, maka usia Adi = 20 tahun, dan diketahui usia Adi, Beti, dan Candra sama.
  • pernyataan ke-2: usia ibu Beti = 3 kali usia Beti = 60 tahun, usia ibu Beti 3 tahun lebih muda dari ayah Beti, maka usia Ayah Beti = 63 tahun.
  • pernyataan ke-3: Tiga tahun lalu, (usia Candra - 3) : (usia Ayah Candra -3) = (usia Adi - 3) : (usia ayah Adi - 3), berarti usia Ayah Candra sama dengan usia Ayah Adi.
maka yang tertua ialah ayah Beti. Dan opsi yang memenuhi hanya C.
Kunci: C

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 58
Alva yang tinggal di Jakarta dan Bryan yang tinggal di Surabaya bersama berkunjung ke Lombok daerah tinggal Chiara. Alva berangkat naik kereta api dari Jakarta pukul 5.40 WIB hingga Surabaya Pukul 18.20 WIB untuk bertemu Bryan. Mereka berdua naik pesawat menju Lombok berangkat pukul 20.10 WIB dari Surabaya hingga Lombok Pukul 22.40 WITA. Lama total perjalanan Alva ialah ...
A. 13 jam.
B. 14 jam 10 menit.
C. 15 jam 10 menit.
D. 16 jam.
E. 16 jam 10 menit.
Pembahasan:
Dari Jakarta ke Surabaya
= 18.20 WIB - 05.40 WIB
= 12 jam 40 menit
Dari Surabaya ke Lombok
= 22.40 WITA - 20.10 WIB
= 21.40 WIB - 20.10 WIB
= 1 jam 30 menit
Total waktu perjalanan Alva adalah
= 12 jam 40 menit + 1 jam 30 menit
= 14 jam 10 menit
Kunci: B

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 59
Nilai yang paling mendekati bentuk belahan berikut:
$\frac{2^n . 2^{n+2}}{(2^{n+2})^2-2^2.2^{2n}}$
ialah ...
A. 0,25
B. 0,33
C. 0,50
D. 1,33
E. 1,50
Pembahasan:
$\frac{2^n . 2^{n+2}}{(2^{n+2})^2-2^2.2^{2n}}$
= $\frac{ 2^{(2n+2)}}{2^{(2n+2) +2}-2^{(2n +2)}}$
= $\frac{ 2^{(2n+2)}}{2^2.2^{(2n+2)}-2^{(2n +2)}}$
= $\frac{ 2^{(2n+2)}}{3.2^{(2n+2)}}$
=$\frac{1}{3}$
= 0,33
Kunci: B

PEMBAHASAN STIS 2016 No. 60
Setiap NANG ialah NENG. Ada lima NENG yang juga NONG. Tidak ada NANG yang NONG. Jika banyaknya NENG ialah 15 dan tiga di antaranya tidak NANG dan tidak NONG, maka banyaknya NANG ialah ....
A. 3   B. 5   C. 7   D. 10   E. 12
Pembahasan:
Untuk mempermudah penyelesaian permasalahan ini, sebaiknya kita gunakan ilustrasi gambar menyerupai berikut ini:
 alhasil selesai juga bab terakhir dari Soal dan Pembahasan STIS  √ Soal dan Pembahasan STIS 2016 (Part-6)
Dari ilustrasi gambar: X menyatakan jumlah NANG.
maka kita peroleh persamaan:
$x + 5 + 3 = 15 \leftrightarrow x = 7$
Kunci: C


Baca Juga:
#Berbagi_Itu_Indah

Sumber http://www.catatanmatematika.com