Thursday, January 5, 2017

√ Pasar Persaingan Sempurna: Ciri, Kelebihan Dan Kekurangan, Serta Contoh

Ketika kita hendak melaksanakan sebuah transaksi niscaya diharapkan sebuah medium untuk menaunginya. Sarana yang tersedia untuk bertransaksi dinamakan dengan pasar. Salah satu jenis pasar yang berlaku dan paling banyak dipakai di Indonesia yaitu pasar persaingan tepat (PPS). Pernahkah kau mendengar, atau mengetahui apa itu pasar persaingan sempurna? Menurut Sadono Sukirno (2013) dalam bukunya yang berjudul MIKROEKONOMI Teori Pengantar edisi ke-3, mengemukakan bahwa pasar persaingan tepat yaitu industri dimana terdapat berbagai penjual dan pembeli, masing-masing penjual dan pembeli tidak sanggup mensugesti harga produk di pasar.


Berdasarkan pengertian di atas, sanggup dikatakan juga bahwa pasar persaingan sempurna (Perfect competition market) merupakan pasar dimana pembeli dan penjual tidak bisa mensugesti harga barang secara individu. Dengan begitu, penentuan harga barang yang dijual di pasar tersebut yaitu hasil kesepakatan bersama antara pembeli dan penjual. Dalam hal ini penawaran sanggup dikatakan mencerminkan harapan konsumen, sedangkan seruan terbentuk dari harapan konsumen.


Struktur dalam pasar persaingan ini dikatakan paling tepat dan terdapat sebuah jaminan dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan pasar persaingan jenis lainnya.


Setelah mengetahui pengertian dari pasar persaingan sempurna, selanjutnya kau juga harus paham apa saja ciri yang dimilikinya. Ciri yang dimiliki oleh perfect competition market akan dijelaskan pada poin pembahasan di bawah ini:


Ketika kita hendak melaksanakan sebuah transaksi niscaya diharapkan sebuah medium untuk menaung √ Pasar Persaingan Sempurna: Ciri, Kelebihan dan Kekurangan, serta ContohCiri Pasar Persaingan Sempurna


Setiap pasar yang dijadikan daerah bertransaksi mempunyai cirinya tersendiri, ciri tersebut yang membedakan dengan medium lainnya, tak terkecuali PPS ini. Lantas, apa saja yang membedakan pasar persaingan tepat ini dengan jenis pasar yang lain? Untuk lebih jelasnya, lihat ciri-ciri yang dimilikinya pada klarifikasi di bawah ini ya!


Terdiri dari Banyak Penjual dan Pembeli


Ciri pertama yaitu di dalam pasar ini terdiri dari banyak penjual dan pembeli. Dengan sifat pasar ini, maka penjual dan pembeli tidak bisa mensugesti kondisi pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli hanya sebatas pengikut harga (price taker) yang akan mengakibatkan harga di pasar ini bersifat tetap. Hal ini dikarenakan prosedur pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan seruan dan penawaran oleh masyarakat.


Persaingan dalam Pasar Persaingan Sempurna pun hanya bergantung pada minat konsumen saja. Perusahaan yang tidak bisa bertahan akan gampang mengalami kerugian alasannya sedikitnya produktivitas.


Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Exit)


Dengan mempunyai ciri ini, artinya yaitu tidak terdapat suatu kendala apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis gres kalau dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya kalau ternyata merugikan. Tidak menyerupai pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar contohnya dengan adanya surat perjanjian.


Keluar masuk dalam hal ini terdapat dua kriteria, yang pertama perusahaan bisa saja keluar dengan gampang ketika mengalami kerugian ketika produk yang dijual tidak bisa bersaing dengan pasar atau tidak bisa lagi memenuhi kriteria pasar.


Kedua, perusahaan bisa saja terus bertahan di pasar alasannya merasa bisa menjadi perusahaan yang menyediakan produk dengan kualitas tinggi, namun dengan harga sesuai pasar, alasannya perusahaan menyerupai inilah yang biasanya banyak diminati oleh pembeli.


Barang yang Dijual Bersifat Homogen


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) homogen yaitu terdiri atas jenis, macam, sifat, watak, dan sebagainya yang sama. Maka, maksud dari bersifat homogen yaitu sanggup menjadi pengganti yang tepat terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek. Sehingga produk akan terkesan identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya sekalipun kau membeli di satu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan apa yang dijual di daerah lainnya


Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sama Terkait Pasar


Baik penjual maupun pembeli mempunyai pengetahuan yang sama dan terang terkait keadaan yang terjadi dalam pasar, ini merupakan ciri selanjutnya dari PPS. Maksudnya yaitu segala insiden dan perubahan info dalam pasar yang bisa terjadi sewaktu-waku wajib diketahui oleh kedua belah pihak, alasannya mempunyai porsi yang sama dalam pasar terutama untuk harga produk dan kualitas produk.


Dengan adanya info yang terang akan meningkatkan seluruh transaksi dalam pasar tanpa adanya unsur penipuan, sehingga menimbulkan kondisi:



  • Penggunaan semua sumber daya untuk menghasilkan laba yang maksimal.

  • Semua produsen menjual barang dangan harga yang sama sesuai dengan harga pasar.

  • Semua konsumen membeli barang dengan harga yang sesuai dengan harga pasar


Perpindahan (Mobilitas) Sumber Ekonomi Cukup Sempurna


Ciri terakhir yang dimiliki yaitu mobilitas sumber-sumber ekonomi yang cukup sempurna. Maksudnya yaitu tidak ada kesulitan sedikit pun kalau sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu daerah ke daerah lainnya. Karena intinya semua daerah produksi mempunyai kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.


