Friday, July 7, 2017

√ Sunnah - Sunnah Shalat (Sunah Haiat Dan Sunah Ab'ad)

Assalamualaikum wr.wb saudara-saudaraku kaum muslimin yang berbahagia. ibarat yang kita ketahui bahwa shalat merupakan rukun Islam yang kedua yang wajib kita lakukan dalam sehari semalam. kita melaksanakan sholat sebanyak 5 kali shalat fardhu. dalam sholat sendiri, kita mengenal syarat wajib shalat, rukun-rukun shalat, dan syarat sah shalat. namun selain dari itu, terdapat hal lain yang perlu kita ketahui, yaitu terkait dengan sunah-sunah shalat. baik itu sunah haiat maupun ab'ad.

 ibarat yang kita ketahui bahwa shalat merupakan rukun Islam yang kedua yang wajib kita l √ Sunnah - Sunnah SHALAT (Sunah Haiat dan Sunah Ab'ad)

Pengertian sunah shalat yaitu sesuatu perbuatan dalam yang apabila dikerjakan akan memperoleh nilai pahala, dan apabila tidak dilaksanakan tidak memperoleh nilai apa apa. artinya orang yang melaksanakan akan memperoleh pahala dan orang yang tidak melaksanakan tidak akan memperoleh pahala dan juga tidak dosa.

MACAM - MACAM SUNAH SHALAT

Sunah dalam sholat terbagi menjadi dua yaitu sunnah haiat dan Sunnah ab'ad. berikut yaitu klarifikasi lengkapnya terkait dengan Kedua jenis sunnah tersebut dalam shalat

#A - Sunnah Haiat - nya Shalat


Definisi sunah haiat yaitu sunah shalat yang apabila di tinggalkan baik itu sengaja atau tidak, maka tidak perlu sujud syahwi sebagai pengganti kekurangan tersebut. yang termasuk sunnah haiat dalam shalat yaitu sebagai berikut:
  1. Mengangkat kedua tangan pada ketika Takbiratul Ihram ketika akan ruku', ketika bangkit dari ruku' (i'tidal), dan ketika bangkit sehabis tasyahud awal.
  2. Bersendekap dengan meletakkan telapak asisten diatas punggung telapak tangan kiri dengan posisi di atas pusar di bawah dada.
  3. Memandang kearah daerah sujud
  4. Membaca doa iftitah (doa permulaan di dalam shalat)
  5. Membaca Ta'awudz (audzubillahi minasyaiton nirojim) sebelum membaca surat Al Fatihah.
  6. Membaca takmin (Aa-min) sehabis selesai membaca surat Al Fatihah
  7. Membaca surat-surat Quran sehabis membaca takmin (setelah Al Fatihah)
  8. Membaca al-quran dengan jaher (keras) dan Siri (lirih tidak keras) dan di tengah-tengah antara jaher dan Siri itulah yang terbaik.
  9. Membaca takbir intiqal (takbir komando) sebagai tanda beralihnya gerakan sholat
  10. Membaca sami'allahu liman hamidah ketika bangkit dari ruku' untuk i'tidal
  11. Membaca tasbih ketika ruku' dan sujud
  12. Duduk iftirasy atau duduk diantara dua sujud dan duduk tasyahud awal
  13. Membaca doa duduk diantara dua sujud
  14. Membaca tasyahud yang pertama. apabila shalat yang dilakukan lebih dari dua rakaat.
  15. Duduk tawaruk ketika Tasyahud akhir
  16. meletakkan asisten diatas paha kaki kanan dan tangan kiri di atas paha kaki kiri, baik pada duduk Tasyahud awal maupun pada duduk Tasyahud akhir.
  17. Membaca doa sehabis Tasyahud final sebelum salam.
  18. Mengucapkan salam yang terakhir yang kedua

#B - Sunah Ab'ad - nya Shalat

Definisi sunah ab'ad yaitu sunah shalat yang apabila di tinggalkan baik itu sengaja atau tidak, maka perlu sujud syahwi sebagai pengganti kekurangan tersebut. yang termasuk sunnah ab'ad dalam shalat yaitu sebagai berikut:
  1. Tasyahud 
  2. Membaca shalawat atas nabi s a w pada Tasyahud awal 
  3. Membaca doa qunut pada shalat subuh di rokaat kedua dan pada ketika shalat witir pada tengah bulan ramadhan hingga final ramadhan
Note: Sunah - sunah di atas yang mencakup sunah haiat dan sunah ab'ad di dasarkan atas hadis - hadis dari nabi muhammad dan ayat - ayat al -qur'an.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sunnah - Sunnah SHALAT (Sunah Haiat dan Sunah Ab'ad). Semoga bermanfaat bagi anda dan biar ibadah kita di catat sebagai amal yang baik. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber http://www.galinesia.com