Thursday, February 15, 2018

√ Kisi-Kisi, Soal Dan Kunci Balasan Bahasa Indonesia Smp Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013

Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Bagi bapak dan ibu guru Sekolah Menengah Pertama tidak terasa, sebentar lagi akan memasuki selesai semester genap. Biasanya bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan menciptakan soal untuk (PAT) Penilaian Akhir Tahun Ujian Akhir. 

Pada kesempatan ini kami akan membuatkan soal-soal yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk Penilaian Akhir Tahun khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester genap Kurikulum 2013 yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan jawabannya.

Berikut kumpulan Soal-soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester genap

I. Pilihan Ganda
1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
1) Kunang-kunang ialah sejenis serangga yang sanggup mengeluarkan cahaya yang terperinci terlihat ketika malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di seluruh dunia
2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi sanggup menimbulkan imbas panas sehingga mengakibatkan ai danau, sungai , dan bahari menguap ke udara.
3) Film 5cm ialah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diubahsuaikan dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
4) Ada yang menarik dari novel ini. Mungkin lantaran Pak Darwis Tere Liye ialah dosen dikampus saya, Universitas Indonesia. Maka latar yang ia sampaikan dalam novel ini benar benar saya rasakan layaknya dalam kehidupan nyata.
Paragraf yang termasuk teks ulasan ialah ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

Bacalah teks ulasan berikut ini dengan cermat! Jawablah soal nomor 2, 3, 4,!
Cerita Perahu Kertas karya Dewi Lestari merupakan novel yang dikemas secara menarik. Tema yang diangkat merupakan tema umum, yakni perihal persahabatan dan cinta. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa sehari hari yang sederhana sehingga praktis dipahami, tetapi tetap tidak kehilangan sisi estetiknya. Selain itu, novel ini sarat akan banyak sekali nilai kehidupan, usaha meraih cita cita, dan ideologi. Namun, cukup disayangkan lantaran penggambaran latar tempat dalam novel itu acapkali berubah-ubah sehingga memungkinkan pembaca mengalami kebingungan dalam mengikuti alurnya.
2. Objek dalam teks ulasan di atas adalah  ....
A. Teks ulasan buku, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan buku. Jika berupa buku nonfiksi, ulasan sebaiknya dilengkapi dengan alasan pendukung berkaitan dengan objek yang dibahas dalam buku yang dipertanggungjawabkan.
B. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan bidang perfilman.
C. Teks ulasan novel, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan novel disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan proses penulisan novel.
D. Teks ulasan cerpen, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan novel disertai alasan mendukung yang berkaitan dengan proses penciptaan karya sastra.

3. Kalimat yang menyatakan kekurangan karya menurut kutipan teks ulasan di atas adalah….
A. Tema yang diangkat ialah tema umum
B. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang terlalu sederhana
C. Novel ini tidak pertanda sisi estetik karya sastra
D. Penggambaran latar novel acapkali berubah-ubah

4. Keunggulan karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan di atas ialah ....
A. Gaya bahasa, nilai kehidupan C. Kemasan cerita, gaya bahasa
B. Kemasan cerita, tema  D. Tema, usaha hidup

5. Penulis menuangkan banyak amanat positif yang patut ditauladani. Salah satunya yaitu prinsip utama dalam menikahi perempuan bukan hanya lantaran kecantikan, nasab, maupun hartanya. Namun yang paling penting ialah iktikad dan ketaqwaan seorang perempuan tersebut. Namun sayang. kisah ini lebih ditujukan kepada para pembaca usia dewasa. Karena kalau untuk belum dewasa imajinasinya belum hingga untuk membaca novel ibarat ini.
Kelemahan disertai alasan yang sesuai dengan teks ulasan di atas adalah….
A. Anak anak tidak layak untuk membaca kisah tersebut lantaran tidak sesuai dengan imajinasi mereka
B. Tema kisah tidak sesuai untuk imajinasi anak anak
C. Bahasa yang dipakai dalam buku ini memakai bahasa orang cukup umur sehingga tidak cocok dibaca anak- anak
D. Cerita ditujukan pada orang cukup umur lantaran tema yang diangkat perihal pernikahan

