Soal PAT PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 |
Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 – Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada kurikulum 2013 atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada kurikulum 2006, sekarang memasuki hari ketiga yakni Hari Rabu 15 Mei 2019 dilaksanakan PAT dengan mata pelajaran yang diujikan yakni PPKn dan Seni Budaya.
Pada kesempatan ini kami menyebarkan soal PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 beserta kunci balasan yang mudah-mudahan bermanfaat bagi penerima didik untuk penilaian diri, dan bapak atau ibu guru untuk analisis soal sehabis PAT.
Berikut Soal dan Kunci Jawaban PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 :
I. Pilihlah balasan yang paling tepat.
1. Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan lantaran tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan sanggup mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh lantaran itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya sanggup dilakukan melalui obrolan dan kolaborasi dengan prinsip …
A. kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian
D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
2. Perkembangan budaya di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan masyarakat dan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh …
A. kondisi negara kepulauan
B. keadaan transportasi dan komunikasi
C. perbedaan kondisi alam
D. letak strategis wilayah Indonesia
3. Perhatikan pernyataan berikut ini :
1) Letak strategis wilayah Indonesia
2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda
3) Kondisi Negara kepulauan
4) Perbedaan kondisi alam
5) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian
6) Keadaan transportasi dan komunikasi
Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor …
A. 1,2,3, dan 4 C. 2,3,4, dan 5
B. 1,3,4, dan 6 D. 3,4,5, dan 6
4. Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan memakai pakaian adat. Putri akan akan memakai pakaian susila tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian susila dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian susila yang digunakan siswa kelas 7 merupakan potongan …
A. ras B. agama C. suku bangsa D. multi kulturalisme
5. Gambar rumah susila disamping berasal dari propinsi…
A. Aceh
B. Sumatera Utara
C. Kalimantan Barat
D. Sumatera Barat
6. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India
2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat
3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa
4. Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia
5. Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina
Pernyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
A. 1, 2, 4 B. 1, 2, 5 C. 1,3, dan 4 D. 1,3, dan 5
7. Dyah mempunyai kulit sawo matang , badan tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat muda, sedangkan Ayu mempunyai kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwarna cokelat tua. Perbedaan ciri-ciri fisik tersebut disebut ...
A. Ras B. Budaya C. golongan D. suku bangsa
8. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan apabila dikelola dengan baik merupakan …
A. mendorong percepatan pembangunan daerah
B. sumber pendapatan di daerah-daerah
C. kekayaan bangsa yang sangat berharga
D. modal pokok dalam pembangunan nasional
9. Bangsa kita yakni bangsa yang majemuk, artinya bahwa bangsa kita terdiri dari banyak sekali macam suku, agama, ras dan antar golongan. Keberagaman ini mempunyai pengaruh negatif dan pengaruh positif.
Dibawah ini merupakan salah satu pengaruh positif dari keberagaman bangsa Indonesia, yaitu....
A. adanya ketidakharmonisan dalam korelasi kemasyarakatan
B. memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia
C. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah
D. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat
10. Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun bermacam-macam …
A. suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia
C. Indonesia negara majemuk, tetapi bisa hidup rukun
D. peraturan tetapi tetap menjunjung aturan nasional
11. Negara Indonesia terdiri dari wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang hingga Merauke. Indonesia mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat berdiamnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan susila istiadat. Arti penting keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan, bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah....
A. penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan
B. penyebab maraknya agresi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat
C. keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan
D. keberagaman merupakan duduk kasus biasa yang tidak perlu dibahas
12. 1. Melaksanakan aliran agama yang dianutnya dengan baik dan benar
2. Mengikuti program ibadah agama orang lain untuk memperlihatkan toleransi
3. Melarang umat beragama lain melaksanakan ibadah
4. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain
5. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
Yang merupakan wujud sikap toleransi dalam kehidupan antar umat beragama pada masyarakat yang bermacam-macam ditunjukkan dengan nomor....
