Thursday, April 13, 2017

√ Artikel Sumbangan Hidup Lanjut (Advanced Life Support)

        ADVANCED LIFE SUPPORT



Adalah perjuangan yang dilakukan sesudah dilakukan perjuangan hidup dasar dengan menawarkan obat-obatan yang sanggup memperpanjang hidup pasien.
Bantuan hidup lanjut bekerjasama dengan teknik yang ditujukan untuk memperbaiki ventilasi dan oksigenasi korban dan pada diagnosis serta terapi gangguan irama utama selama henti jantung. Bantuan hidup dasar memerlukan peralatan khusus dan penggunaan obat. Harus segera dimulai bila diagnosis henti jantung atau henti nafas dibentuk dan harus diteruskan hingga dukungan hidup lanjut diberikan. Setelah dilakukan ABC RJP dan belum timbul denyut jantung spontan, maka resusitasi diteruskan dengan langkah DEF.
1.      Drug and Fluid (Obat dan Cairan)
Tanpa menunggu hasil EKG sanggup diberikan :
a.       Adrenalin : 0,5 – 1,0 mg takaran untuk orang dewasa, 10 mcg/ kg pada anak- anak.
Cara pemberian : iv, intratrakeal lewat pipa trakeal (1 ml adrenalin diencerkan dengan 9 ml akuades steril, bukan NaCl, berarti dalam 1 ml mengandung 100 mcg adrenalin).
Jika keduanya mustahil : lakukan intrakardial (hanya oleh tenaga yang sudah terlatih). Di ulang tiap 5 menit dengan takaran sama hingga timbul denyut impulsif atau mati jantung.
b.      Natrium Bikarbonat : takaran mula 1 mEq/ kg (bila henti jantung lebih dari 2 menit) lalu sanggup diulang tiap 10 menit dengan takaran 0,5 mEq/ kg hingga timbul denyut jantung impulsif atau mati jantung.
Penggunaan natrium bikarbonat tidak lagi dianjurkan kecuali pada resusitasi yang lama, ialah pada korban yang diberi ventilasi buatan yang usang dan efisien, lantaran kalau tidak asidosis intraseluler justru bertambah dan tidak berkurang. Penjelasan untuk kecacatan ini bukanlah hal yang baru. CO2 yang tidak dihasilkan dari pemecahan bikarbonat segera menyeberangi membran sel bila CO2 tidak diangkut oleh respirasi. 
2.      EKG
Meliputi fibrilasi ventrikuler, asistol ventrikuler dan disosiasi elektronik mekanis.
3.      Fibrilation Treatment (Terapi Fibrilasi)
Elektroda dipasang disebelah kiri puting susu kiri disebelah kanan sternum atas, defibrilasi luar arus searah:
a.       200 – 300 joule pada dewasa.
b.      100 – 200 joule pada anak.

c.       50 – 100 joule pada bayi.




Sumber http://macrofag.blogspot.com