6. Cermati teks ulasan berikut!
Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. Di dalamnya menceritakan perihal perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. Sebuah perjalanan yang disebabkan lantaran ia yang kehilangan cintanya. Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu ketika Belanda masih menjajah Indonesia.
Kutipan struktur teks ulasan di atas pertanda penggalan ….
A. Orentasi B. analisis    C. evaluasi    D. penafsiran

7. Novel Dilan ini menceritakan perihal kisah romansa anak remaja sekolah tahun 90-an. Para pembaca, apalagi bagi pribumi Bandung, ketika membaca novel ini akan ikut mencicipi bagaimana suasana Bandung tempo 90-an yang masih asri dengan pohonnya. Novel yang sangat sederhana, dengan alur narasinya yang praktis dipahami. Untuk gaya bahasa juga menyesuaikan tema remaja, khas anak remaja SMA. Dialog yang dikemas dalam novel ini menciptakan pembaca masuk dalam imajinasi. Ada memang beberapa obrolan yang dikemas terlalu singkat. Alur narasi memang bagus, tapi pada penggunaan katanya terdapat ketidak konsistenan.
Kutipan  novel tersebut pertanda penggalan ….
A. orentasi B. analisis C. kesimpulan D. evaluasi

8. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan usaha dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.Dalam novelnya menceritakan perihal sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona. Kisah tokoh tokoh tersebut akan embuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Kalimat yang memakai konjungsi penerang dalam teks ulasan di atas ialah ....
A. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata.
B. Novel ini mengusung tema persahabatan dan usaha dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
C. Dalam novelnya menceritakan perihal sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona.
D. Kisah tokoh tokoh tersebut akan menciptakan kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Bacalah kalimat berikut ini dengan cermat! Kemudian jawablah soal 9 dan 10 !
(1) Penulis, A. Fuadi, menggambarkan kehidupan di pesantren bagitu faktual sehingga banyak orang yang ingin tahu lebih dalam akan dunia pesantren sebagai sentra pendidikan Islam.(2) Sejak  awal cerita, penulis bisa menghadirkan kehidupan pesantren yang sangat kental dengan motivasi   perjuangan, keluarga dan persahabatan harapan sebesar apa pun bisa diraih.(3) Terdapat sedikit kekurangan, yakni dari titik puncak ceritanya yang tak begitu menonjol. (4) Ada kurang klarifikasi mengenai kehidupan dari beberapa tokoh di selesai cerita. (5) Namun, hal tersebut tidak mengurangi nilai moral yang bisa dipetik pembaca dari perjalanan kehidupan para tokoh (6) Buku ini patut dibaca oleh semua umur terutama kaum remaja dan banyak mengandung amanat.

9. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat nomor….
A. (1) B. (2) C. (3) D. (5)

10. Kalimat saran  pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (2) B. (3) C. (5) D. (6)

11. Paragraf di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah….
A. Pendidikan ialah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan sanggup dipakai sebagai watu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.
B. Sepanjang kurun 20 dan 21, gempa telah menjadikan banyak maut dan kerugian material yang sangat besar. Oleh lantaran itu, sanggup dikatakan bahwa tak pernah ada insiden alam lain dalam sejarah yang besar lengan berkuasa pribadi pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi insiden yang sangat ditakuti.
C. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu. Kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut. Ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri. Keempat, sehabis timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda. Kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau berguru sungguh-sungguh.
D. Adakah kata-kata sehat yang keluar dari verbal orang gila?" Ini pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan tanggapan yang rumit. Celakanya, tanggapan dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria Kusumadewa.

12. Bumi ialah tempat tinggal kita. Namun, ketika ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atsmofer. Hal ini mengakibatkan pemanasan global sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup insan di bumi. Salah satunnya ialah mencairnya es di kutub yang sanggup menutup semua daratan yang ada. Oleh lantaran itu, kita perlu menjaga bumi supaya terhindar dari pemanasan global.Cara pertama untuk menangguangi pemanasan.Cara pertama untuk menaggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Kemudian lestarikan hutan untuk mengatasi polusi udara.
Berdasarkan pada kutipan teks persuasi di atas, permintaan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca adalah….
A. Penulis mengajak pembaca untuk menjaga bumi dengan cara memakai energi alternatif dan melestarikan hutan.
B. Penulis mengajak pembaca untuk mengurangi mencairnya es kutub utara dengan cara menanggulangi pemanasan global.
C. Penulis mengajak pembaca untuk menanggulangi pemanasan global dengan cara memakai energi alternatif dan melestarikan hutan.
D. Penulis mengajak pembaca menanggulangi menipisnya ozon yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di bumi.

