Sunday, December 8, 2019

√ Faktor Abiotik Hutan Hujan Iklim Sedang

Hutan Hujan Iklim Sedang ditemukan di pantai barat Amerika Utara dan Selatan, di sepanjang Samudera Pasifik. Mereka lebih masbodoh dan lebih kering dari pada hutan hujan tropis. Faktor abiotik, atau faktor non-hidup, dari hutan hujan sedang mencakup suhu, air, tutupan awan, tanah dan cahaya. Faktor abiotik ini berinteraksi dengan faktor biotik atau makhluk hidup, untuk membentuk ekosistem unik hutan hujan. Faktor abiotik mensugesti jenis organisme hidup yang bertahan di hutan hujan iklim sedang.


Suhu


Hutan Hujan Iklim Sedang mempunyai iklim yang ringan dan nyaman. Iklimnya ringan alasannya ialah pegunungan pesisir menjerat massa udara yang lembab ketika mereka naik dari Samudra Pasifik. Suhu berkisar antara pembekuan selama isu terkini hujan dan sekitar 80 derajat selama isu terkini kemarau. Seringkali tutupan awan juga menghalangi sebagian besar sinar matahari.


Air


Hutan hujan iklim sedang lembab dan subur. Udara lembab dari Samudera Pasifik mengembun sesudah terjebak oleh pegunungan pesisir dan jatuh menyerupai hujan. Curah hujan rata-rata 60 hingga 200 inci per tahun. Hutan hujan di kawasan paling utara sanggup mendapatkan es dan salju.


Tutup awan


Iklimnya berkabut dan tertutup awan. Masih berawan dan berkabut bahkan ketika isu terkini kemarau. Di isu terkini panas, kabut menghasilkan hujan sekitar 7 hingga 12 inci per tahun. Ini berkontribusi pada lingkungan yang subur dan beriklim sedang.


Tanah


Tanahnya kaya nutrisi alasannya ialah ada sejumlah besar materi organik yang membusuk. Bahan organik ini, dari daun, vegetasi dan serangga mati, dikonsumsi oleh jamur, jamur, kuman dan serangga. Tanah subur yang dikombinasikan dengan curah hujan tinggi memungkinkan pohon tumbuh sangat tinggi. Redwood pesisir, misalnya, tumbuh di hutan hujan sedang di California.


Cahaya


Sebagian besar sinar matahari diblokir oleh awan dan kabut yang sering. Bahkan ketika langit cerah, tajuk tinggi hutan hujan menghalangi sebagian sinar matahari untuk mencapai lantai hutan. Faktor ini, dikombinasikan dengan presipitasi tinggi, membuat lantai hutan yang gelap dan lembab. Serangga, jamur dan jamur tumbuh subur di hutan hujan sedang.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com