A. 1, 2 dan 4 C. 1, 3 dan 4
B. 1, 3 dan 5 D. 1, 4 dan 5
13. Jefri yakni pelajar di sekolah favorit, yang kebanyakan siswanya berasal dari keluarga mampu. Jefri terpilih menjadi ketua kelas, padahal Jefri berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari dongeng di atas, memperlihatkan bahwa di sekolah Jefri telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar...
A. umat beragama C. suku
B. golongan D. daerah
14. Kerja sama dalam mengusir penjajah untuk meraih kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, susila istiadat, agama merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam hal.....
A. berkompromi dengan penjajah C. mempersatukan perbedaan yang ada
B. berdialog dengan penjajah D. membentuk organisasi politik
15. Bentuk kolaborasi atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sanggup tampak dalam kehidupan ….
A. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan kehidupan umat beragama
B. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan sistem peradilan
C. hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan kehidupan umat beragama
D. perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, dan kehidupan umat beragama
16. Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea …
A. pertama B. kedua C. ketiga D. keempat
17. Gotong royong yakni kerjasama yang dilakukan sejumlah warga masyarakat untuk menuntaskan kiprah atau pekerjaan. Sikap gotong royong yakni bekerja sama-sama dalam menuntaskan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Kelebihan gotong royong dibandingkan bentuk kolaborasi yang lainnya yakni …
A. dilakukan tanpa pamrih C. dilakukan dalam banyak sekali kegiatan
B. dilakukan secara bersama D. hasil yang didapat menguntungkan semua pihak
18. Di sebuah kampung, ada acara yang rutin dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan ini dilakukan secara tolong-menolong untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung, dan lapangan yang ada di kampung tersebut. Hal ini memperlihatkan bentuk gotong royong, yaitu …
A. tolong menolong C. kerja sosial
B. gugur gunung D. kerja bakti
19. Musyawarah untuk mufakat merupakan cerminan dari pelaksanaan sila ke-4 Pancasila yang pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan. Gambar tersebut di atas merupakan bentuk kerjasama dalam kehidupan …
A. keamanan dan pertahanan
B. sosial politik
C. ekonomi
D. umat beragama
20. Dalam pasal 33 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan “. Hal ini berarti dalam acara usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil. Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang dibutuhkan dalam pasal ini yakni …
A. Firma C. Koperasi
B. BUMN D. CV
21. Sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat lantaran adanya jurang pemisah akhir perbedaan suku bangsa, susila istiadat, agama dan bahasa daerah. Sikap tersebut dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat harus dihindari termasuk sikap tidak terpuji yang disebut …
A. fanatik sempit C. eksklusivisme
B. individualis D. primordialisme
22. Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan …
A. kekuatan untuk menghadapi pemberontakan dalam negeri
B. kekuatan untuk menghadapi serangan bangsa asing
C. kekuatan untuk mencapai tujuan nasional
D. modal utama pelaksanaan pembangunan
23. 1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan
Arti pentingnya kerjasama ditunjukkan dengan pernyataan nomor …
A. 1,2, dan 3 C. 1,3, dan 4
B. 1,2, dan 4 D. 2,3, dan 4
24. Mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sanggup dilakukan dengan cara....
A. membantu kiprah tentara dikala negara berperang
B. mematuhi peraturan perundang-undangan
C. ikut piket di kantor polisi jikalau polisi sedang sibuk
D. mengumpulkan dana untuk membeli senjata api
25. Negara Republik Indonesia mempunyai banyak penganut agama yang perlu dilindungi oleh negara dan perlu dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan. Di bawah ini manakah sikap yang memperlihatkan sikap bekerja sama antar umat beragama....
A. membantu orang lain yang sama-sama memahami agama
B. menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama
C. menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara
D. menghormati umat seagama dan berbeda agama
26. Contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan...
A. kebersihan lingkungan sekolah
B. peningkatan kompetensi guru
C. menggali sumber dana pendidikan
D. perkemahan pramuka terpadu
27. Proklamasi memperlihatkan makna rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajah. Hal ini merupakan makna proklamasi dari aspek …
A. sosiologis C. politis
B. psikologis D. kultural
28. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat aturan susila beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pernyataan tersebut yakni suara dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal...