Cermati teks persuasi berikut! Kemudian jawablah soal 13,14, dan 15!
(1) Dewasa ini, teknologi internet semakin praktis diakses oleh siapa pun. (2) Internet memperlihatkan banyak manfaat yang berdampak positif bagi kehidupan. (3) Contohnya kita bisa sanggup banyak informasi, mempermudah komunikasi, bahkan banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis melalui internet. (4) Namun sayang, masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. (5) Contohnya, semakin maraknya penipuan, pembajakan, bahkan gres baru ini terkuak yakni adanya penculikan akhir interaksi di media umum dengan orang yang salah.
13. Pihak yang dimaksud oleh penulis dalam teks persuasi di atas adalah…
A. Khalayak umum C. Pengguna internet
B. Pengelola internet D. Pemilik akun media social

14. Pernyataan penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A. Internet praktis diakses oleh siapapun termasuk anak anak.
B. Internet banyak memperlihatkan manfaat tetapi sering disalahgunakan.
C. Maraknya penipuan, pembajakan, dan penculikan yang berasal dari internet.
D. Masyarakat harus cerdas memakai internet.

15. Fakta yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di atas ditandai dengan nomor…
A. (1) dan (3) B. (3) dan (5) C. (2) dan (4) D. (1) dan (4)
Cermati kalimat kalimat di bawah ini!
(1) Berbagai penelitian membuktikan bahwa menghirup asap rokok sanggup meningkatkan risiko timbulnya penyakit, ibarat kanker,serangan jantung, impotensi serta gangguan kehamilan.
(2) Banyak sekali kandungan rokok yang membahayakan badan kita.
(3) Hindari penggunaan rokok dan bendunglah rasa ingin tau kita lantaran penggunaan rokok tersebut sama sekali tidak bermanfaat bagi kehidupan kita.
(4) Marilah kita cintai diri dan orang orang di sekitar kita dari ancaman asap rokok.
(5) Sudah sepatutnya kita tidak mendekati, mencoba, apalagi memakai rokok.

16. Perbaikan urutan kalimat yang sempurna supaya menjadi teks  persuasi yang padu adalah….
A. (2), (1), (3), (5), (4) C. (2), (1), (5), (4), (3)
B. (1),  (2), (4), (5), (3) D. (1), (2), (5), (3), (4)

17. Kalimat nomor (1) pada Kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian…
A. Penegasan ulang lantaran kalimat tersebut berisi ungkapan untuk meyakinkan kembali pembaca perihal ancaman rokok.
B. Pengenalan informasi lantaran kalimat tersebut berisi pengantar atau penyampaian problem yang menjadi dasar goresan pena atau pembicaraan.
C. Rangkaian argumen lantaran kalimat tersebut berisi sejumlah fakta yang mendukung pendapat ancaman merokok.
D. Orentasi lantaran kalimat tersebut berisi citra umum topik atau hal yang akan diulas

Cermati teks berikut! Kemudian jawablah soal nomor 18, 19, dan 20!
Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang sempurna untuk menggambarkan keadaan insan kini ini. Saat ini banyak insan telah disibukan oleh teknologi ini sehingga tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat insan sebagai makhluk sosial.
Sebagaimana makhluk sosial, insan sangatlah membutuhkan insan lainnya, tetapi ketika ini, kita sudah melupakan itu semua. Kita lebih menentukan bermain dengan HP kita dibandingkan dengan teman-teman kita. Kita lebih menentukan bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar juga lebih menentukan berinteraksi di dunia maya daripada berinteraksi dengan orang-orang gres yang ada di sekitar kita.
18. Istilah teknologi yang dipakai pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. interaksi sosial B. Ponsel C. dunia maya D. teknologi

19. Kalimat yang memakai konjungsi kausalitas pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. Saat ini banyak insan telah disibukan oleh teknologi ini kesannya tanpa kita sadari telah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat insan sebagai makhluk sosial.
B. Sebagaimana makhluk sosial, insan sangatlah membutuhkan insan lainnya, tetapi ketika ini, kita sudah melupakan itu semua.
C. Kita lebih menentukan bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar.
D. Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang sempurna untuk menggambarkan keadaan insan kini ini.

