Thursday, April 13, 2017

√ Beberapa Pemeliharaan Yang Sanggup Mengurangi Umur Hardware Komputer

Hallo selamat siang teman-teman semuanya. Gimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus, yang lagi ujian semoga ujiannya lancar, yang lagi skripsi semoga skripsinya cepat kelar, Amin Ya Allah. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara pemeliharaan komponen komputer yang sanggup mengurangi umur hardware komputer kamu.

Komputer yang bisanya kita gunakan sehari-hari untuk banyak sekali kegiatan tidak akan selamnya dalam kondisi yang baik. Dapat teman-teman ketahui bahwa setiap komputer mempunyai batas umur. Lama atau tidaknya umur komputer itu tergantung bagaimana cara kalian memakai dan merawatnya. Apabila kau memakai komputer dengan mengikuti mekanisme atau saran-saran yang dianjurkan, maka kemungkinan komputer kau akan mempunyai umur panjang. Tidak terlepas dari itu saja, perawatan juga sangat besar lengan berkuasa terhadap performa dan umur komputer kamu. Tetapi terkadang ada juga komputer yang mempunyai umur pendek alasannya ialah duduk kasus hardware, padahal untuk cara pengguaan dan perawatannya sudah maksimal.

Akan banyak gejala muncul yang mengidentifikasi bahwa komputer yang dipakai sudah dalam keadaan yang tidak normal lagi. Bebrapa tandanya ialah dengan munculnya bunyi ribut atau bunyi bising yang keluar dari dalam komputer, proses atau performa yang mulai melambat, dan seringnya muncul pesan error tanpa adanya alasan yang jelas.

Sebagai pengguna komputer yang aktif, sebaiknya kita harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang menciptakan performa komputer menjadi menurun. Dengan mengetahui hal-hal ini diharapkan teman-teman lebih memahami lagi bagaimana cara penggunaan dan perawatan komputer yang baik dan benar sehingga kemungkinan komputer untuk rusak itu lama. Maintenance yang jelek juga akan sanggup memicu kerusakan pada komputer. Nah, berikut ada beberapa masalah maintenance komputer atau PC yang salah :

1. Debu yang menumpuk

 Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus √ Beberapa Pemeliharaan yang Dapat Mengurangi Umur Hardware Komputer

Salah satu penyebab komputer yang panas ialah alasannya ialah adanya debu yang menumpuk. Komputer yang letaknya dilantai biasanya akan cepat berdebu. Debu yang menumpuk ini akan menghalangi ventilasi udara, dan apa yang terjadi? kemungkinan komputer akan mengalami overheating (panas yang berlebihan). Entah alasannya ialah malas atau alasannya ialah apa seseorang membiarkan debu menumpuk pada komponen komputernya, padahal ini sangat berbahaya loh. Ayoklah teman-teman mulai dari kini niatkan untuk merawat dan membersihkan komponen komputer secara rutin dan terjadwal. Ini semua dilakukan untuk kebaikan teman-teman semuanya. Tidak terbayangkan kalau sebuah komponen komputer mengalami kerusakan, dan kita harus membeli komponen yang gres dengan mengeluarkan biaya yang besar. Tentunya hal menyerupai ini sangat akan merugikan. Hal ini sanggup diatasi dengan cara melaksanakan perawatan yang rutin.

Setidaknya, kau harus menilik kondisi ventilasi udara komputer setiap harinya. Akan lebih baik lagi kalau kau menjadwalkan untuk membersihkan komponen-komponen komputer, sanggup dilakukan 2 ahad sekali atau sebulan sekali dan untuk pengecekan sebaiknya dilakukan setiap hari.

2. Ventilasi yang buruk

 Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus √ Beberapa Pemeliharaan yang Dapat Mengurangi Umur Hardware Komputer

Panas menjadi salah satu faktor terbesar yang sanggup mensugesti performa sebuah komputer. Komponen komputer yang panas sanggup mengakibatkan komputer menjadi lambat, sehingga kita sebagai pengguna terkadang merasa kesal dengan hal menyerupai ini. Keadaan panas juga sanggup mengakibatkan terjadinya kerusakan pada komponen komputer.

Sebuah komputer dirancang se-efisien mungkin untuk sanggup mengusir atau mengatasi panas, salah satunya ialah dengan adanya ventilasi udara. Sangat disayangkan, ventilasi pada komputer sangat gampang terhambat. Salah satu penghambatnya ialah dengan hadrinya kotoran dan debu. Namun hal ini sanggup diatasi dengan cara melaksanakan perawatan secara rutin. Debu tidak sanggup kita hentikan keberadannya, yang sanggup kita lakukan hanya menghilangkannya dengan cara membersihkannya secara rutin semoga debu tidak menumpuk.

Lain halnya pada laptop, ventilasi udara biasanya kita temui dibagian bawah laptop. Nah kenapa ketika kita memakai laptop dihentikan diletakkan pada daerah yang empuk contohnya di kasur, sofa, bantal dan lainnya? Karena apabila  kita meletakkan laptop ditempat yang empuk, maka ventilasi udara akan terhambat sehingga mengakibatkan udara susah keluar dan terjadilah overheat.

3. Pemasangan kabel yang longgar

 Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus √ Beberapa Pemeliharaan yang Dapat Mengurangi Umur Hardware Komputer

Mungkin sering sekali kita mendapati kalau hardware pada komputer tidak bekerja dengan maksimal. Mungkin salah satu penyebabnya sanggup dikarenakan kabel penghubung yang longgar, baik itu kabel data maupun kabel power. Tidak ada salahnya kalau kau menilik pemasangan kabel, apakah kabel telah terpasang dengan benar ataukah masih longgar. Apabila duduk kasus ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan memunculkan duduk kasus baru.

