Saturday, January 14, 2017

√ Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Tujuan, Dan Cara Membuat

Menulis surat lamaran kerja ialah potongan penting dari proses melamar pekerjaan. Sebuah surat lamaran akan memberi kesan khusus dirimu, yang akan membedakan dengan pelamar lain. Surat lamaran kerja yang baik, akan memperluas kesempatanmu untuk mendapat lebih banyak panggilan interview. Sebaliknya, jikalau surat lamaran yang ditulis dengan jelek akan mengurangi peluangmu untuk mendapat pekerjaan.


Maka dari itu, kau harus tau, tips jitu untuk menulis surat lamaran kerja yang baik. Kamu bisa mempelajarinya, sehingga kau sanggup menciptakan aplikasi lengkap yang diperlukan oleh manajer perekrutan di perusahaan tujuanmu. Di dalam artikel ini akan di awali dengan membahas pengertian dan dilanjutkan dengan beberapa tips yang bisa kau ikuti supaya bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik. Dengan mengikuti petunjuk sederhana ini, kami yakin kau akan mendapat pekerjaan idamanmu. Langsung aja yuk kita lihat bersama!


Menulis surat lamaran kerja ialah potongan penting dari proses melamar pekerjaan √ Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Tujuan, dan Cara Membuat


Pengertian: Apa yang Dimaksud Dengan Surat Lamaran Pekerjaan?


Mungkin sebagian besar dari kau telah paham terkait apa itu surat lamaran kerja. Secara singkat, surat ini merupakan sebuah pengantar di mana akan tersaji dalam dokumen satu halaman yang ditulis untuk mengungkapkan alasan mengapa kau ialah kandidat terbaik untuk sebuah pekerjaan.


Biasanya, surat lamaran kerja ini akan selalu dipasangkan dengan resume, dan harus menyorot pengalaman kau yang relevan dengan pekerjaan yang hendak kamu apply. Selain itu, biasanya di dalam surat lamaran kerja juga menampilkan korelasimu dengan perusahaan dan tujuan mereka. Terakhir, pada surat lamaran ini biasanya juga memberikan refleksi kepribadian, yang bertujuan untuk mengetahui, bagaimana kau bertindak di dalam kehidupan sehari-hari.


Sebuah surat lamaran yang baik juga akan menjadi potongan penting dari aplikasi pekerjaan. Surat lamaran yang ditulis dengan baik sanggup menciptakan peluangmu untuk mendapat panggilan wawancara lebih tinggi, bahkan ketika resume-mu berada di bawah standar yang ditetapkan. Hal tersebut akan terlihat dampaknya jikalau kau menyusun surat lamaran kerja yang kurang tepat. Kamu akan terlihat tidak profesional, dan akan berakibat pada prospek lamaran kerjamu ke depannya. 


Apa Tujuan Dari Surat Lamaran Kerja?


Meskipun surat lamaran kerja merupakan jenis surat singkat, akan lebih baik jikalau bisa menampilkan impresi yang berbeda. Jika surat lamaran kerja sanggup kau tulis dengan baik, maka tidak mengherankan jikalau kau bisa mencicipi dampaknya. Untuk itu, kini kami akan memberitahukan apa saja sih tujuan dari pembuatan lamaran kerja yang baik sehingga akan berdampak pada proses pencarian kerjamu. Untuk melihatnya, eksklusif scroll ke bawah artikel ini ya!



  1. Berhasil memperkenalkan dirimu dengan singkat dan lugas secara eksklusif ke manajer perekrutan (HRD)

  2. Buatlah studi masalah yang berpengaruh mengapa kau cocok untuk pekerjaan yang dituju

  3. Buktikan keinginanmu untuk bekerja di perusahaan

  4. Mengarahkan HRD untuk melaksanakan penrekrutan terhadap dirimu


Setelah melihat tujuan yang dimiliki dari penulisan surat lamaran kerja yang baik, apakah kau masih tidak yakin apa yang harus ditulis di dalamnya? Tepat banget nih, sebab potongan selanjutnya yang akan kami bahas ialah bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja secara baik, supaya kesempatanmu untuk diterima semakin besar.