20. Kalimat permintaan yang sempurna menurut kutipan teks persuasi di atas adalah.…
A. Ayo, kita manfaatkan teknologi internet dengan tepat.
B. Mari, kita berinteraksi dengan orang orang sekitar kita daripada dengan dunia maya.
C. Sebaiknya kita memakai media umum dengan bijak.
D. Seharusnya kita lebih lebih menentukan bermain dengan sahabat sahabat daripada dengan HP.

Perhatikan gambaran drama berikut kemudian jawablah soal nomor 21 dan 22!
Jo : Hey, jalan yang bener dong!  ( keluar dari kendaraan beroda empat )
Yuda : (tampak terkejut dan menguasai diri)  Maaf Pak
Jo : (melotot)  maaf, maaf !
(1) Bapak : Sudahlah Jo, ia sudah minta maaf kok, lagipula ayah buru buru nanti terlambat ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil)
Jo : Tidak bias, ia harus diberi pelajaran! (nyaris melayangkan tinju)
(2)  Bapak : Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah Nak!
Yuda : Terima kasih Pak!
(3)  Bapak : Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran)  Kamu jual lukisan?
Yuda : Iya Pak, ini lukisan kaca
(4)  Bapak : Sungguh gres kali ini saya melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kau menjual ini?
Yuda : Yang mana Pak ?
(5)  Bapak : Semuanya, Ah sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah
Yuda : Apa? Lima juta!
(6)  Bapak : Apa kurang ?
Yuda : Cu….kup Pak

21. Watak Yuda disertai bukti yang sempurna pada kutipan drama di atas adalah…
A. Penakut, buktinya ia tidak berani membalas kekasaran Jo yang hamper memukulnya.
B. Bertanggungjawab, buktinya ia tidak aib untuk meminta maaf pada Jo atas kesalahannya.
C. Pencinta seni, buktinya ia rela menjual lukisan di pinggir jalan.
D. Rendah diri, buktinya ai gugup ketika lukisannya ditawar lima juta oleh Bapak.

22. Bukti latar waktu  terdapat pada obrolan bernomor…..
A. (1) C. (4)
B. (3) D. (6)
Cermati teks drama berikut! Kemudian jawablah soal nomor 23,24, dan 25!
Senja pun menghampiri desa Kenok, Masut sedang duduk duduk di balai bambu dengan gurunya.
(1) Masut : Guru terimakasih banyak atas ilmu yang engkau berikan kepadaku, apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
(2) Guru    : Masut, Masut! Kamu harus tahu barang siapa yang mempunyai ilmu, walaupun sedikit harus diberikan kepada orang lain.
(3) Istri Masut : (Masuk membawa teh hangat) Akan lebih baik kalau mengobrol sambil minum Teh hangat.
(4) Guru        : bisa saja istri kau (tertawa)
(5) Masut : Mari diminum  Pak, mumpung masih hangat (mengambilkan teh untuk guru)
(6) Guru : Usaha kau kini kelihatan semakin sukses.

23. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang hanya berisi wawancang/dialog ditandai dengan nomor.…
A. (1) C. (3)
B. (4) D. (5)

24. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung/keterangan lakuan ditandai dengan nomor.…
A. (1) C. (2)
B. (3) D. (6)

25. Amanat  yang sempurna sesuai dengan kutipan teks drama  di atas adalah…
A. Kita harus menghormati mantan guru kita walaupun kita sudah sukses
B. Tuntutlah ilmu hingga ke negeri seberang supaya kita bisa menjadi sukses
C. Meski kita sudah sukses, jangan lupakan jasa guru
D. Kita harus lebih banyak memuji guru yang mendidik kita

