Monday, December 9, 2019

√ 20 Teladan Binatang Karnivora

Kebiasaan makan binatang jatuh ke tiga kelompok. Herbivora makan hanya tanaman. Zebra, kerbau, gorila dan kuda ialah pola herbivora. Omnivora menyerupai gagak, bajing dan insan memakan flora dan hewan. Karnivora makan daging saja. Karnivora duduk di bab atas rantai masakan dan telah menyesuaikan terusan pencernaan yang hanya dapat mengolah daging. Ada 20 lebih pola binatang karnivora yang akan dibahas secara singkat di bawah ini.


Invertebrata


Lipan, ubur-ubur dan bintang bahari ialah pola karnivora. Lipan memakan bekicot, cacing dan tikus. Ubur-ubur memakan ikan dan kura-kura yang lebih kecil. Gurita dan cumi juga memakan ikan yang lebih kecil. Bintang bahari berpesta dengan kerang, tiram dan moluska. Laba-laba menjebak serangga yang lebih kecil di jaringnya sebelum mereka memakannya. Kalajengking, capung dan tawon memakan serangga yang lebih kecil sehabis melumpuhkannya dengan penyengat mereka.


Ikan dan amfibi


Beberapa ikan dan amfibi ialah pemakan daging. Ikan kurus menyerupai tuna, marlin, salmon dan bass ialah karnivora. Tuna makan ikan schooling, krustasea dan cumi. Marlin makan gurita, cumi, tuna dan makarel. Menderita salmon dan bass bervariasi tergantung pada lingkungannya namun terdiri dari invertebrata yang lebih kecil menyerupai cacing. Katak dan kodok memakan serangga. Hiu berada di puncak rantai masakan maritim, memakan semua jenis ikan dan mamalia bahari yang lebih rendah.


Reptil


Beberapa spesies kura-kura makan ikan kecil dan cacing. Umumnya ular ialah predator karnivora dan akan memakan apapun yang dapat mereka bunuh. Sebagian besar mereka makan tikus kecil alasannya ialah ini ialah mangsa yang berlimpah untuk mereka. Buaya dan biawak juga predator umum dan makan apapun yang dapat mereka bunuh di bawah air dan di darat. Biasanya mereka berkembang pada ikan besar dan burung pantai. Beberapa kadal juga karnivora, menyerupai kadal monitor yang memakan binatang pengerat kecil dan telur.


Burung


Banyak burung ialah herbivora atau omnivora, namun beberapa spesies burung, terutama raptor menyerupai elang, rajawali dan burung pemakan bangkai, ialah karnivora. Raptor akan mem-bu-nuh mangsa menyerupai binatang kecil dan ikan tapi juga pemulung dan memakan bangkai binatang besar yang terlalu besar untuk menjadi mangsa mereka. Elang dianggap berada di puncak rantai masakan raptor dan telah diketahui menyerang raptor lainnya. Burung air menyerupai penguin, burung camar, bangau, pelikan dan bangau memakan binatang invertebrata, alasannya ialah mereka belum berevolusi dan menelan mangsa mangsa mereka.


Mamalia


Di ujung atas rantai masakan ialah mamalia karnivora. Serigala, anjing, harimau, kumbang, kucing, singa, luwak dan hyena semua ialah mamalia yang merupakan karnivora. Mangsanya karnivora bervariasi tergantung pada lingkungannya, tapi biasanya karnivora memangsa karnivora, omnivora atau herbivora yang lebih kecil. Karnivora domestikasi menyerupai anjing dan kucing memakan daging yang diberikan kepada mereka oleh manusia. Mamalia bahari menyerupai pesut, lumba-lumba dan paus memangsa ikan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com