Saturday, January 14, 2017

√ Rumus Simple Future Tense Praktis Dipahami Buat Pemula

EnglishCoo – Rumus Simple Future Tense secara umum yakni S + Will + Verb 1. Yuk cari tahu rumus selengkapnya dan pola kalimat nyata negatif interogatif beserta artinya. Saatnya berguru bikin pola sendiri biar lebih menempel di memori.


Belajar tenses bahasa Inggris nggak bakal lengkap rasanya tanpa membahas pola paling sederhana dari Future yaitu Simple Future Tense. Dalam artikel perihal pengertian dan fungsinya, kita sudah membahas mengapa ini disebut Simpel alias sederhana.


Apabila belum membaca artikel pengertian Simple Future Tense, kau bisa cari di bab simpulan postingan ya. Seperti biasa, di simpulan postingan tenses selalu ada rangkaian bahan lainnya. Nanti tinggal pilih bahan Simple Future Tense yang ingin kau kuasai. Tapi selesaikan dulu baca postingan ini ya biar nggak setengah-setengah pahamnya.


Ada 5 subpoin dibahas dalam artikel ini yaitu:



  1. Sekilas perihal VERBAL dan NON VERBAL alias NOMINAL

  2. Membahas POSITIF, NEGATIF, INTEROGATIF Simple Future Tense

  3. Mengenal Subyek dalam kalimat Simple Future Tense

  4. Mengenal Will/Shall dan Be Going To

  5. Bikin Rumus Simple Future Tense Versi Sendiri


Saya menyediakan rumus Future Tense bukan semata menganjurkan untuk komat-kamit menghapal rumus. Kalau merasa lebih sreg berguru dengan menghapal rumus, ya silahkan. Menurut saya, menghapal rumus saja kurang efektif.


Trus gimana?


Ya, perlu pahami dulu apa itu Simple Future Tense, kapan memakai serta pola kalimatnya. Lalu berguru bikin pola sendiri. Semakin sering membaca dan praktek menciptakan kalimat, maka pola atau rumus akan terbentuk sendiri di kepala.


Jadi, dalam artikel perihal Rumus Simple Future Tense ada 4 hal yang kita lalui dulu sebelum menciptakan rumus versimu sendiri. Yuk lalui satu per satu.


 


1. Sekilas perihal VERBAL dan NON VERBAL alias NOMINAL biar lebih paham Rumus Simple Future Tense


 Rumus Simple Future Tense secara umum yakni S  √ Rumus Simple Future Tense Gampang Dipahami Buat Pemula

Sebelum lanjut ke rumus Future Tense, kenalan dulu sama kalimat mulut dan nonverbal alias nominal. Setiap tenses intinya mempunyai kedua jenis ini.


Untuk paham keduanya praktis saja. Verbal itu ada kata kerja alias VERB sedangkan Nonverbal atau Nominal nggak ada kata kerja alias NO VERB.


Coba perhatikan 2 pola kalimat berikut. Trus tentukan mana Verbal mana NonVerbal.



  1. She will be an entrepreneur someday. (Ia akan menjadi seorang pengusaha suatu hari nanti.)

  2. She will finish the project soon. (Ia akan menuntaskan proyek itu secepatnya.)


Gampang ketebak ya? Contoh pertama itu NonVerbal sedangkan yang kedua yakni Verbal, lihat kata kerja verb 1 finish. Selain itu kau bisa lihat kata bergaris bawah yaitu penggunaan Will Be dan Will.


Kalau dikasih pola mah gampang. Yang susah yakni bikin pola sendiri. Trus ada juga pertanyaan: Verbal itu pake kata kerja, trus kalau NonVerbal pake apa dong?


NonVerbal alias Nominal itu bisa dilihat dari rumus Be + Adjective/Adverb/Noun. Jadi, adanya kata benda, sifat atau keterangan. So, biar bisa bikin kalimat yang benar, kita harus bisa membedakan mana kata kerja, benda, sifat, dan keterangan. Nanti dibahas dalam artikel terpisah deh.