Cermati kutipan teks drama berikut! Kemudian jawablah soal nomor 26, 27, 28, dan 29!
(1) Para pelaku :
Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun
Tritis : Gadis 18 tahun
(2) Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang. Terdapat banyak sekali perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan, si Jidul membersihkan meja dan kursi kursi.
(3) Pak Pikun : (muncul pribadi menuju ke arah Jidul ) Ayo ! Mana !Berikan kembali Padaku,! Ayo! Mana!
Jidul : (ber -ah uh, sambil memperlihatkan isyarat ketidak mengertiannya )
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu!Ayo Jidul kau sembunyikan di mana, heh?
Jidul : (ber ah uh semakin resah dan takut
Ibu : (muncul tergesa gesa) Eh, ada apa Pak Pikun ? Ada apa dengan Jidul ?
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu ! ia mencuri lagi Arlojiku hilang !
Ibu : Mencuri arloji ? Kamu mencuri Jidul ?
Jidul : (sambil ber ah uh menggoyang goyangkan kepala dan tangannya)
Pak Pikun : Mungkir , ya !padahal terperinci bu ! Tadi saya mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, kemudian ia masuk, entah mengapa. Lalu datang tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul)
Ibu : (melihat tanga Pak Pikun) O, arloj Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan ajudan itu punya siapa ? (tertawa)
Tritis : (Muncul dan pribadi ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!
(4) Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya. Dilepaskannya Si Jidul. Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si Jidul pun tertawa dengan caranya sendiri.
26. Bagian prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
27. Dialog yang pertanda penggalan resolusi pada teks drama di atas adalah…
A. Jidul : (ber ah uh semakin resah dan takut
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu! ia mencuri lagi Arlojiku hilang!
C. Ibu : (melihat tanga Pak Pikun) O, arloj Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji
yang Pak Pikun pakai di pergelangan ajudan itu punya siapa?
(tertawa)
D. Tritis : (Muncul dan pribadi ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja
Pak!

28. Kata sifat yang digunakan  menurut kutipan drama di atas adalah…
A. bodoh C. mungkir
B. hilang D. tertegun

29. Dialog yang menggunakan  kalimat perintah  pada kutipan drama di atas ialah …
A. Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu! Ayo!
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani bu ! ia mencuri lagi Arlojiku hilang!
C. Pak Pikun : (muncul pribadi menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana!Berikan kembali padaku!
Ayo! Mana!
D. Tritis : (Muncul dan pribadi ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!

30. Paragraf yang merupakan teks nonfiksi adalah…
A. Fitri yakin, yang mengambil uangnya bukan Tineke walaupun uangnya ditemukan di tas Tineke. Tineke berusaha tidak terpancing dengan usikan teman-temannya dan menenangkan hati dengan membaca buku. la ingin sekali problem ini cepat selesai tetapi ia tidak ingin menyusul Fajar yang sedang bersarapan di kantin, ia tetap menunggu di kelas.
B. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi saya tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku semenjak itu, termasuk yang itu.
C. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
D. Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih bersahabat disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia. Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih''. Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, sehabis mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.

31. Cermati kutipan kisah fiksi berikut!
Mohammad-san inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami hingga di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah  tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?”
Paragraf di atas termasuk teks fiksi karena…
A. Ditinjau dari struktur teks, paragraf  tersebut memiliki  unsur  tema dan tokoh
B. Struktur teks bersifat sistematis menurut fakta yang ada
C. Narasi dan obrolan memakai ragam bahasa baku
D. Pengunaan pribahasa untuk memperjelas atau membandingkan suatu hal

Perhatikan daftar indeks buku berikut! Jawablah soal nomor 33 dan 34!

32. Berdasarkan kutipan indeks tersebut, sanggup ditemukan bangunan bersejarah yaitu ...
A. Candi Mendut B. Ciliwung yang Manis
C. Cipanas D. Carosta, Yose

33. Indek buku di atas di tulis menurut pada….
A. Topik C. Pengarang
B. Judul                          D. Halaman indek

34. Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Agusta, Leon 307
Ayatrohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144,
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195
Pernyataan yang benar menurut kutipan indeks di atas ialah . . . .
A. Indeks tersebut hanya memuat informasi perihal pengarang.
B. Informasi perihal puisi Aku karya Chairil Anwar ada pada halaman 41, 59, 71,141
C. Informasi perihal Leon Agusta sanggup ditemukan pada halaman 207.
D. Informasi perihal alira-aliran dalam penulisan puisi sanggup ditemukan pada sejumlah halaman.

