![]() |
Media Sosial |
Anda mungkin salah satu pengguna media umum ibarat facebook, twitter, Instagram, Youtube, Line atau yang lainnya. Tapi pernahkah Anda mengetahui apa itu Media Sosial?. Media sosial yaitu sarana komunikasi yang berbasis internet yang memungkinkan interaksi dengan orang lain lain.
Media sosial mempunyai efek nyata dan juga efek negatif, tergantung penggunanya masing-masing. Manfaat nyata media umum bahwasanya sangat banyak termasuk dalam mendukung pekerjaan dan juga kewirausahaan.
Berikut ini manfaat media umum untuk kewirausahaan :
- Mempromosikan produk (barang atau jasa) kepada khalayak yang lebih luas.
- Membantu memilih target dari produk yang akan kita tawarkan. Sasaran ini sanggup memilih sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan juga tempat tinggal.
- Membantu membangun image atau gambaran baik dalam organisasi, kantor, ataupun gambaran produk dengan secara terjadwal memberikan info terkini maupun dengan menjalin percakapan dengan pengguna media umum lainnya.
- Membantu mendapat info terkini yang sanggup mendukung pekerjaan.
- Membangun kepercayaan pengguna media umum lain bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan yaitu produk riil dan tidak main-main.
Nah kini bagaimana taktik penggunaan media umum untuk pekerjaan dan wirausaha yang baik dalam memberikan informasi, ataupun dalam menunjukkan sebuah produk atau jasa tersebut sehingga menarik minat pengguna media umum yang lain.
Berikut ini konten yang dianggap menarik oleh banyak orang :
- Buatlah pesan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari pengguna media sosial. Angkat dongeng yang sifatnya personal dan sangat akrab dengan keseharian dari pengguna media sosial. Promosi produk sanggup jadi tidak ditampilkan dalam pesan yang disampaikan.
- Buatlah konten semenarik mungkin yang dilengkapi dengan gambar. Hanya sebagian kecil info yang diingat oleh orang yang hanya membaca tulisan. Sedangkan sebagian besar info yang diingat orang dengan membaca goresan pena yang lengkap dengan ilustrasi.
- Buatlah konten video yang dilengkapi dengan teks. Daya tarik sebuah konten ada pada 10 detik pertama yang memilih apakah orang akan tetap membaca atau melihat konten yang kita buat atau tidak. Orang yang tertarik dengan info yang kita buat rata-rata hanya akan mengikuti info tersebut selama 37 detik. Makara pastikan semua pesan sanggup dibaca dalam 37 detik, begitu juga dengan usang video yang akan kita buat.
- Gunakan gambar dan foto yang berkualitas tinggi (HD atau High Definition). Jika ingin menampilkan foto, pastikan foto diambil dengan teknik pengambilan foto yang mencerminkan profesionalitas tinggi (tidak hanya asal ambil dengan sudut pengambilan standar).
- Gunakan bahasa yang sesuai dengan sasaran, Jika kita menyasar anak muda maka bahasa yang dipakai tentu bahasa yang sangat akrab dengan anak muda. Kita juga sanggup memakai bahasa tempat bila memang produk yang kita promosikan akan ditujukan di tempat tertentu.
- Sangat penting bagi kita memilih waktu yang sempurna untuk membuatkan konten atau promosi. Pengguna media umum akan membuka media umum pada pagi hari ketika bangkit tidur atau sebelum berangkat beraktivitas yakni pukul (06.00-09.00), istirahat (11.00-14.00) atau final beraktivitas atau sebelum tidur (19.00-22.00).
Tapi dalam memakai media sosial, kita harus memperhatikan beberapa hal terutama bagi Anda yang ingin memanfaatkan media umum untuk pemasaran, antara lain :
- Jangan terlalu berharap terlalu besar dari penjualan melalui media sosial, alasannya pengguna media umum sebagai wadah untuk berteman maupun mempererat kekerabatan keluarga. Tujuan penggunaan media umum yaitu untuk membangun merk atau gambaran produk atau jasa, bukan hanya melulu meningkatkan penjualan atau sarana jual beli.
- Hindari menceritakan hanya wacana produk yang ingin kita pasarkan. Tentu akan sangat membosankan bila media umum yang kita bangkit hanya berisi promosi produk yang kita buat.
- Bangun persona produk dengan meminta tunjangan banyak sekali tokoh untuk mempromosikannya. Tokoh publik yang mempromosikan produk kita tidak harus berbicara keunggulan dari produk tersebut, tetapi menampilkan persona atau gambaran bahwa produk kita sanggup menemani kegiatan sehari-hari.
- Selain menciptakan konten yang menarik, kita juga perlu membangun percakapan yang interaktif layaknya sahabat ngobrol. Hal ini akan membangun kedekatan orang dengan produk kita.
- Membeli like dan follower belum tentu taktik yang baik untuk membangun gambaran produk, bahkan kini akun-akun abal-abal dibabat oleh Instagram, Youtube, Twitter atau yang lainnya.
- Hindari pembangunan pesan yang berpusat pada info produk, harga, tempat membeli dan promosi. Kita harus mengutamakan prinsip membangun interaksi, mengedukasi, mempunyai daya tarik, dan menciptakan orang sanggup merekomendasikan produk kita ke orang lain.
- Media sosial bukan satu-satunya cara memasarkan produk. Membangun interaksi yang sangat baik di media umum dan melaksanakan sesuatu yang berarti bagi masyarakat yaitu cara jitu untuk membangun gambaran produk yang peduli dan akrab dengan masyarakat.
Mudah-mudahan goresan pena ini bermanfaat bagi Anda semua. Tulisan ini dikutip dari Modul 4 TIK Untuk Kesempatan Kerja dan Wirausaha terbitan Empower Youth For Work.