Thursday, August 17, 2017

√ Daftar Sumber Daya Alam Kamboja Yang Utama

Apa saja sumber daya alam yang ada di negara Kamboja? - Kamboja merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Negara tersebut mempunyai area yang luasnya mencapai 181.035 km2. Negara Kamboja mempunyai batas dengan negara Laos di bab timur lautnya, Thailand di bab utara dan barat, serta Vietnam di bab tenggara dan timur (lihat peta kamboja). Negara yang satu ini pernah mengalami naik turun dari segi perekonomian. Akan tetapi dari segi sumber daya alam, negara tersebut tak kalah dari negara lain.

Kamboja mempunyai sejumlah kekayaan alam yang cukup melimpah. Walaupun tak sebanyak Indonesia, tapi tetap saja sanggup untuk mendukung perekonomian negara berkembang tersebut. kemudian apa saja sumber daya alam Kamboja yang terkenal?.

1. Kayu
Sebenarnya negara Kamboja sanggup saja menjadi negara yang kaya raya dari segi sumber daya alam. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah kekayaan alam yang melimpah dan berkhasiat bagi masyarakatnya. Bahkan negara tersebut kondisi ekonominya terbilang lebih baik dari beberapa tahun belakangan. Akan tetapi alasannya yakni adanya ketidakstabilan kondisi politik di negara Angkor Wat tersebut, maka hasil alam tersebut kurang sanggup maksimal pemanfaatannya. Namun, sejumlah sumber daya alam Kamboja menyerupai contohnya kayu masih menjadi pujian negara itu. Kamboja yakni negara dengan hutan yang sangat berharga. Kayu dari hutan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakatnya sampai dikala ini. Fungsi hutan bagi masyarakat Kamboja sangat dipakai secara maksimal.

2. Padi
Selain kayu, ada pula padi yang menjadi tanaman utama dari Kamboja. Untuk penanamannya sendiri paling banyak berada di wilayah Tonselap, yang letaknya erat dengan Battambang. Di sepanjang hilir Sungai Mekong dan di bab selatan Kompong Cham biasanya menghasilkan sumber daya alam yang satu ini dalam hitungan rendah. Akan tetapi masih ada banyak padi lain yang sanggup diekspor ke luar negeri alasannya yakni jumlah penduduknya yang tidak terlalu banyak.

3. Getah
Getah yakni tanaman ladang terpenting di Kamboja. Sumber daya alam yang satu ini menjadi materi ekspor utama yang sangat terkenal. Getah biasanya ditanam di kawasan sepanjang bukit Cardamon. Selain itu getah juga ditanam di tanah tinggi Annam yang letaknya erat dengan Kompong Cham. Selain getah ada pula lada hitam yang juga populer diekspor walau jumlahnya tak sebanyak getah. Daerah penanaman lada hitam ada di Pegunungan Gajah yang letaknya erat dengan Kampot.

4. Perikanan
Jika tiga daftar sebelumnya berada di daratan semua, kali ini ada dari segi maritim yaitu perikanan. Pada isu terkini kering biasanya para petani menjelma nelayan dan mengumpulkan ikan sebanyak mungkin. Daerah Tonselap merupakan penghasil sumber daya alam perikanan terbesar di Kamboja. Hasilnya yaitu kurang lebih 50% dari jumlah ikan yang ditangkap di Khmer. Selain itu kawasan di sekitar muara Sungai Mekong yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Kamboja juga menghasilkan banyak ikan. Sebagian hasil perikanan di Kamboja biasanya akan diekspor ke luar negeri.

Sumber Daya Alam Utama Sumber Daya Alam Tambahan
Kayu Pertambangan
Padi Minyak Bumi
Getah dan Lada Gas Alam
Perikanan Tembakau

Ke empat sumber daya alam Kamboja tersebut sanggup membantu perekonomian negara berkembang itu. Masing-masing negara mempunyai kekayaan alam yang berbeda-beda. Jika diolah dengan sempurna maka kekayaan alam tersebut sanggup berdampak baik bagi masyarakat yang meninggali negara tersebut. Semoga klarifikasi ini sanggup berkhasiat bagi Anda. Sekian.
Sumber http://www.geologinesia.com