Intinya, dalam rumus Simple Future Tense kau bisa pakai Will + Verb 1 untuk Verbal atau Will Be + Adj/Adv/Noun untuk NonVerbal alias Nominal. Lanjut yuk!


Ingin tahu bedanya kalimat Verbal dan Non Verbal? Yuk simak klarifikasi lengkap dalam artikel berikut: Kalimat Verbal dan Non Verbal dengan Pola Simple Present Tense.


 


2. Sedikit membahas POSITIF, NEGATIF, INTEROGATIF biar Paham Rumus Simple Future Tense


 Rumus Simple Future Tense secara umum yakni S  √ Rumus Simple Future Tense Gampang Dipahami Buat Pemula

Masing-masing kalimat Vebal dan NonVerbal selalu ada bentuk positif, negatif, interogatif. Pernah dengar ketiga jenis kalimat ini? Positif ya artinya lurus-lurus saja, nggak ada penolakan. Negatif berarti penolakan dengan adanya NOT, dalam Simple Future Tense menjadi WILL NOT atau WON’T. Sedangkan Interogatif yakni nama lain dari pertanyaan.


Agar lebih ngerti serta nyambung, kita pakai pola pada poin pertama. Mulai dengan yang NonVerbal dulu ya. Nggak usah pake terjemahan atau artinya biar lebih singkat serta kelihatan bedanya.



  1. (+) She will be an entrepreneur someday.

  2. (-) She will not be a nurse someday.

  3. (?) Will she be a nurse someday?


Berikutnya yakni pola Verbal dengan kata kerja. Ada positif, negatif dan interogatif.



  1. (+) She will finish the project soon.

  2. (-) She won’t go out this evening.

  3. (?) Will she finish the project soon?


Sampai di sini, apa sudah bisa bikin rumus atau pola Simple Future Tense sendiri? Udah ada bayangan kan rumus kayak gimana. Sebelum itu, ada baiknya kita mengenal Subyek dulu. Yuk, cus.


Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kau memakai Other atau Another dalam kalimat?Jangan lewatkan bahan dasar berikut:




 


3. Mengenal Subyek dalam kalimat biar lebih paham Rumus Simple Future Tense


Salah satu unsur penting dalam kalimat Bahasa Inggris yakni Subyek. Ini penting untuk hampir semua jenis kalimat dalam bahasa Inggris, kecuali usul atau suruhan. Yuk kenali dan pahami Subyek biar bisa menciptakan rumus sendiri.


Subyek bisa berupa makhluk hidup atau benda mati. Ada Subyek tunggal (jumlahnya satu) dalam bahasa Inggris disebut Singular, contohnya: a cat, an owl, the box, this girl, that man, Anita, Budi, pokoknya satu orang/benda. Subyek berjumlah jamak (lebih dari satu, beberapa, banyak) dalam bahasa Inggris disebut Plural, misalnya: the cats, the owls, the boxes, these girls, those men, Anita and her friends, Budi and Sacha, dan masih banyak lagi.


Ada lagi nih cara lain kalau tidak ingin menyebut nama orang atau bendanya. Kamu bisa gunakan kata ganti orang/benda yang disebut Pronoun, khususnya Subjective Pronouns yaitu They, We, I, You, She, He, It. Untuk pola kalimatnya bisa dilihat pada poin kelima.


Yuk pahami bahan tenses dari rumus atau pola. Pilih tenses yang ingin dipelajari:




 


4. Mengenal Will/Shall dan Be Going To dalam Rumus Simple Future Tense


Jika kau sudah membaca pengertian Simple Future Tense, tentu mengenal modal Will/Shall serta Be Going To. Yap, untuk menciptakan kalimat Future Tense, kau perlu mengenal keduanya dan sanggup memakai dalam kalimat.


Masih ingat kan perbedaan keduanya? Keduanya sama-sama menawarkan hal atau acara yang akan dilakukan di masa mendatang. Bedanya yakni Be Going To lebih meyakinkan serta niscaya terjadi alasannya sudah direncanakan sebelumnya sedangkan Will belum niscaya dan bisa jadi keputusan dadakan.


