Sistem harga pasar monopoli - Analisa biaya perusahaan monopoli sama saja dengan analisa biaya perusahaan bersaing (murni atau sempurna). Komponen struktur biaya perusahaan monopoli ialah Baiaya Marjinal (marginal cost), biaya variabel rata-rata (average variable cost), biaya tetap rata-rata (average fixed cost) dan biaya rata-rata (average cost).
Perbedaan antara perusahaan monopoli dengan perusahaan bersaing bukan terletak pada soal pembiayaan, tetapi pada persoalan penjualan hasil produk. Pada perusahaan bersaing, jumlah produk yang dihasilkan oleh suatu penguasaha tidak akan mempengaruhi harga pasar, sebaliknya jumlah produk yang dihasilkan pengusaha monopoli akan mempengaruhi harga pasar. Hal ini disebabkan lantaran jumlah produk yang dihasilkan pengusaha itu otomatis merupakan penawaran pasar produk tersebut.
Pengusaha dalam pasar monopoli memilih kapasitas produksi selain diadaptasi dengan harga pasar yang diingininya, juga harus memperhitungkan seruan pasar terhadap produk yang dihasilkannya, lantaran seruan pasar produk tersebut turut menetukan harga pasar produk tersebut.
Sebaliknya pengusaha dalam pasar persaingan, secara individu tidak memiliki kemampuan merubah harga pasar dikarenakan banyaknya penjual yang “masuk” dalam pasar bersaing sempurna.Perbedaan seruan bagi pengusaha monopoli dengan seruan bagi suatu pengusaha bersaing sanggup dijelaskan dengan Gambar di bawah ini.
Kurva Permintaan Bagi Pengusaha Monopoli dan Perusahaan Bersaing |
Bentuk kurva seruan memiliki kemiringan negatif turun dari kiri atas ke kanan bawah. Kondisi ibarat inilah yang mendasari bahwa pengusaha pada pasar monopoli bertindak sebagai Price Maker. Sebaliknya pengusaha dalam pasar persaingan tepat bertindak sebagai Price Taker, dikarenakan secara individu pengusaha tersebut tidak sanggup memilih harga. Harga yang diterima berupa harga keseimbangan pasar (berupa perpotongan antara penawaran dan seruan pasar). Oleh kesannya kurva seruan yang dihadapi oleh peng.usaha pada pasar persaingan sepmpurna berupa garis lurus sebesar harga pasar (digambarkan garis m). Secara matematik perbedaan tersebut sanggup pula diterangkan sebagai berikut: Bagi pengusaha monopoli berlaku rumus:
Y = f (PY) (1)
dan PY = g (Y)
Sedang untuk perusahaan yang bersaing (sempurna atau murni) berlaku:
X = f (PX)
tetapi PX ¹ g (X) (2)
Karena pengusaha itu secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dengan mengubah-ubah jumlah barang X yang diproduksikannya. Dalam rumus-rumus di depan Y dan PY masing-masing ialah jumlah dan harga satuan produk yang dihasilkanpengusaha monopoli, X dan PX masing-masing ialah jumlah dan harga satuan produk yang dihasilkan pengusaha bersaing sedang f dan g ialah “fungsi dari”.
Bila ditinjau dari segi nilai produk pengusaha monopoli sangat berbeda dengan sifat nilai produk suatu pengusaha bersaing (sempurna atau murni), baik mengenai nilai produk total (TR) maupun wacana nilai produk rata-rata (NPR) dan nilai produk marjinalnya (MR). Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kurva nilai produk total bagi suatu perusahaan bersaing ialah merupakan suatu garis lurus yang miring dari kiri ke kanan melalui titik pangkal yang bersudut faktual dengan sumbe horizontal.
Bagi pengusaha monopoli kurva nilai produk totalnya berbentuk parabola, lantaran setiap penambahan jumlah produk yang dihasilkan tidak selalu memperbesar nilai produk total, melainkan mula-mula makin besar hingga pada suatu titik maksimum, kemudian sehabis melalui titik maksimum TR terus menurun hingga hingga bernilai nol. Untuk lebih terperinci sanggup diterangkan dengan gambar di bawah ini.
Kurva Perbedaan kurva TR Perusahaan Monopoli dengan Perusahaan Bersaing |
Pada suatu perusahaan bersaing, TR yang diperolehnya adalah:
Nilai produk rata-rata (NPR) dan nilai produk marjinal (MR) perusahaan monopoli dengan NPR dan MR suatu perusahaan bersaing juga berbeda. Perbedaan itu sanggup dijelaskan dengan Gambar dibawah ini.
Kurva Perbedaan NPR dan MR Pengusaha Monopoli dan Pengusaha Bersaing |
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Sistem Penentuan Harga Pasar Monopoli (Teori dan Kurva) yang kami rangkum dari buku bacaan langsung kami. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun gagasan. Semoga bermanfaat dalam pembuatan materi atau makalah pasar monopoli. Terima kasih telah berkunjung.