Wednesday, January 15, 2020

√ Pengertian Heksana

Heksana yakni senyawa organik (hidrokarbon) yang terbuat dari unsur karbon dan hidrogen. Heksana yakni isomer bercabang (n-heksana). Senyawa yang ada dalam bentuk yang mempunyai susunan yang berbeda dari atom tapi berat molekul yang sama dikenal sebagai isomer. Heksana yakni penyusun yang signifikan dari bensin. Heksana secara luas dipakai sebagai pelarut non-polar yang murah, relatif aman, sebagian besar tidak aktif, dan gampang menguap.


Bensin yakni adonan cairan yang berasal dari minyak bumi yang terutama dipakai sebagai materi bakar dalam mesin pembakaran internal. Pelarut cair tanpa muatan parsial yang signifikan pada atom apapun, ibarat dalam hidrokarbon, atau di mana ikatan polar diatur sedemikian rupa sehingga dampak dari muatan parsial mereka saling menghilangkan dikenal sebagai pelarut non-polar.


Apa saja sifat dari Heksana?


Sifat fisik heksana yakni sebagai berikut.



  1.  Rumus molekul heksana yakni C6H14.

  2. Heksana sebagian besar cairan yang tidak berwarna.

  3.  Heksana mempunyai titik leleh sekitar -139,54 ° F (-95,3 ° C) dan

  4. Titik didih Heksana yakni 154,04 ° F (67,8 ° C).

  5. Heksana mempunyai massa molar 86,18 gram per mol (g / mol).

  6. Heksana juga merupakan molekul non-polar, yang berarti bahwa tidak larut dalam air.


Bagaimana struktur heksana?


Heksana yakni “alkana” dengan enam atom karbon. Alkana (juga dikenal sebagai parafin atau hidrokarbon jenuh) yakni senyawa kimia yang hanya terdiri dari unsur-unsur karbon (C) dan hidrogen (H) (yaitu, hidrokarbon), dimana atom-atom ini dihubungkan bersama secara langsung oleh ikatan tunggal. Heksana yakni molekul cukup sederhana.


Dengan awalan “heks” memperlihatkan bahwa ia mempunyai enam atom karbon. Atom karbon ini disertai oleh 14 atom hidrogen, menawarkan rumus molekul C6H14. Karbon disusun berantai berturut-turut, satu menyusul berikutnya. Setiap karbon mempunyai setidaknya dua atom hidrogen yang menempel padanya, kecuali untuk karbon pertama dan terakhir yang mempunyai tiga.


Bagaimana Heksana diproduksi?


Heksana terutama didapatkan penyulingan minyak mentah (cairan alami, yang gampang terbakar terdiri dari adonan kompleks hidrokarbon). Komposisi yang sempurna dari fraksi tergantung pada sumber minyak (crude atau direformasi) dan dari penyulingan. Produk industri (biasanya sekitar 50% berat dari rantai lurus isomer) yakni fraksi yang mendidih pada suhu 65-70 ° C. yang terbuat dari unsur karbon dan hidrogen √ Pengertian Heksana


Apa penggunaan Heksana?



  • Penggunaan yang paling baik dari heksana yakni fungsinya sebagai pelarut.

  • Banyak jenis tanaman dan sayuran memerlukan heksana untuk mengekstrak minyak dan protein mereka untuk dipakai dalam produk lainnyaseperti pada tanaman kedelai, kacang tanah, dan jagung.

  • Heksana juga dipakai sebagai pelarut pembersih rumah tangga dan sebagai pembersih industri.


Apa Kelemahan dari heksana?


Kelemahan dari heksana alasannya kiprahnya dalam ekstraksi minyak dan protein telah dikaitkan dengan debat. Banyak produk memanfaatkan minyak dan protein diekstraksi melalui penggunaan heksana. Produk ini termasuk susu bayi, masakan alternatif vegetarian, dan protein shake. Beberapa produk ini bahkan menyatakan menjadi alternatif alami atau sehat. kelompok kesehatan mempunyai sampel yang diuji dari produk industri yang memakai ekstrasi heksan, dan telah menemukan bahwa beberapa residu pada (ppm) tingkat bagian-per-juta tetap. Meskipun, beberapa orang menganggap hal ini menjadi tingkat yang aman, beberapa orang tidak nyaman.


Heksana sanggup masuk ke badan kita melalui paru-paru bila berada dalam udara yang kita hirup. Heksana juga sanggup masuk ke dalam badan melalui lambung dan usus bila berada dalam air minum atau makanan. Setelah heksana dihirup itu masuk ke pemikiran darah dan dibawa ke seluruh organ dalam badan Anda. Enzim dalam hati Anda memecah heksana. Jika Anda terkena konsentrasi tinggi heksana dalam jangka panjang, sanggup menyebabkan kerusakan pada sistem saraf Anda.


Dalam sekelompok pekerja di Jepang, diperkirakan bahwa pekerja yang sakit telah menghirup udara yang mengandung 500-2,500 bab per juta heksana di udara (500-2,500 ppm) untuk 8-14 jam sehari selama 6 bulan hingga beberapa tahun . Gejala pertama yang dialami pekerja yang terkena yakni perasaan mati rasa di kaki dan tangan mereka. Hal ini diikuti oleh kelemahan otot di kaki dan kaki bab bawah. Jika paparan terus berlanjut, tanda-tanda semakin memburuk. Mengendus produk yang mengandung heksana telah menyebabkan kelumpuhan pada lengan dan kaki pada sampaumur di Amerika Serikat dan Eropa.


Bagaimana mengurangi risiko paparan heksana?


Beberapa produk yang dipakai di rumah mungkin berisi heksana, misalnya, beberapa lem cepat kering dan semen yang dipakai sebagai hobi. Produk-produk ini harus dijauhkan dari jangkauan bawah umur dan hanya dipakai dengan ventilasi yang tepat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com