Menulis surat lamaran kerja ialah potongan penting dari proses melamar pekerjaan √ Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Tujuan, dan Cara Membuat


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik


Bagian selanjutnya, kami akan membantumu untuk mendapat lebih banyak wawancara dalam proses mencari kerja. Caranya? Tentu saja dengan mempersiapkan surat lamaran kerja yang baik! Lantas, apa saja sih langkah yang harus diperhatikan untuk menyusun surat lamaran yang baik? Simak bersama yuk!




  • Step Pertama




Tahap pertama dalam pembuatan surat lamaran kerja yang baik ialah kau harus tau bagaimana menangani surat tersebut. Mulailah dengan menyertakan informasi kontak atasan. Kamu juga harus berhati-hati terhadap kesalahan kecil, menyerupai mengirimkan surat lamaran ke kawasan yang salah.




  • Step Kedua




Step selanjutnya, kau harus mencari tahu kepada siapa surat lamaranmu itu ditujukan. Kamu juga harus bisa menempatkan diri dari sudut pandang manajer perekrutan (HRD). Apakah kau lebih suka disebut sebagai “dengan siapa saya berbicara“ atau dengan nama yang sebenarnya? Salah satu hal yang perlu kau hindari ialah dengan menuliskan “Dear Sir atau Madame“, sebab akan dianggap kurang sopan dan terkesan terlalu “kaku”.




  • Step Ketiga




Ketika menulis pengantar surat lamaran yang baik, terutama untuk salam terkadang membutuhkan sedikit penelitian. Jadi, usahakan sebelum kau mulai menulis, lakukanlah riset kecil melalui website perusahaan, atau social media seperti LinkedIn atau Facebook dan Twitter. Kamu juga bisa menciptakan panggilan untuk meminta nama manajer perekrutan (HRD) jikalau nama yang bersangkutan tidak kau temukan saat melaksanakan riset. Hal tersebut mungkin untuk dilakukan, meskipun pada kesudahannya ada kesalahan, setidaknya kau masih terlihat melaksanakan perjuangan untuk mencari tahu dan berkeinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut.




  • Step Keempat




Cara selanjutnya ialah dengan memulai surat lamaran dengan pembuka yang impresif. Jika kau ingin terlihat yakin dan terancang pada aplikasimu, serta sanggup mencerminkan dengan terang alasanmu mendaftar sebuah pekerjaan, maka mulailah dengan kalimat yang impresif!




  • Step Kelima




Untuk tahapan selanjutnya, kau tidak perlu memperlihatkan kesan impresif pada potongan pengantar di awal paragraf. Terlihat pertentangan dengan tahapan sebelumnya. Namun, kau harus paham apa sih yang membedakannya. 


Pada alimat pertama surat lamaran yang baik, harus meliputi pengantar pribadi, dan klarifikasi perihal bagaimana lowongan pekerjaan ditemukan. Kalimat pembuka lainnya, yang menjadi potongan penting ialah personifikasi jabat tangan dengan perusahaan sebagai formalitas. Dengan begitu, kau akan mempunyai waktu untuk menguraikan apa yang akan dibawa ke proses wawancara nanti.


Sisa paragraf pertama juga harus dijelaskan secara ringkas dengan menyajikan latar belakangmu. Informasi menyerupai gelar pendidikan, bidang studi/keahlian, tujuan karir, dan pengalaman yang relevan, terutama dalam hal bagaimana mereka sejajar dengan tujuan perusahaan harus tertera di dalam paragraf ini.


Jangan takut untuk membiarkan kepribadian kecil bersinar dalam paragraf ini, baik. Inilah yang dimaksud dengan impresif pada step sebelumnya! Hanya satu hal yang perlu kau ingat, bahwa perusahaan serius mungkin tidak menyukai rasa humor. Serta, surat lamaran yang baik harus selalu bisa ditempatkan dalam situasi apapun, sesuai dengan ke mana kita akan apply sebuah posisi. Apakah hingga tahap ini, kau sudah mendapat citra perihal surat lamaran kerja yang baik?


