Tuesday, January 14, 2020

√ Pengertian Kapasitansi

Dalam elektronik kapasitansi yaitu kemampuan sutau perangkat untuk menampung atau menyimpan muatan listrik. Umumnya, kapasitansi ditemukan dalam medan elektromagnetik, yang memakai jenis tertentu dari gaya fisik pada partikel. Gaya ini membuat partikel akan menampilkan gerakan sebagai hasil dari interaksi muatan listrik.


Perhitungan jumlah energi listrik yang tersimpan sebagai potensial listrik yang diberikan juga dikenal sebagai Kapasitansi. Biasanya, diukur dalam volt, potensial listrik secara sederhana yaitu besaran fisik yang setara dengan joule per coulomb. Sebuah kapasitor dengan pelat sejajar yaitu bentuk umum dari perangkat penyimpanan energi.


Rumus untuk Kapasitansi


Kapasitansi berbanding lurus dengan luas permukaan pelat konduktor dan berbanding terbalik dengan jarak pemisahan antara pelat dalam plat kapasitor paralel. Kapasitansi diberikan oleh rumus:


C = Q / V



  • jika muatan pada lempeng + Q dan -Q

  • maka V yaitu tegangan antara pelat


Energi kapasitor akan terdapat dalam medan listrik sekitarnya. Energi ini sebanding dengan kuadrat dari gaya medan, yang sebanding dengan muatan pada plat. Bila kita anggap plat membawa muatan yang serupa dan besarnya, + q dan q, maka energi yang tersimpan dalam kapasitor harus sebanding dengan q2. Konstanta proporsionalitas ditulis sebagai ½ C, maka Ec = (1/2 C) * q ^ 2. Konstanta C yaitu sifat geometris kapasitor, yang disebut dengan ‘kapasitansi’.


Satuan Kapasitansi


Satuan kapasitansi yaitu Farad dan satu farad yaitu satu coulomb per volt. Sifat untuk menyimpan muatan listrik diukur dalam farad. Farad yaitu jumlah potensi muatan listrik yang sanggup mengubah satu volt dalam kapasitor. Hal ini juga mengukur jumlah muatan listrik yang sanggup diangkut dalam satu detik dengan arus yang stabil. Satu coulomb yaitu jumlah kelebihan muatan pada sisi kasatmata dari kapasitansi muatan satu farad dengan perbedaan potensial satu volt.


Siapa menemukan konsep Kapasitansi?


Pada tahun 1861, konsep kapasitansi pertama kali diusulkan oleh James Clerk Maxwell, spesialis fisika Skotlandia. Maxwell menjelaskan pengertian dari isolator dan anutan listrik yang melalui mereka. Seiring dengan itu, ia berguru bagaimana gaya gerak listrik akan membuat keadaan polarisasi.Dalam elektronik kapasitansi yaitu kemampuan sutau perangkat untuk menampung atau menyim √ Pengertian kapasitansi


Apa itu Kapasitor?


Kapasitor yaitu dua konduktor listrik yang dipisahkan oleh media yang tidak menghantarkan listrik atau kendala yang sangat tinggi. Sekarang, subunit umum kapasitansi yang banyak dipakai yaitu mili-farad (mF), mikro-farad (uF), nano farad (nF), pico-farad (pF), dan femto-farad (fF). Kapasitansi dari sebagian besar kapasitor dipakai dalam sirkuit elektronik yaitu skala kecil dari farad. Berdasarkan pengetahuan perihal geometri konduktor dan sifat dielektrik isolator antara konduktor Kapasitansi sanggup ditentukan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com