Thursday, August 17, 2017

√ Memilih Jumlah Sampel Menurut Rumus Slovin

menentukan jumlah sampel menurut rumus slovin √ memilih jumlah sampel menurut rumus slovinartikel memilih jumlah sampel menurut rumus slovin. bergotong-royong untuk menghitung jumlah sampel yang akan dipakai sanggup memakai beberapa rumus, rumus slovin, rumus Sampling Fraction Per Cluster, Tabel Krejcie, dsb. namun pada kesempatan ini kami akan secara khusus membahas cara menghitung jumlah sampel memakai rumus slovin yang dikemukakan oleh slovin. berikut penjelasannya:


Rumusnya:


menentukan jumlah sampel menurut rumus slovin √ memilih jumlah sampel menurut rumus slovin


 


 


 


Keterangan:


n yaitu ukuran sampel


N yaitu jumlah populasi


e yaitu persentase kesalahan yang ditolerir  dalam pengambilan sampel, pada masalah ini memakai e= 10% (0,1)


selanjutnya mari kita bahas cara perhitungannya sesuai dengan rumus diatas. simak berikut:


Contoh kasus:


pada masalah ini responden yang akan di teliti yaitu penerima yang ikut pembinaan menciptakan kerajinan tangan dari limbah kain perca. diketahui jumlah seluruh penerima yaitu sebanyak 450 peserta, alasannya penerima terlalu banyak, maka dari itu diharapkan sampel yang sanggup mewakili populasi tersebut.


Jawaban:


dari pola masalah di atas, diketahui bahwa jumlah populasinya yaitu sebanyak 450 orang. selanjutnya akan dimasukkan ke dalam rumus sebagai berikut:


menentukan jumlah sampel menurut rumus slovin √ memilih jumlah sampel menurut rumus slovin


 


 


berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan dari rumus slovin di atas, maka diketahui jumlah sampelnya yaitu sebanyak 81 orang.


 


cara menghitung sampel rumus slovin di atas hanya salah satu dari banyak cara untuk memilih jumlah sampel dalam sebuah penelitian. supaya artikel ini bermanfaat. lihat juga artikek sebelumnya nya perihal jenis data


 


 



Sumber https://www.spssstatistik.com