Sunday, August 13, 2017

11 Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia


Jika kita berbicara mengenai planet bumi, maka kita akan berbicara juga mengena banyak sekali relief permukaan bumi. Setiap muka bumi entah itu daratan atau lautan mempunyai permukaan atau relief yang berbeda-beda. setiap relief tersebut akan kuat pada banyak sekali aspek kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Selain itu tak jarang relief permukaan bumi juga akan kuat pada dinamika perubahan atmosfer. Kejadian ibarat itu banyak sekali kita temukan pada beberapa permukaan bumi yang tersebar secara luas. Apalagi kita juga mengenal istilah biosfer yang merupakan kumpulan dari ekosistem yang terbentuk secara lebih luas dan lebih besar.





Bentuk permukaan bumi sendiri juga dipakai sebagai salah satu penanda suatu lokasi dari daerah tertentu. Hal ini, akan lebih kuat pada bidang politik dan kenegaraan. Daratan sendiri sanggup dibagi menjadi daratan yang berbentuk benua, maupun yang berupa pulau dan kepulauan. Ketiganya mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.





Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa negara kepulauan terbesar di Dunia. Penyebutan kepulauan ini yaitu sebuah negara atau daerah yang terdiri dari banyak sekali pulau-pulau. Kita mengenal beberapa negara yang terdiri dari kumpulan pulau-pulau. Beberapa negara tersebut seperti





1. Indonesia





Jika berbicara mengenai negara kepulauan terbesar di dunia,maka kita tak akan sanggup melewatkan Indonesia. Hal ini dikarenakan, indonesia yaitu salah satu negara kepulauan paling besar yang ada di dunia. Definisi besar ini tak hanya berupa luasnya saja, namun juga beberapa pulau-pulau kecil yang mengelilingi dan menyusun daerah wilayah indonesia. tak kurang dari 17.000 pulau bahkan lebih telah menyusun daerah di Indonesia. Negara indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil gas alam yang cukup besar dan cukup penting. Luas wilayah dari Negara kepulauan indonesia sendiri kurang lebih sekitar 1,904,569 km2,serta dengan garis pantai kurang lebih 54.716 km.





2. Madagaskar





Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang masuk kedalam daerah benua afrika. Madagaskar sendiri merupakan salah satu negara yang mempunyai pulau terbesar di dunia. Pulau tersebut merupakan pulau utama yang dimiliki oleh negara kepulauan madagaskar. Negara yang satu ini juga merupakan salah satu negara yang menjadi daerah tujuan wisata yang populer di dunia. Negara yang satu ini mempunyai luas kurang lebih sekitar 587.041 km2, dan mempunyai panjang garis pantai sebesar 4.826 km.





3. Papua Nugini





Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang sangat erat dengan indonesia. Bahkan negara yang satu ini berbatasan eksklusif dengan daerah wilayah indonesia, yaitu papua barat. Negara yang beribu kota di Port Moresby ini sendiri Memiliki luas daerah kurang lebih sekitar 462.840 km2, serta mempunyai panjang garis pantai 5.152 km. Negara yang satu ini merupakan salah satu negara yang masuk kedalam daerah oceania.





4. Jepang





Meskipun merupakan sebuah negara kepulauan yang terpisah dari daratan. Tapi kawasn yang satu ini termasuk kedalam bab salah satu benua di dunia yaitu asia, lebih tepatnya di daerah asia timur. Negara yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 377.915 km2, ini merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi di dunia. Hal ini alasannya jepang merupakan salah satu negara yang menjadi jalur lewat lempengan muka bumi.





5. Filipina





Negara kepulauan terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu Philipina atau Filipina. Negara yang satu mempunyai lokasi yang cukup erat dengan indonesia,terutama di daerah pulau Sulawesi. Negara yang berbatasan melalui wilayah maritim ini, sering sekali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup  terkenal. Negara yang beribu kota di Manila ini mempunyai luas wilayah sebesar 300.000 km2, , serta mempunyai panjang garis pantai sebesar 36.289km.





6. Selandia Baru





Selandia gres atau New Zealand merupakan salah satu daerah yang cukup populer dengan keindahan alamnya. Negara yang berada di daerah oceania ini memang populer dengan beberapa daerah alam yang menggoda. Negara yang beribu kota di Wellington ini sendiri mempunyai luas wilayah sebesar 267.710 km2, selain itu daerah ini juga mempunyai panjang garis pantai 15.134 km.





7. Inggris





Negara kepualauan terbesar selanjutnya yaitu inggris atau yang dikenal juga sebagai Britania raya. Negara yang satu ini berada di daerah benua eropa,tepatnya ada di daerah eropa utara. Negara yang beribu kota di London ini mempunyai luas sekitar 246.610 km2, dengan garis pantai sepanjang 12.429 km.









8. Kuba





Negara kuba atau juga sanggup ditulis dengan Cuba, merupakan sebuah neagra yang berada di daerah Amerika Tengah. Negara yang sangat lekat dengan salah satu tokoh populer yaitu Che Guevara. Negara yang beribu kota di Havana ini sendiri mempunyai luas sekitar 110.860km2 , serta mempunyai garis pantai sepanjang 3.735 km.





9. Islandia





Islandia merupakan salah satu dari beberapa negara kepulauan terbesar didunia yang ada di benua eropa. Negara yang satu ini merupakan salah satu daerah yang mempunyai jarak cukup erat dengan daerah kutub utara. Negara yang beribu kota di Reykj4vik ini mempunyai luas daerah kurang lebih 103.000 km2. Serta mempunyai garis pantai sepanjang 4.970 km.





10. Irlandia





Kawasan negara yang satu ini merupakan daerah yang banyak terkena iklim kutub utara. Lokasinya yang berada di daerah eropa utara membuatnya mempunyai demam isu salju yang cukup lama. Negara yang beribukota di Dublin, ini mempunyai luas daerah sekitar 70.273 km2 dengan garis pantai sebesar 1.448 km.





11. Sri lanka





Negara yang satu ini mempunyai lokasi yang tak jauh dari negara India. Negara yang beribu kota di Colombo ini mempunyai luas kurang lebih 65.610 km2. Kebudayaan negara yang satu ini sedikit banyak ada hubungannya dengan daerah India. Meskipun secara geography kedua daerah ini terpisah.





Itu tadi beberapa Negara kepulauan terbesar di Dunia. Negara tersebut tersusun dari beberapa pulau yang membentuk satu wilayah bersama. Setiap daerah tersebut mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Semoga warta tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com