A. 18A ayat 2 B. 18B ayat 2 C. 19 D. 17
29. Otonomi tempat yakni kewenangan tempat otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa sendiri berdasarkan....
A. kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah
B. aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan
C. anjuran pemerintah sentra yang diadaptasi dengan kondisi daerah
D. kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah
30. Berikut ini merupakan hak tempat dalam menyelenggarakan otonomi tempat yakni ….
A. pengelolaan seluruh kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah
B. mengadakan korelasi luar negeri dengan ijin presiden
C. mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan wilayahnya masing-masing
D. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
31. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam sanggup dikelolah oleh sumber daya insan yang dimiliki oleh tempat setempat biar tempat sanggup berkembang maju. Peran tempat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain....
A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam banyak sekali bidang kehidupan
B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan
C. mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah
D. membantu pemerintah sentra dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional
32. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang dibagi atas provinsi yang didalamnya dibagi atas kabupaten dan kota. Pemerintah tempat menjalankan otonomi seluas-luasnya demi kemajuan wilayahnya yang digali atas potensi tempat masing-masing. Kemajuan tempat akan lebih cepat tercapai apabila bangsa Indonesia mempunyai nilai....
A. persatuan dan kesatuan
B. kesetiakawanan dalam berteman
C. usaha dalam meraih cita-cita
D. kerukunan dalam menuntaskan masalah
33. Kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional disebabkan …
A. penduduknya sangat besar
B. wilayah Indonesia yang luas
C. usaha bersifat kedaerahan
D. kurang memanfaatkan potensi alam
34. Keterikatan tempat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan dengan disepakati bentuk negara kesatuan yang menghendaki....
A. terjadinya persamaan di dalam memakai bahasa tempat dan nasional
B. bersatunya seluruh wilayah Indonesia dalam satu negara
C. hilangnya perbedaan susila istiadat di tiap-tiap tempat di Indonesia
D. terciptanya keharmonisan korelasi rakyat dengan pejabat
35. Sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia sangat melimpah tersebar di banyak sekali tempat yang akan dipergunakan demi kepentingan rakyat. Kekayaan alam setiap tempat di Indonesia merupakan....
A. kekayaan bagi pemerintah pusat
B. kekayaan seluruh bangsa Indonesia
C. milik pemerintah tempat setempat
D. milik pihak-pihak yang mengelola
36. Bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, merupakan suara Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal...
A. 33 ayat (1) C. 33 ayat (3)
B. 33 ayat (2) D. 33 ayat (4)
37. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia pernah terjadi upaya untuk mengganti bentuk negara. Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah…
A. republik C. federal
B. monarki D. kesatuan
38.Nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara demi tegaknya NKRI adalah....
A. setiap warga negara mempunyai kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat
B. setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah
C. setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam membela negara jikalau memang benar-benar dibutuhkan
D. setiap orang diberi kesempatan membela negara jikalau menguntungkan dirinya
39. Doni yakni mahasiswa di suatu universitas terkemuka dikotanya. Doni ingin ikut berpartisipasi dalam usaha bela negara. Salah satu usaha bela negara yang sanggup Doni lakukan sebagai mahasiswa adalah…
A. ikut pembinaan dasar kemiliteran ( Menwa )
B. ikut organisasi anarkhis
C. melaksanakan demonstrasi di depan Istana Negara
D. menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil
40. Kirana berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Kirana selalu menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan Kirana merupakan bahaya dari bidang sosial dan budaya yang memperlihatkan adanya sikap …
A. etnosentrisme C. konsumerisme
B. nasionalisme D. primordialisme
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Jelaskan perbedaan kondisi alam sanggup menimbulkan keberagaman masyarakat Indonesia !
42. Berikan alasan keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi ( kekayaan bangsa ) !
43. Tuliskan 2 ( dua ) nama lain gotong royong di Indonesia !
44. Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah !
45. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dilihat dari aspek aturan !
Soal PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini
Kunci Jawaban PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini
Courtesy :
Guru-guru MGMP Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Indramayu Seluruh Mata Pelajaran