Friday, January 17, 2020

√ Pengertian Pertentangan

Pertentangan ialah suatu proses sosial di mana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan bahaya dan/ atau kekerasan. Pertentangan sanggup pula sebut sebagai pertikaian.


Faktor Pendorong Pertentangan


Ada beberapa faktor pendorong tetjadinya pertentangan. Di antaranya ialah sebagai berikut



  1. Perbedaan antara individu-ind ividu, menyerupai perbedaan pendirian dan perasaan.

  2. Perbedaan kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta perkembangan kepribadian tersebut.

  3. Perbedaan kepentingan antarindividu maupun kelompok.


Dampak Pertentangan


Ada beberapa imbas terjadinya pertentangan. Ada yang bersifat positif. Ada pula yang bersifat negatif. Dampak negatif kontradiksi ialah bahwa kontradiksi akan mengancam  keutuhan  masyarakat.


Dampak  positifnya ialah bahwa kontradiksi sanggup mengurangi ketegangan sehingga sanggup meningkatkan stabilitas dan integrasi kelompok. Hal ini sanggup terjadi alasannya ialah saat frekuensi pertentangan  antara  kelompok  sangat  tinggi  ada kecenderungan  ntuk menekan  pertentangan  yang  terjadi dalam lingkungan kelompok sendiri. Sementara itu, kelompok yang tidak mengalami hal itu, lebih bersifat toleran terhadap kontradiksi yang terjadi antara warganya.Pertentangan ialah suatu proses sosial di mana individu atau kelompok berusaha untuk meme √ Pengertian Pertentangan



Sumber aciknadzirah.blogspot.com