4. Pemadaman listrik

Pemadaman listrik wajib dihindari, alasannya ialah apabila listrik mati mendadak maka akan mengakibatkan hardware komputer berhenti bekerja secara mendadak juga. Apabila hardware berhenti bekerja secara mendadak, maka akan mengakibatkan performa hardware tersebut menurun dan bahkan sanggup mengalami kerusakan secara pribadi pada ketika itu juga. Masalah listrik yang mati mendadak ini sanggup diatasi dengan memakai UPS, kabel power dari komputer dihubungkan ke UPS. UPS sanggup menyimpan daya walaupun tidak begitu lama. Setidaknya dengan memakai UPS, apabila listik mati kita masih sanggup mematikan komputer secara normal sesuai dengan prosedurnya.

Salah satu komponen komputer yang rentan terhadap listrik mati mendadak ialah hard disk. Apabila listrik mati mendadak, maka performa hard disk akan menurun dan bahkan sanggup mengakibatkan terjadinya kerusakan pada hard disk dan mengakibatkan data-datanya menjadi hilang. Hard drive khususnya rentan terhadap crash, di mana piringan tergores oleh head untuk membaca dan menulis disk. SSD tidak mempunyai belahan yang bergerak sehingga mereka tidak terpengaruh dengan hal ini, namun mereka tetap rentan terhadap kegagalan listrik, sanggup menjadi rusak, atau bahkan mati.

Kesimpulan untuk mengatasi duduk kasus ini ialah dengan memakai uninterruptible power supply (UPS). UPS merupakan perangkat eksternal yang sanggup menyimpan daya untuk kebutuhan beberapa menit, sehingga kau sanggup mematikan komputer sesuai prosedur.

5. Lonjakan arus listrik

 Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus √ Beberapa Pemeliharaan yang Dapat Mengurangi Umur Hardware Komputer

Listrik yang tidak stabil sangat sering ditemui. Hal ini sangat membahayakan bagi alat-alat elektronik yang salah satunya ialah komputer. Hindari penggunaan komputer dari listrik yang tidak stabil, alasannya ialah akan sangat membahayakan bagi komponen-komponennya. Hal ini sanggup diatasi dengan cara memakai stavol atau alat stabil listrik. Dengan memakai alat ini maka arus listrik yang mengalir pada komponen komputer akan tetap stabil dan tentunya aman.

Banyak hal yang sanggup mengakibatkan terjadinya lonjakan arus listrik, sambaran petir merupakan hal yang sangat membahayakan. Sasaran sambarab petir biasanya alat-alat elektronik yang terhubung pribadi dengan arus listrik. Sebaiknya kalau kau mematikan komputer jangan lupa untuk mencabut kabel power yang terhubung kesumber arus listrik. Jangan biarkan kabel power terhubung pada ketika ada petir alasannya ialah hal ini sangat membahayakan.

6. Kerusakan fisik

 Yang lagi kerja semoga rezkinya lancar terus √ Beberapa Pemeliharaan yang Dapat Mengurangi Umur Hardware Komputer

Hard drive merupakan salah satu hardware yang rentan terhadap kerusakan fisik. Jika kau ingin memindahkan komputer, maka jangan pindahkan pada ketika komputer lagi menyala. Karena apabila terjadi benturan bahkan itu benturan yang keras, maka akan sanggup merusak belahan internal sensitif atau juga sanggup mengakibatkan kabel konektor terlepas. Sebaiknya jauhkan komputer dari benda yang bersifat panas dan cair. Benda yang mempunyai sifat panas apabila didekatkan dengan komputer, maka akan mengakibatkan komputer cepat mengalami panas dan bahkan sanggup mengakibatkan terjadinya overheat. Sedangkan apabila benda cair didekatkan dengan komputer dan kita tidak sengaja menumpahkan benda cair tersebut kedalam komponen komputer, maka komponen-komponen tersebut akan mengalami kerusakan.

7. Update software

Sebenarnya duduk kasus software tidak akan mengurangi umur komputer kamu. Namun, duduk kasus yang software akan besar lengan berkuasa terhadap performa komputer. Pengalaman admin sendiri terkadang membutuhkan waktu yang sangat usang (beberapa jam) untuk merapikan perangkat lunak (software) sehingga komputer kembali dalam kondisi terbaik.

Pertama, menjaga keamanan dengan memasang semua update yang tersedia untuk OS dan program. Pastikan Anda menjalankan web browser up-to-date, dan menyingkirkan plugin yang tidak aman. Menginstal semua alat keamanan yang diperlukan, tapi jangan berlebihan.

Selanjutnya singkirkan atau uninstall kegiatan yang tidak terpakai, dan hindari juga penggunaan berlebihan dari aplikasi beta. Rutinlah membersihkan file sampah pada komputer semoga performa komputer akan selalu tetap terjaga.

Semuanya komputer pada alhasil akan mengalami kerusakan, namun kita sanggup mencegahnya semoga kerusakan itu tidak tiba dengan cepat dan terus menerus, sehingga umur komputer akan lebih lama. Caranya ialah gunakan komputer dengan benar dan rutin untuk melaksanakan perawatan komputer.

Sekian artikel mengenai beberapa pemeliharaan yang sanggup mengurangi umur hardware komputer. Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan teman-teman semuanya mengenai dunia komputer. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa di share ya.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com