Soal PAT PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 |
Soal dan Kunci Jawaban PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 – Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada kurikulum 2013 atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada kurikulum 2006, kini memasuki hari ketiga yakni Hari Rabu 15 Mei 2019 dilaksanakan PAT dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu PPKn dan Seni Budaya.
Pada kesempatan ini kami membuatkan soal PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 beserta kunci jawaban yang mudah-mudahan bermanfaat bagi akseptor didik untuk penilaian diri, dan bapak atau ibu guru untuk analisis soal setelah PAT.
Berikut Soal dan Kunci Jawaban PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 :
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melaksanakan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi gres ke seluruh dunia pada kurun ke-15 yaitu ....
A. mencari kawasan gres untuk dikuasai
B. rusaknya ekonomi Eropa akhir peperangan
C. melaksanakan perdagangan dengan belahan dunia yang lain
D. menyebarkan agama
2. Di banyak sekali daerah, VOC melaksanakan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu ....
A. politik balas budi C. politik etis
B. politik tebas pilih D. politik laga domba
3. Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada ketika Gubernur Jenderal ....
A. Daendels C. Van Deventer
B. Van Den Bosch D. Baron Van Houvell
4. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan flora yang ditentukan oleh pemerintah dan balasannya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan ....
A. kerja rodi C. politik etis
B. devide et impera D. cultuur stelsel
5. Penderitaan bangsa Indonesia menumbuhkan benih perlawanan di banyak sekali daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu satria yang berjulukan Sultan Hasanuddin berasal dari ....
A. Maluku C. Sulawesi Selatan
B. Goa D. Lombok
6. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang usaha lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi usaha sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan ....
A. 20 Mei 1908 C. 2 Mei 1928
B. 20 Mei 1928 D. 2 Mei 1908
7. Tujuan dari Organisasi Budi Utomo yaitu ....
A. mempersatukan bangsa Jawa
B. mempertinggi derajat bangsa Indonesia
C. membebaskan Indonesia dari kemiskinan
D. persamaan hak dan warga negara
8. Tokoh-tokoh Kebangkitan Nasional muncul alasannya jadwal Politik Etis atau Politik Balas Budi yaitu....
A. transmigrasi C. vaksinasi
B. irigasi D. edukasi
9. Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan jadwal kerja yaitu Boedi Oetomo yang didirikan oleh ....
A. Dr. Soetomo C. Van Deventer
B. Himpunan Mahasiswa STOVIA D. Tirto Adi Soerjo
10. Wujud dari nilai persamaan derajat yaitu ....
A. kedaulatan berada di tangan rakyat
B. setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum
C. tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain
D. sarana dan prasarana yang bisa mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif
11. Yang bukan merupakan faktor pembentuk keunggulan bangsa Indonesia yaitu ....
A. sumber daya manusia C. pendapatan nasional
B. sumber daya alam D. kebudayaan
12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para cowok dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu....
A. menorehkan prestasi di banyak sekali bidang
B. bekerja keras
C. bekerja cerdas
D. tiada mengenal putus asa
13. Pada ketika ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong semoga Indonesia berdiri kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan berdikari serta ....
A. sanggup mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju
B. sanggup berdiri sejajar dengan bangsa lain
C. sanggup menjadi negara yang kompetitif
D. sanggup melawan ketidakadilan dunia
14. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para cowok untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.
Bagaimana usaha cowok untuk mempertegas jati diri bangsa....
A. menghormati perbedaan dalam masyarakat
B. menghilangkan sikap dan anggapan semua orang akan berbuat jahat
C. memahami simbol-simbol negara
D. berguru lebih keras dan cerdas untuk mencapai cita-cita
15. Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya yaitu ....
A. semoga persatuan dan kesatuan bangsa sanggup terjaga
B. semoga kita bisa menjajah bangsa lain
C. semoga bangsa Indonesia bisa menakuti dunia
D. semoga negara Indonesia menjadi negara adikuasa
16. Dengan semangat sumpah pemuda, kita harus mengasihi tanah air dengan....
A. mengembangkan kebudayaan daerah
B. memegang teguh Bhineka Tunggal Ika
C. memelihara lingkungan bebas narkoba
D. hidup bersama dengan banyak sekali suku bangsa
17. Makna dari kalimat kedua dalam sumpah cowok adalah....
A. memegang teguh prinsip bersatu "tanah air Indonesiaku"
B. cowok pemudi Indonesia ikrar bersama sama
C. bersatunya suku-suku bangsa Indonesia
D. bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu
18. Perhatikan Pernyataan Berikut ini
(1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
(2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
(3) Mendirikan sekolah umum
(4) Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1, 2 dan 4 C. 2, 3 dan 4
B. 1, 3 dan 4 D. 1, 2 dan 3
19. Sumpah cowok telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga sanggup diraih cita citanya yaitu... .
A. ikrar sumpah pemuda
B. proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. berjuang bersama, bersatu
D. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
20. Pengaruh sumpah cowok 28 Oktober 1928 bagi usaha bangsa Indonesia adalah....
A. membangkitkan kesadaran nasional
B. memperkuat semangat dan tekat para cowok untuk bersatu
C. Belanda bersikap lunak kepada p0juang Indonesia
D. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
21. Nusantara merupakan tempat berlindung dan tanah air yang wajib kita bela dan pertahankan. Sebagai seorang cowok dan pemudi jangan hingga kita biarkan nusantara ini terpecah boleh akhir serangan gila maupun alasannya ulah diri kita sendiri. Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah pemuda....
