Saturday, November 30, 2019

√ Beberapa Wewenang Atau Hak-Hak Voc Dalam Menjalankan Tugasnya Di Masa Penjajahan

Sebelum membicarakan apa saja wewenang atau hak-hak dari VOC maka ada baiknya kita mengenal dulu hal yang berkaitan dengan berdirinya VOC ini. VOC ini merupakan salah satu komplotan dagang yang bertugas memonopoli perdagangan Belanda. Nah VOC ini tepatnya didirikan pada tanggal 20 Maret 1602.


Tempat didirikannya VOC ini ialah Amsterdam. Adanya banyak perselisihan dalam perdagangan Belanda yang terjadi ini menyebabkan pemerintah karenanya berfikir untuk mendirikan VOC ini yang mempunyai kiprah utama memonopoli perdagangan Belanda ini.


Dengan didirikannya VOC ini maka diperlukan setaip bentuk persaingan tidak sehat mengenai perdagangan ini akan hilang dan tak terjadi lagi diantara pedagang Belanda yang satu dengan pedagang Belanda lainnya. Dengan hilangnya setiap perselisihan jelek ini juga diperlukan mereka semua sanggup menghasilkan laba yang optimal dari perdagangan yang terjadi tersebut.


Nah adanya VOC ini mempunyai beberapa wewenang ketika mereka mulai bekerja memonopoli perdagangan yang terjadi dari para pedagang asal Belanda ini. Nah diantara hak atau wewenang yang dimiliki oleh anggota VOC ini ialah seperti; VOC sanggup bebas menciptakan benteng dan VOC sanggup bebas mencetak serta mengedarkan uang


Selain hak atau wewenang diatas, hak atau wewenang VOC adalah  VOC sanggup bebas menciptakan perjanjian dengan banyak raja, VOC berhak mempunyai tentara pribadi,  VOC bebas memilih hening atau perang, VOC mempunyai wewenang layaknya seorang boss yang sanggup mempekerjakan dan memecat pegawai, VOC berhak memonopoli setiap acara perdagangan yang ada, dan VOC berhak memecat penguasa daerah perdagangan Belanda tersebut.


Nah beberapa wewenang yang dimiliki oleh VOC tersebut merupakan kesepakatan bersama dan juga merupakan keputusan yang diresmikan oleh pemerintah yang juga meresmikan berdirinya VOC pada masa tersebut. Adanya VOC tersebut tak sanggup dipungkiri memunculkan masa kejayaan pada mas tersebut dalam bidang perdagangan.


Namun kejayaan tersebut juga tidak berlangsung usang sekali. Pasalnya pada masa itu VOC karenanya runtuh dan bubar alasannya ialah adanya suatu permasalahan yang menciptakan hancurnya kekokohan yang telah usang dibangun.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com