Menulis surat lamaran kerja ialah potongan penting dari proses melamar pekerjaan √ Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Tujuan, dan Cara Membuat




  • Step Keenam




Setelah sebelumnya membahas perihal cara menciptakan paragraf pembuka yang baik, pada tahap ini akan dijelaskan bagaimana menulis paragraf penutupnya. Di dalam surat lamaran, kau harus menutup paragraf yang bisa menciptakan pihak HRD tergerak untuk menghubungimu. Hal terbaik yang bisa kau capai ialah dicapai dengan menyertakan “ajakan bertindak” (Call To Action/CTA).  Di dalam CTA-mu, informasikan kepada pemberi kerja bahwa kau akan sangat bahagia dan bersemangat untuk tiba untuk wawancara. Dengan begitu, pihak perekrut akan melihat semangat kerja yang ada di dalam dirimu, dan bisa melihat peluang SDM yang potensial.




  • Step Ketujuh




Hal penting lainnya yang perlu kau ingat, pastikan di dalam surat lamaranmu dihentikan terlalu terlihat “memaksa” meskipun kau mempunyai harapan yang kuat. Sebuah surat lamaran yang baik, akan melekat di benak pembaca (HRD), jadi pastikan kau mempunyai nada yang bersifat persuasif. mencoba untuk menyampaikan.




  • Step Kedelapan




Tahap selanjutnya adalah, kau harus bisa untuk menulis surat pengantar untuk situasi yang unik. Hal ini bisa kau lakukan, jikalau kau merasa khawatir dengan background yang kau miliki, bukanlah satu-satunya dan banyak tentangan dengan latar belakang yang sama. Banyak pencari kerja mempunyai situasi tertentu yang mungkin sepertinya akan mengurangi peluang mereka dalam memperoleh pekerjaan. Untungnya, ada cara untuk meminimalisir terjadinya situasi ini dengan menulis surat lamaran yang baik (meskipun besar kemungkinan, kau masih perlu untuk mengatasi problem tersebut selama wawancara).




  • Step Kesembilan




Cara terakhir yang harus kau perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja ialah dengan menghubungkannya dengan resume yang kau miliki. Mengikat konten (dan melihat) resume ke dalam surat lamaran ialah cara yang elok untuk menempatkan kualitas pribadi di atas surat lamaran kerjamu.


Kamu sanggup menyiasati (memasukkan) konten resume di tubuh surat lamaran (sebuah taktik yang mungkin mengakibatkan nama surat lamaran yang keliru). Untuk melaksanakan hal ini, kau sanggup menguraikan salah satu prestasi pekerjaanmu yang lebih mengesankan. Kamu juga bisa menyentuh pada prestasi yang relevan bahwa kau tdak mempunyai ruang untuk mengeksplorasi pada resume. Namun, satu hal yang harus kau pastikan! Kamu harus tetap menjaga kekonsistenan antara resume dan surat lamaran kerja, supaya tidak membingungkan pihak HRD yang ingin merekrutmu ya!


Menulis surat lamaran kerja ialah potongan penting dari proses melamar pekerjaan √ Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Tujuan, dan Cara Membuat


Bagaimana? Setelah kami jelaskan secara ringkas perihal cara menulis surat lamaran kerja, apakah kau jadi semakin yakin untuk mulai melamar pekerjaan? Kami harap artikel ini bisa membantumu dalam proses pencarian kerja ya! Satu hal lagi nih yang ingin kami sampaikan! Jika nanti kau sudah diterima kerja, pastikan perusahaanmu sudah memakai aplikasi JojoExpense ya! Karena banyak banget lho kelebihan yang dimiliki aplikasi itu. Salah satunya ialah sanggup meningkatkan efisiensi administrasi pengeluaran perusahaan hingga 76%. Selain itu, JojoExpense juga akan membantu perusahaan untuk mengelola pengeluarannya dengan lebih efisien dan irit waktu. Pokoknya, sangat cocok deh untuk diterapkan di perusahaan! Jadi, pastikan pakai aplikasi ini ya!






Sumber aciknadzirah.blogspot.com