35. Cermati teks fiksi berikut!
(1) Pengkonsumsi beras akingku ialah masyarakat miskin yang tidak bisa lagi membeli beras yang harganya sudah menggila”
(2) “Usahaku ini ialah solusi untuk mereka dan cacing-cacing itu.Ya , makan nasi aking ialah sebuah pilihan rakyat-rakyat miskin untuk  tetap hidup.”
(3) “Ya… untungnya dua ratus lah,itu dari perliternya.Tapi niat saya nolong, Pak.”
(4) “Aku menjual harga beras akingku berbeda-beda.Untuk beras yang butirannya masih utuh saya jual Rp.1.500 per liter.Butiran yang masih terbelah lima puluh persenaku hargai Rp.1.100 perliter, dan untuk yang banyak belahannya saya hargai Rp. 800 perliter.
Kalimat yang memakai makna kias  pada teks fiksi tersebut  ditandai dengan nomor....
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4

Cermati teks fiksi berikut kemudian jawablah nomor soal 36, 37, 38, 39, dan 40 !
“Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang bertangan besi  ibarat Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Dan sudah tentu, juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang tega membunuh santri-santri. Sistem-sistem ibarat itu mengandung bibit-bibit kekerasan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang tidak bersalah! Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah lembut, sopan, penuh tatakrama dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar.
36. Makna ungkapan pada kata bercetak miring di atas ialah …
A. diktaktor C. kejam
B. kekerasan D. tega

37. Kemenarikan tema  pada teks kisah di atas ialah ….
A. Lantip yang lembut dan sopan menjadi keras ketika membicarakan 3 sistem kekuasaan
B. Menyamakan sistem kekuasaan Hilter, Mussolini, dengan kekuasaan Amangkurat
C. Saya yang terkejut mendengar kemarahan Lantip
D. Diskusi antara saya dan Lantip

38. Penggunaan  diksi yang menarik dalam teks fiksi di atas adalah…
A. melahirkan C. Bibit kekerasan
B. Tega D. Sistem

39. Amanat dalam teks di atas adalah….
A. Jangan tanya apa yang negara berikan padamu tapi bertanyalah apa yang sudah kau berikan buat negara
B. Jadilah penguasa yang demokratis dan tidak bertangan besi
C. Seharusnya rakyat dan penguasa saling menghargai
D. Mengingatkan penguasa yang bertangan besi ialah kewajiban

40. Alasan kemenarikan amanat pada teks di atas ialah …
A. Seorang rakyat kecil mengerti perihal dunia politik internasional
B. Wawasan Lantip yang luas berkaitan dengan pemerintahan
C. Ketidapuasan Lantip pada pemerintahan Hitler dan Musolini
D. Lantip tidak menyukai pemerintahan Aamangkurat

II. URAIAN
Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
41. Suatu hari di perjalanan pulang dari sekolah, Ika memberhentikan sebuah bus untuk ditumpanginya hingga rumah. Saat didalam bus, penanya terjatuh dari kursi yang didudukinya. Lalu terdengar bunyi deheman disebelah kanan, segera dirapikan kembali duduknya tanpa memungut pena tersebut. “Hem!” getar bunyi itu lagi untuk kedua kalinya. Ika melirik pemilik suara. Hop! Dia lagi! Rasanya ingin kuterjang badan besarnya kemudian lari melesat ke kursi lain atau malah melompat dari bus kalau saja tangannya yang kokoh itu tidak mencegah niatku. Kelancangannya, keisengannya, digombali dan dikejar-kejar yang membuatku menjadi kesal dan malah keki sendiri tiap kali bertemu ataupun melihatnya. Dia bilang kalau tindakkannya ketika itu tidak disengaja. Teman-temannya yang mengajarinya, blaa…bla… saya tak menanggapi penjelasannya. Namun saya jadi karam pada insiden yang diungkitnya itu. Yaaa.. perjaka yang duduk disampingku ini. Cowok yang memaksaku untuk berkenalan. Cowok yang tempo hari ketika dikelas melemparkan secarik kertas kepadaku yang bertuliskan “Kamu manis, mau gak jadi cewekku?” . Aku melongok ke belakang, samping kiri dan kanan mencari si penulis kalimat itu. Segerombolan perjaka yang duduk dipojokan tertawa riuh. Mereka ibarat sengaja memancing kemarahanku.
Buatlah analisis kekurangan dan kelebihan dari kutipan cerpen di atas!