Apabila ingin menciptakan kalimat Be Going To, sesuaikan Be (Is/Am/Are) dengan Subyeknya. Misalnya: We are going to, They are going to, I am going to, She is going to, Rick is going to. Will digunakan untuk semua Subyek, sedangkan Shall digunakan untuk subyek I dan We saja.



  1. Shall we go for a drink? (Akankah kita pergi untuk minum?)

  2. We won’t buy anything there. (Kami tidak akan membeli apa-apa di sana.)

  3. Sandy and Ratih are going to play tennis next Sunday. (Sandy dan Ratih akan main tenis Minggu depan.)

  4. I will be the person in charge next week. (Aku akan menjadi orang yang bertanggung jawab ahad depan.)

  5. I am going to be in Japan at the end of this year. (Saya akan berada di Jepang simpulan tahun ini.)

  6. Andien will give you a call later. (Andien akan meneleponmu nanti.)

  7. Is she going to come here in time? (Apakah ia akan tiba ke sini lebih awal?)

  8. These gadgets will be available next year. (Gadget-gadget ini akan tersedia tahun depan.)

  9. That dog won’t bite you if you are calm. (Anjing itu tidak akan menggigit Anda kalau Anda tenang.)


Apakah kau bisa menemukan Subyek pada setiap kalimat Simple Future Tense di atas? Jika iya, selamat ya. Jadi, subyeknya adalah: We, Sandy and Ratih, I, Andien, She, These gadgets, That dog. Cocokkan jawabanmu kemudian lanjut poin kelima.


Yuk pahami bahan tenses dari rumus atau pola. Pilih tenses yang ingin dipelajari:




 


5. Bikin Rumus Simple Future Tense Versi Sendiri


Yeay, jadinya kita hingga pada pokok bahasan utama dari postingan ini, yaitu Rumus Simple Future Tense. Tadi udah disebutkan lebih baik bikin rumus sendiri. Caranya gimana?


Setelah mengenal kalimat Verbal, Non Verbal, Positif, Negatif, Interogatif, trus Subyek dan penggunaan Will serta Be Going To, kita tengok beberapa pola kalimat. Ini khusus Will/Shall serta Will/Shall Be ya, alasannya Be Going To akan dibahas dalam postingan tersendiri.



  1. They will play after eating. (Mereka akan bermain sehabis makan.)

  2. They will not sleep after eating. (Mereka tidak akan tidur sehabis makan.)

  3. Will they sleep after eating? (Akankah mereka tidur sehabis makan?)

  4. She will be late tomorrow. (Dia akan tiba telat esok hari.)

  5. She won’t be here. (Ia tidak akan ada di sini.)

  6. Will she be here soon? (Akankah ia ada di sini secepatnya?)

  7. We shall invite Mike to the party. (Kami akan mengundang Mike ke pesta.)

  8. We shall not invite everybody to the party. (Kami tidak akan mengundang semua orang ke pesta.)

  9. Shall we invite Mike to the party? (Haruskah kita mengundang Mike ke pesta?)


Gimana, sehabis membaca contohnya apa sudah punya orat-oret rumus Simple Present Future Tense versimu sendiri? Udah nggak sabar ya pengen lihat menyerupai apa rumusnya? Iya deh, check this out!

 Rumus Simple Future Tense secara umum yakni S  √ Rumus Simple Future Tense Gampang Dipahami Buat Pemula


***


Ada yang suka berguru dengan menciptakan rumus Simple Future Tense, ada juga lebih suka praktek bikin kalimat tanpa harus melirik rumus. Ribet banget sih berguru bahasa Inggris, harus pake rumus segala. Kayak Matematika saja. Begitu komentarnya. Ya, nggak masalah. Nggak ada cara paling benar atau paling salah. Semua sah. Asalkan bisa bikin otak terasah.


Berikut ini list bahan Simple Future Tense. Pilih bahan bahasa Inggris ingin kau kuasai dan tingkatkan pemahaman perihal Future Tense.






Sumber https://englishcoo.com