Saturday, March 25, 2017

√ Pengertian Pons Otak, Struktur, Bab Dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas wacana salah satu bab organ badan insan yang berada didalam kepala. Ada beberapa organ didalam kepala manusia, salah satu yang akan kita bahas disini yaitu pons otak. Mungkin ada yang sudah mengetahuinya namun juga ada yang belum, untuk lebih lanjut mari kita bahas dengan detail.



Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)


Apa sih Pons Otak? Apa kiprahnya untuk otak manusia? Apa saja fungsinya?


Pengertian Pons Otak


Pons merupakan batang otak yang tempatnya diatas medula oblongata tepatnya dibawah otak tengah dengan panjang kurang lebih 2,5 cm. Dengan ukurannya yang kecil tersebut pons mempunyai tugas yang cukup penting bagi otak manusia. Batang yang berisi serabut saraf ini berfungsi untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang, bab otak kecil kiri dan bab kanan.


Struktur dan Bagian Pons Otak


Pons mempunyai 2 bab penting yang sangat utama, berikut ulasannya



  1. Bagian Basilar Pons, terletak pada bab ventral, fungsinya bekerjasama dengan acara motorik tubuh.

  2. Bagian Pontine Tegmentum, terletak pada bab dorsal, fungsinya bekerjasama dengan sistem homeostasis dan lintasan refleks.


Pons mempunyai beberapa nukleus saraf yang berperan penting dalam tubuh, yakni:



  • Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.

  • Nukleus dari nervus abdusen.

  • Nukleus dari nervus fasial.

  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.


Fungsi Pons Otak


Selain itu Pons juga mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:


1. Sebagai jalur saraf


Point utama yang akan kita bahas disini yaitu jalur saraf, dimana pons otak berfungsi untuk membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang dikirimkan cenderung bekerjasama pada fungsi wajah, misalnya gerakan pada mata dan telinga.


Pons otak juga merupakan 4 titik pangkal diantara 12 saraf kranial utama, yakni saraf trigeminal, saraf abdusen, saraf fasial dan serabut vestibucochlear. Mari kita bahas satu-persatu.



  • Saraf trigeminal, saraf kranial kelima ini berfungsi untuk mengatur gerakan pada wajah kita dan bertanggung jawab dalam menggigit, mengunyah dan menelan makanan.

  • Saraf abdusen, saraf kranial keenam ini berfungsi sebagai penggagas mata.

  • Saraf fasial, berfungsi pada pergerakan otot diwajah kita sehingga kita sanggup tersenyum, tertawa, bersedih, menaik turunkan alis dan menawarkan mulut wajah kita.

  • Saraf vestibulocochlear, yaitu saraf yang befungsi dalam transmisi bunyi dari indera pendengaran ke otak dan membantu menjaga keseimbangan pada tubuh.


 Pada kesempatan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas wacana salah satu bab orga √ Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)


2. Menyampaikan sinyal keluar


Fungsi pons otak yaitu membawa sinyal dari saraf menuju otak, ada waktu yang diharapkan bagi otak untuk memberikan perintah ke saraf. Ini menjadikan terjadinya pembukaan warta yang bergerak dan berakibat terjadinya pengaturan sinyal untuk diterjemahkan dengan lengkap dan akurat sebelum sinyal dikirimkan.


3. Mengontrol fungsi secara tidak sadar


Pada pons otak ada tempat atau kawasan yang berjulukan reticular yang berfungsi dalam pengaturan siklus tidur dan bangkit tidur. Daerah ini disebutkan mempunyai tugas dalam pembentukan mimpi seseorang. Selain itu, fungsi tidak sadar lain yang juga ikut dikendalikan oleh pons otak yaitu respirasi, yang mana pada pons otak ada bab yang sanggup mengatur intensitas pernapasan dan mensugesti kendala pandangan gres yang sanggup berakibat pengurangan pada frekuensi & kedalaman napas.


Itulah sedikit pembahasan kita mengenai Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap), agar bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan kita semua.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id