42. Cermati teks persuasi berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit gres yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam badan kita. Jika sistem imun di dalam badan melemah, maka badan praktis sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan-makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, ketika ini telah banyak penjual makanan-makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya kegiatan menciptakan kita tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Padahal oaharaga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, badan menjadi lemah sehingga praktis terserang virus-virus yang ada di sekitar kita. Oleh lantaran itu, marilah kita menerapkan rujukan hidup sehat supaya kita tidak praktis sakit dengan cara mengkonsumsi kuliner yang sehat dan berolahraga yang rutin.
Sebutkan penggalan struktur dari teks persuasi di atas! Jelaskan alasan dari jawabanmu!

43. (1) Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar
(2) Sita : kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?
(3) Sita : soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum saya kerjakan
(4) Banu : Din, saya minta tanggapan soal nomor  5 dan 6!
(5) Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 saya belum
(6) Dini : A dan C
(7) Budi : Belum, tinggal 3 soal lagi
(8) Banu : Bud,kamu sudah selesai?
(9) Banu : Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama
(10) Budi : Tidak Bisa Ban,
(11) Dini : Iya Bud, kita harus kerja sama
(12) Banu : Aku minta tanggapan nomor 15 hingga 20 Bud!
(13) Adi : Iya, kau kan yang paling berilmu disini bud  !
(14) Sita : “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”
(15) Budi : tapi bukan kerjasama ibarat ini teman-teman, Mencontek atau pun memberi contek
adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek lantaran dosa, begitu
pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”
Susunan  kembali obrolan acak  di atas supaya menjadi teks drama yang baik!

44. Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis.
Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di kawasan Senen Raya Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium. Walau ia harus mmebagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun Chairul bisa menuntaskan kuliah nya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar Sarjana kedokteran dibelakang namanya. Namun lantaran darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi. Chairul kemudian lebih memantabkan bisnisnya dengan mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank Exim sebesar 150 juta.
Menurut pendapatmu kutipan teks di atas termasuk pada teks fiksi atau non fiksi? Sertakan alasan dari jawabanmu!

45. Cermati Kutipan Teks Fiksi berikut !
Alangkah pedih hati Salamah. Marni sesungguhnya ingin meminta sesuatu kepadanya. Tapi takut. Takut mengundang amarahnya. Tapi tidak sayangku, bisik Salamah dalam hati. Kau terlalu baik anakku. Kau tidak melawan kalau saya tidak memberimu uang. Kau tidak minta apa-apa lantaran kau tahu betul betapa ibumu ini melarat. Melarat sekali. Kau tidak pernah merengek minta dibelikan mainan. Anakku, ini yang menciptakan saya begitu terenyuh kepadamu. Kau begitu tabah menghadapi hidup kita yang sengsara ini, Marni. Salamah menatap anaknya yang berdiri di depan tukang loak. Dengan keberanian yang luar biasa,Salamah menanyakan berapa harga sandal jepit bekas itu.
“Dua ratus rupiah,” jawab tukang loak dengan hirau tak acuh.
Hatinya semakin teriris. Sedangkan Marni memandang sandal itu dengan mata berkilat-kilat. Alangkah sedihnya hati Salamah. “Seratus rupiah, Bang,” tawarnya.
Tukang loak itu tak menjawab, cuma menggelengkan kepalanya. Congkaknya orang itu. Salamah tak segera beranjak dari tempatnya.
Jelaskan kemenarikan tokoh dalam teks fiksi di atas!

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh soal, kisi-kisi dan kunci tanggapan Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 :
Soal Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini 
Kisi-kisi Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 unduh di sini



Sumber http://www.didno76.com