Wednesday, January 1, 2020

√ Perbedaan Antara Gaya Dan Tekanan

Gaya dan tekanan yakni dua konsep penting dalam pelajaran gerak dalam fisika. Meskipun ada kaitan antara gaya dan tekanan tetapi mereka benar-benar berbeda juga. Siswa sering resah antara gaya dan tekanan yang mengejutkan mengingat keduanya mempunyai satuan pengukuran yang berbeda dan juga terkait satu sama lain yang dinyatakan dengan proteksi persamaan berikut: Tekanan = gaya / luas. Mari kita berbicara ihwal kedua istilah ini untuk menghilangkan keraguan dari pikiran pembaca.


Gaya


Gaya didefinisikan sebagai dorongan atau tarikan yang menciptakan sebuah benda berubah keadaan gerak. Ketika seorang pemain sepak bola memukul bola dengan kakinya, maka akan berlaku pada bola yang asalnya dalam keadaan membisu masuk ke keadaan gerak dan tetap bergerak hingga bola tidak boleh oleh ukiran dan gaya gravitasi. Gaya sanggup menimbulkan benda bergerak menjadi berhenti, membuatnya bergerak lebih cepat, atau bahkan mengubah arah.


Gaya yakni besaran vektor yang berarti mempunyai besar serta arah. Gaya tergantung pada massa benda dengan percepatan sehingga mereka saling terkait sesuai persamaan berikut (hukum kedua Newton ihwal gerak): Gaya = Massa x Percepatan


Tekanan


Tekanan yakni kuantitas fisik yang yakni penyebaran gaya pada luas kawasan tertentu. Untuk kenyamanan Anda sanggup memikirkan tekanan sebagai gaya per satuan luas. Jika Anda mengetahui jumlah gaya yang diterapkan pada benda, membaginya dengan luas kontak dan Anda mendapat tekanan yang diterapkan pada benda. Ini berarti bahwa gaya yang sama, jikalau diterapkan pada area yang lebih kecil akan menghasilkan hasil yang lebih besar daripada saat diterapkan pada luas permukaan yang lebih besar. Tekanan yakni besaran skalar dan tidak mempunyai arah dan hanya mempunyai besar. Satuan tekanan yakni Pascal (P) atau Newton per meter persegi.


Secara singkat Tekanan vs gaya



  • Tekanan dan dan gaya saling terkait tetapi konsep yang berbeda dalam fisika

  • Gaya yakni dorongan atau tarikan yang menimbulkan gerak, perubahan keadaan gerak, atau menghentikan benda bergerak jikalau diterapkan. Di sisi lain, tekanan yakni gaya yang tersebar di luas permukaan atau gaya per satuan luas.

  • Gaya yakni besaran vektor sementara tekanan yakni besaran skalar.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com