Friday, January 17, 2020

√ Jenis Gunung Berapi Menurut Bentuk Dan Terjadinya

Gunung berapi yaitu gunung yang terbuka ke bawah ke reservoir batuan cair di bawah permukaan bumi. Tidak menyerupai kebanyakan gunung, yang mendorong dari bawah, gunung berapi yang mempunyai ventilasi yang dilalui oleh batuan cair lolos ke permukaan bumi. Ketika tekanan dari gas dalam batuan cair menjadi terlalu besar, letusan terjadi. Letusan sanggup hening atau meledak.


Mungkin ada pemikiran lava, gas beracun, dan kerikil dan debu terbang yang adakala sanggup melaksanakan perjalanan ratusan mil melawan arah angin.


Gunung api dibagi berdasarkan: aktivitas, proses terjadi, dan tipe letusan.

1. Berdasarkan aktivitasnya, gunung api dibedakan menjadi:

a. guinung api aktif, yaitu gunung api yang masih bekerja dan mengeluarkan asap, gempa, dan letusan.

b. gunung api mati, yaitu gunung api yang tidak mempunyai kegiatan erupsi semenjak tahun 1600.

c. gunung api istirahat yaitu gunung api yang meletus sewaktu­ waktu, kemudian beristirahat. Contoh, Gunung Ceremai dan Gunung Kelud.


2. Berdasarkan bentuk dan terjadinya, gunung api dibedakan menjadi:

a. gunung api maar, berbentuk menyerupai danau kawah.Terjadi alasannya yaitu letusan besar yang kemudian membentuk lubang besar dibagian puncak. Bahan-bahan yang dikeluarkan berupa benda pada Vefflata. Contoh. Gunung Lamongan di Jawa Timur.


b. gurnung api kerucut strato, merupakan jenls gunung api yang paling banyak dijumpai. Berbentuk menyerupai kerucut dengan lapisan lava dan debu yang berlapis-lapis.Terjadi alasannya yaitu letusan dan lelehan batuan panas dan cair lelehan yang sering terjadi mengakibatkan lereng gunung berlapis­ lapis sehingga disebut strato. Sebagian besar gunung api di Indonesia masuk dalam kategori gunung api kerucut. Contoh,Gunung Merapi.


c. gunung api perisai/tameng berbentuk menyerupai perisai, terjadi alasannya yaitu lelehan yang keluar dengan tekanan rendah sehingga nyaris tidak ada letusan dan membentuk lereng yang sangat landai dengan kemiringan1°-10°. Gunung api perisai tidak terdapat di Indonesia. Contoh gunung api perisai/tameng antara lain Gunung Maona Loa Hawaiidi Amerika Serikat.Gunung berapi yaitu gunung yang terbuka ke bawah ke reservoir batuan cair di bawah permuk √ Jenis gunung berapi menurut bentuk dan terjadinya


3. Berdasarkan tipe letusan (dari intensitas lemah sampal kuat), gunung api terbagi atas:

a. hawaian, mempunyai tipe letusan dengan pancuran lava ke udara mencapai ketinggian 200 m, gampang bergerak dan mengalir secara bebas.

b. strombolian, mempunyai ciri letusan mencapai 500 m dengan pijaran menyerupai kembang api.

c. merapi mempunyai tipe letusan dengan ciri guguran lava pijar ketika kubah lava runtuh.

d. volcanian mempunyai ciri letusan yang membentuk volcano disertai awan panas yang padat.

e. pelee, tipe letusan yang paling merusak alasannya yaitu magma yang meletus keluar daribagian lereng gunung yang lemah.Gunung berapi yaitu gunung yang terbuka ke bawah ke reservoir batuan cair di bawah permuk √ Jenis gunung berapi menurut bentuk dan terjadinya

f. st. vincent, tipe letusan yang disertai longsoran besar dan awan panas yang sanggup menutupi area yang luas

g. sursteyan, tipe letusan dengan vulkanian tetapi kekuatan letusannya lebih besar.

h. plinian, tipe letusan eksplosif yang sangat berpengaruh dengan ketinggian letusan yang mencapai> 55 km



Sumber aciknadzirah.blogspot.com