A. satu tanah air C. satu bahasa
B. satu nusa D. satu bangsa
22. Makna kalimat kedua dalam sumpah pemuda....
A. mengakui cowok dan pemudi Indonesia
B. mengakui tanah air Indonesia
C. mengakui bahasa Indonesia
D. mengakui bangsa Indonesia
23. Ikrar sumpah cowok yaitu hasil keputusan dari kerapatan tanggal 28oktober 1928, dalam....
A. kongres sumpah cowok C. kongres cowok II
B. kongres cowok I D. rapat cowok Indonesia
24. Sumpah cowok menegaskan bahwa bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan bahasa Indonesia berfungsi sebagai.... antar suku.
A. bahasa negara C. alat edukasi
B. bahasa pengantar D. alat komunikasi
25. Perhatikan kalimat di bawah ini !
(1) Mau menjenguk orang sakit
(2) Saling membantu dalam kebaikan
(3) Tidak menjelek-jelekkan orang lain
Kalimat di atas merupakan pola pengamalan sumpah cowok yang mengandung nilai....
A. kerukunan C. cinta damai
B. kerjasama D. tanggung jawab
26. Petikan dari Ir Soekarno "berikan saya 10 orang cowok akan kuangkat gunung, dan 100 orang cowok akan saya ubah dunia"
Kalimat diatas mengandung makna ....
A. perubahan daerah, dan dunia dipengaruhi potensi penduduknya
B. perubahan diberbagai kawasan tergantung pada potensi pemuda
C. keberhasilan pembangunan bukan alasannya pemuda
D. cowok yaitu tulang punggung bangsa
27. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu ....
A. sejarah, agama, kepanduan, bahasa dan kemauan
B. sejarah, bahasa, aturan adat, pendidikan, kemauan
C. kemauan, agama, pendidikan, susila dan bahasa
D. aturan adat, agama, kemauan, kedisiplinan, sejarah
28. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu alasannya ....
A. bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika
B. pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
C. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
D. dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan bisa menghilangkan keanekaragaman
29. Burung Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila bermakna yaitu ....
A. hubungan insan satu sama lain
B. kesatuan dan persatuan Indonesia
C. cahaya kerohanian bagi setiap manusia
D. orang-orang berdiskusi dan berkumpul
30. Perhatikan Pernyataan Berikut ini :
1) Bahasa resmi kenegaraan,
2) Pengantar pendidikan,
3) Komunikasi internasional,
4) Pengembangan kebudayaan nasional,
5) Transaksi dan dokumentasi niaga,
6) Sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
7) Bahasa media massa
Fungsi bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor ....
A. 1, 2, 3 4, 5 dan 6 C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
B. 1, 2, 3, 4, 6 dan 7 D. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7
31. Salah satu pola semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...
A. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
B. terus berjuang dan pantang mengalah untuk membela tanah air
C. melaksanakan demonstrasi untuk petinggi semoga memperjuangkan
D. menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri
32. Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan eksklusif atau golongan, yaitu ....
A. ikut bekerja bakti di sekolah
B. bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
C. membantu korban tragedi alam
D. mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
33. Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air sanggup diwujudkan dengan cara antara lain ....
A. ulet berguru demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara
B. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
C. menghafalkan sejarah usaha para satria masa lalu
D. mendalami banyak sekali bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
34. Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religius)
A. memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
B. tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
C. menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya
D. membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi
35. Rasa kecintaan dan kesetiaan seorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tata cara kebiasaan, pujian terhadap sejarah dan kebudayaannya, dan sikap darma demi kesejahteraan bersama, merupakan pengertian dari ....
A. patriotisme C. nasionalis
B. demokrat D. pahlawan
36. Equality before the law mengandung makna ....
A. aturan yang lebih rendah harus mengacu pada aturan yang lebih tinggi
B. setiap warga Negara mempunyai persamaan kedudukan di depan hukum
C. aturan menjunjung tinggi adanya perbedaan pendapat
D. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada aturan yang berlaku
37. Sikap dan sikap yang patuh dalam melaksanakan anutan agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nilai-nilai pendidikan karakter....
A. jujur C. disiplin
B. toleransi D. religius
38. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter... .
A. religius C. toleransi
B. jujur D. disiplin
39. Terjadinya musibah petaka di beberapa kawasan beberapa waktu kemudian telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk membuatkan dalam kejadian tersebut dengan kehidupan sehari-hari yaitu ....
A. melatih rasa simpati dan tenggang rasa atas penderitaan orang lain
B. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang
C. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain
D. membuat optimisme hidup setelah mengalami tragedi alam
40. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2) Kesiapan sosial budaya
3) Menjaga kelestarian lingkungan
4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan sikap menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .
A. 1 dan 2 C. 3 dan 4
B. 2 dan 3 D. 1 dan 4
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Jelaskan perbedaan usaha sebelum tahun 1908 dengan usaha setelah tahun 1908 !
42. Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !
43. Pada masa usaha sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para p0juang sanggup membuat persatuan bangsa, apa upaya yang sanggup dilakukan cowok kini dalam membuat persatuan bangsa dengan banyak sekali akomodasi ibarat ketika ini ?
(Tuliskan 4 pola upaya)
44. Bacalah dongeng di bawah ini:
Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa ia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu sekolah tinggi tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.
Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia !
45. Bangsa Indonesia yang mempunyai sumber daya alam dan insan yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ?
(Tuliskan 4 pola upaya)
Soal PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini
Kunci Jawaban PAT PPKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini
Courtesy :
Guru-guru MGMP Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Indramayu Seluruh Mata Pelajaran