Ketika kita hendak melaksanakan sebuah transaksi niscaya diharapkan sebuah medium untuk menaung √ Pasar Persaingan Sempurna: Ciri, Kelebihan dan Kekurangan, serta ContohKelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna


Dengan adanya ciri yang sudah disebutkan sebelumnya, kau juga harus tahu bahwa semua jenis pasar mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Karena artikel ini lebih membahas mengenai pasar persaingan sempurna, maka kami akan menyajikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh PPS ini. Untuk lebih jelasnya, bisa kau lihat pada sub serpihan di bawah ini ya!


Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna


Pertama akan dibahas perihal kelebihan yang dimiliki oleh jenis pasar ini. Langsung aja scroll artikel ini untuk mendapatkan infomrasi lengkapnya ya!



  • Tidak ada persaingan di dalam pasar ini alasannya produk yang dijual bersifat homogen.

  • Pada pasar persaingan tepat para penjual tidak memerlukan iklan untuk promosi.

  • Harga barang dan jasa yang dijual ditentukan oleh semua penjual dan pembeli secara gotong royong dan umumnya harga cenderung stabil.

  • Penentuan harga yaitu menurut transaksi tawar menawar antara penjual pembeli.

  • Penjual dan pembeli bertindak bebas dalam bertransaksi. Pembeli bebas membeli barang mana yang diinginkan dan dari produsen mana ia membeli.


Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna


Setiap ada kelebihan, niscaya ada kekurangan. Begitupun dengan jenis pasar yang “katanya” mempunyai persaingan sempurna. Lalu, apa saja sih yang menjadi kelemahan pasar persaingan tepat ini? Langsung aja kita lihat bersama, yuk!



  • Pada pasar persaingan tepat tidak ada dana untuk melaksanakan riset atau pengembangan produk sehingga minim inovasi.

  • Pembeli mengalami keterbatasan dalam menentukan barang atau jasa alasannya produk yang dijual sama dan kualitasnya pun sama.

  • Para pekerja cenderung mendapatkan upah atau honor yang rendah.

  • Sering terjadi ketidakseimbangan dalam distribusi pendapatan dari masing-masing produsen sehingga terjadi konflik keadilan.


Ketika kita hendak melaksanakan sebuah transaksi niscaya diharapkan sebuah medium untuk menaung √ Pasar Persaingan Sempurna: Ciri, Kelebihan dan Kekurangan, serta ContohContoh Pasar dengan Prinsip Persaingan Sempurna


Setelah kau mengetahui ciri dan kelebihan serta kelemahan dari PPS, hal penting lain yang harus kau ketahui yaitu contohnya. Dengan contoh, diharapkan info yang kami sampaikan terkait pasar persaingan tepat ini bisa menempel dengan berpengaruh di dalam ingatanmu. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas teladan dari PPS ini, yuk!


Pasar Beras


Salah satu teladan jenis pasar persaingan tepat yaitu pasar yang menjual produk komoditi masakan pokok masyarakat, contohnya beras. Hal ini dikarenakan pada pasar beras sudah memenuhi kriteria pasar yang satu ini alasannya mempunyai ciri-ciri berikut ini:



  • Penjual dan pembeli beras mengikuti harga beras sesuai dengan harga yang telah ditentukan, sehingga tidak sanggup menentukan harga sendiri.

  • Penentuan harga beras yaitu hasil kesepakatan tawar-menawar seruan beras di masyarakat.

  • Meskipun ada beberapa jenis beras yang dijual, pasar komoditi beras relatif homogen. Harga masing-masing jenis beras umumnya sedikit berbeda.

  • Pada komoditi beras, jumlah produsen dan konsumen sama-sama banyak.


Pada pasar komoditi beras terdapat campur tangan dari Bulog, namun dalam hal penentuan harga umumnya stabil sesuai dengan seruan dari masyarakat dan faktor lainnya. Dalam praktiknya, harga akan mengikuti aturan supply and demand, yaitu harga akan akan naik kalau seruan naik, dan begitu juga sebaliknya.


Apakah kau sudah cukup paham dengan pasar persaingan sempurna? Jika belum, kau bisa mengunjungi artikel ini yang akan memberikanmu teladan pasar lainnya yang menerapkan sistem persaingan sempurna. Semoga dengan begitu, kau bisa pribadi paham ya!


Ketika kita hendak melaksanakan sebuah transaksi niscaya diharapkan sebuah medium untuk menaung √ Pasar Persaingan Sempurna: Ciri, Kelebihan dan Kekurangan, serta Contoh


Pasar persaingan tepat ini merupakan salah astu aspek penting yang terjadi di dalam perekonomian. Adanya sistem persaingan tepat di dalam pasar, akan meningkatkan peluang perusahaan-perusahaan kecil untuk menyebarkan usahanya, alasannya mereka akan bisa bersaing secara sehat dengan perusahaan lain. Nah untuk itu, kau bisa memakai JojoExpense yang akan membantumu dalam mengelola keuangan perusahaan, sehingga bisa bersaing dalam pasar. Dengan adanya aplikasi ini, kau bisa mengefisiensikan pengeluaran perusahaanmu hingga 76%, lho! Jadi, tidak perlu takut untuk ikut bersaing dengan perusahaan lain yang telah terjun sebelumnya di dalam pasar yang sama. Tunggu apalagi? Install aplikasi ini, dan rasakan manfaatnya!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com