Sunday, August 13, 2017

√ Ciri-Ciri Planet Jupiter Yang Membuatnya Berbeda Dari Planet Lain

Apa saja ciri dari Planet Jupiter? - Di tata surya tersebar banyak sekali benda langit. Salah satunya yakni planet. Di sistem tata surya matahari terdapat 8 planet yang berevolusi mengelilingi matahari. Setiap planet mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan planet lain, tidak terkecuali Jupiter. Ciri ciri planet Jupiter sangat terlihat apabila dibandingkan dengan planet lain.

Jupiter merupakan planet ke-5 dalam susunan tata surya kita. Nama jupiter diambil dari nama mitologi iktikad Romawi. Planet jupiter telah diamati semenjak era ke-7 SM oleh astronom Babilonia. Pengamatan tersebut dilanjutkan pada era ke-2 SM oleh astronom Ptolemaeus dari Yunani dan ditulis di buku berjudul Almagest. Planet yupiter mempunyai karakteristik yang unik. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh planet jupiter.

1. Planet Terbesar
Dalam tata surya matahari, planet jupiter merupakan planet terbesar. Volume planet mencapai 1,43×1015 km3 dan diameternya mencapai 142.860 km. Ukuran ini lebih besar daripada ukuran bumi. Volume jupiter 1.300 kali volume bumi, sedangkan diameter jupiter hampir 11 kali diameter bumi. Apabila jupiter dianggap sebagai wadah, maka ia sanggup menampung sebanyak 1310 planet seukuran bumi. Meskipun mempunyai ukuran yang sangat besar, berat jupiter hanya mencapai 2,5 kali bumi.

 Di tata surya tersebar banyak sekali benda langit √ Ciri-Ciri Planet Jupiter yang Membuatnya Berbeda dari Planet Lain

2. Tersusun atas Gas dalam Jumlah Besar
Inti planet jupiter tersusun atas unsur berat tetapi permukaan planet jupiter tersusun atas gas dalam jumlah besar. Hal tersebut menjadikan berat planet tidak terlalu besar. Gas-gas yang terdapat di permukaan planet jupiter antara lain hidrogen (H2), helium (He), amoniak (NH3), dan metana (CH4) dengan komposisi terbesar helium.

Di bab atmosfernya terdapat hidrogen, helium, dan unsur lain. Gas tersebut terus bergerak mengelilingi jupiter. Adanya gas tersebut tidak sesuai dengan syarat adanya kehidupan sehingga menciptakan peneliti menyimpulkan tidak adanya kehidupan di planet jupiter.

Lokasi Gas
Inti Helium (24%), Hidrogen (1%), Unsur lain (5%)
Permukaan Hidrogen, Helium, Neon
Atmosfer Hidrogen (75%), Helium (24%), Unsur lain (1%)terdiri atas Metana, Silikon, Uap air, Etana, Hidrogen Sulfida, Oksigen, Fosfor, Neon, Sulfur

3. Bercak Merah Besar
Salah satu ciri ciri planet jupiter yang populer adanya bercak merah besar. Bercak merah besar telah diketahui semenjak era ke-17. Bercak ini sanggup dilihat dengan memakai teleskop dan terlihat terperinci di permukaannya. Diduga bercak merah besar berasal dari perbedaan pemikiran lapisan.

Bercak merah besar mempunyai diameter sebesar 50.000 km dan berbentuk lonjong. Warna bercak merah besar selalu berubah, mulai dari merah, merah cerah, hingga merah muda tipis. Bercak merah besar tersebut diduga sebagai angin topan besar yang berputar di atmosfer jupiter.

4. Memiliki Banyak Satelit
Jumlah satelit yang dimiliki jupiter mencapai 67 satelit alami. Pada 1975 telah tercatat 51 satelit. Dari data tersebut diketahui terdapat 4 satelit terbesar dengan sebutan Galileo, antara lain Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Selain satelit tersebut, satelit jupiter lainnya diklasifikasikan menjadi 2 kelompok besar yaitu reguler dan ireguler.

Dalam kelompok reguler dibagi menjadi 2 subkelompok, yaitu satelit galileo dan kelompok dalam, sedangkan dalam kelompok ireguler dibagi menjadi 6 subeklompok, yaitu thermisto, carpo, kelompok ananke, kelompok pasiphae, kelompok himalia, dan kelompok carme.

Itulah 4 ciri ciri planet jupiter yang wajib Anda ketahui. Semoga gosip tersebut bermanfaat. Tata surya merupakan kawasan yang luas. Masih banyak misteri lain yang tersimpan dan sanggup digali lebih dalam.
Sumber http://www.geologinesia.com