Sunday, January 5, 2020

√ Perbedaan Bensin Dan Minyak Tanah Vs Diesel

Kita semua menyadari produk menyerupai bensin, minyak tanah dan solar dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi bila satu orang diminta untuk menjelaskan perbedaan yang spesifik diantara tiga produk energi yang penting ini yang memperlihatkan kita energi untuk mendapat energi untuk banyak sekali keperluan, tidak banyak yang sanggup menjawab dengan tanggapan yang tepat.


Meskipun ketiganya dipakai sebagai materi bakar, mereka mempunyai perbedaan dalam hal sifat kimia dan fisik yang akan dijelaskan dalam artikel ini untuk membantu orang memahami produk minyak bumi ini dengan cara yang lebih baik.


Jika Anda tidak tahu, minyak mentah yang dipompa keluar dari rig minyak, juga dikenal sebagai minyak bumi berwarna hitam dan berisi banyak sekali jenis hidrokarbon. Hidrokarbon ialah senyawa terdiri dari atom karbon dan hidrogen.


Hidrokarbon ini sanggup sederhana atau kompleks tergantung pada jumlah atom karbon dihubungkan bersama untuk membentuk hidrokarbon. Hidrokarbon mempunyai nomor yang berbeda dari rantai karbon mempunyai sifat fisik dan kimia yang berbeda. Hidrokarbon sederhana ialah metana yang mempunyai atom karbon yang menempel pada 4 atom hidrogen (CH4). Metana ialah gas yang sangat ringan dibandingkan dengan senyawa lainnya.


4 hidrokarbon pertama, CH4, C2H6, C3H8, dan C4H10, semua gas. Rantai karbon yang mengandung hingga C18 semua cairan dan rantai yang mengandung C19 atau lebih semua padatan pada suhu kamar. Kembali ke perbedaan antara bensin, minyak tanah, dan solar, perbedaan yang faktual terletak pada titik didihnya yang berbeda. Ini ialah bagaimana produk minyak bumi tiga dipisahkan dengan memanaskan minyak mentah ke temperatur yang berbeda. Rantai hidrokarbon yang berbeda dipisahkan dan ditarik keluar tergantung titik didihnya. Hingga C7, hidrokarbon ialah cairan ringan yang disebut nafta yang gampang dipisahkan. Ini dipakai sebagai distributor pembersih kering dan juga sebagai pelarut cat.


Perbedaan Antara Bensin dan Minyak Tanah dan Solar


Rantai hidrokarbon dari C7 ke C11 dicampur bantu-membantu untuk menciptakan bensin. Semua dari mereka menguapkan dibawah titik air mendidih dan gampang dikumpulkan. Memiliki titik didih rendah, bensin menguap dengan cepat bila Anda menumpahkan di tanah. Hidrokarbon yang lebih tinggi, dari C12 ke C15, yang juga berat, membentuk minyak tanah, sedangkan diesel diperoleh dari hidrokarbon yang lebih tinggi.


Dengan demikian jelaslah bahwa ketiganya, bensin, minyak tanah, dan solar diperoleh dari minyak mentah yang sama dan perbedaan yang faktual terletak pada panjang rantai hidrokarbon yang menyusun mereka. Sementara bensin berwarna kekuningan, minyak tanah tidak berwarna tetapi dibentuk biru untuk membedakan dengan bensin. Diesel di sisi lain berwarna kemerahan. Dari tiga hidrokarbon tersebut, bensin mempunyai anyir yang keras dan juga menguap lebih cepat dari minyak tanah dan solar.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com