Tuesday, December 19, 2017

√ Mengenal Dan Mempelajari Main Activity Di Android Studio

komputerdia.com - Apa itu Main Activity ? Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Main Activity berarti Aktivitas Utama. Lalu apa hubungannya acara utama dengan android studio? Pada dasarnya sebelum kalian membuat suatu aplikasi android dengan memakai Android Studio.

Sebelumnya kalian juga harus mengenal dengan baik apa itu android studio ? Tools apa sajakah yang terdapat di android studio ? dan kalian juga harus sanggup mengenali apa yang disebut dengan user interfaces .

Seperti yang kalian ketahui, bahwa untuk membangun sebuah User Interface pada Aplikasi Android. Sampai ketika ini, kita sanggup melaksanakan dengan dua cara, yaitu :
  1. Pertama membangun secara dinamis,dengan bahasa pemrograman (programatically ex= Java ) 
  2. kedua membangun dengan cara layouting , atau dengan cara statis (XML). 
Dalam kesempatan ini juga, secara khusus aku akan mencoba menjelaskan apa itu MainActivity , bila kalian sudah memahami bahasa acara Java.  Otomatis kalian sudah sanggup memahami  codingan logic dari MainActivity.j4va , yang membedakan hanyalah berbeda kumpulan class atau library nya saja.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Main Activity berarti Aktivitas Utama √ Mengenal dan Mempelajari Main Activity Di Android Studio

Penjelasan Main Activity Secara Spesifik

Jika melihat pola kerja utamanya, Activity merepresentasi satu layar dengan user interface. sebagai tumpuan sederhana, Sebuah aplikasi email yang telah kita ketahui mempunyai activity yang mengatakan daftar email baru, dan activity lainya menyerupai menulis,membaca email, mengirim email serta menghapus email.

Jika kalian sudah mempelajari bahasa pemrograman c, c++, dan j4va niscaya kalian akan melihat acara tersebut, selalu dimulai dengan function main(). Hal ini sangat mirip, pada aplikasi android, acara dimulai dengan method callback onCreate().

Method onCreate ialah salah satu Method secara default(bawaan) ,yang berasal dari Class AppCompatActivity ,yang dipakai untuk membuat Activity pertama kali ,dengan cara overriding.
Saat Aplikasi dijalankan pertama kali, Berisi tipe data Bundle ,dan juga parameter savedInstanceState. Keyword super  pada Bahasa Permrograman Java ,   berfungsi sebagai variable referensi class , yang dipakai untuk rujukan dari Super Class atau Parent class .

Urutan method callback dari mulai activiy hingga berakhirnya activity sanggup dilihat pada diagram activity lifecycle, menyerupai ada gambar dibaah ini :
 Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Main Activity berarti Aktivitas Utama √ Mengenal dan Mempelajari Main Activity Di Android Studio
Sumber : https://teknorial.com/
Dibawah ini ialah beberapa daftar mengenai method callback yang harus kalian perhatikan dan harus kalian mengerti, biar kalian sanggup membuat suatu aplikasi yang sanggup diterima dan sesuai dengan keinginan para pengguna.

Method Description
onCreate() Method ini pertama kali dipanggil ketika activity pertama dimulai.
onStart() Method ini dipanggil ketika activity sudah terlihat pada user.
onResume() Method ini dipanggil ketika activity mulai berinteraksi dengan user.
onPause() Method ini Dipanggil ketika activity berhenti sementara tidak mendapatkan inputan user dan tidak mengeksekusi arahan apapun.
onStop() Method ini dipanggil ketika activity sudah tidak terlihat pada user.
onDestroy() Method ini dipanggil sebelum sebuah activity di matikan.
onRestart() Method ini dipanggil sesudah activity berhenti dan ditampilkan ulang oleh user.


Mengenal Main Activity.Java

Sebagai langkah awal silahkan kalian buka aplikasi android studio kalian dan silahkan kalian buat Project baru , maka kalian akan diarahkan pada halaman MainActivity.j4va kosong, atau istilah trendnya dikenal dengan halaman Hello World , dan berikut ini ialah tampilan awal dari main activity.j4va.

 Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Main Activity berarti Aktivitas Utama √ Mengenal dan Mempelajari Main Activity Di Android Studio

Sebagai langkah tindak lanjut dari gambar diatas, silahkan kalian perhatikan klarifikasi lengkap dari poin-poin yang aku berikan angka pada gambar diatas :
  • MainActivity.j4va
    Nama codingan file j4va harus sama dengan nama class. Kaprikornus bila kalian mempunyai nama class MainActivity , codingan file harus sama dengan nama class yaitu MainActivity.j4va .
  • Package com.okedroid.contohaplikasi
    Sebuah alamat direktori dan pengelompokan ,codingan file-file Java. Jika kita sedang menyebarkan Aplikasi yang Kompleks,kita akan membutuhkan banyak package, yang sesuai dengan ,Aplikasi yang sedang kita kembangkan.
  • Import android.os.Bundle
    Kumpulan class atau library dari Bundle dipakai untuk meneruskan atau membagi data, antar Activity ,dan juga Komponen Aplikasi lainya di Android. Yang dimana menyerupai pada gambar diatas ,digunakan untuk menyimpan state ,dari Aplikasi yang sedang di jalankan.

    Import android.support.v7.app.AppCompatActivity; Kumpulan class atau library ,yang dipakai untuk mewariskan semua sifat-sifat dari Super Class AppCompatActivity ke dalam Sub Class MainActivity ,dengan cara overriding.
  • Public class MainActivity extends AppCompatActivity {
    Maksud dari poin no empat ialah kita mempunyai Sub Class yang berjulukan MainActivity  dengan keyword extends ,yang dipakai untuk mewariskan sifat-sifat yang ada di dalam Super Class AppCompatActivity.
  • Override
@Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_main);     }


Contoh Penerapan Activity Pada Aplikasi Android

  • Langkah pertama silahkan kalian buat project gres dari android studio
  • Dibawah ini ialah jenis file MainActivity.j4va, yang didalamnya sudah terdapat terdapat method-method callback yang menjelaskan siklus hidup (LifeCycle). Method Log.d() yang fungsi utamanya ialah untuk menghasilkan pesan Log
package com.komputerdia.lifecycle; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; import android.util.Log;  public class MainActivity extends Activity {     String status = "Android: ";     /**Method ini pertama kali dipanggil ketika activity pertama dimulai.*/     @Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_main);         Log.d(status, "The onCreate() event");     }     /**Method ini dipanggil ketika activity sudah terlihat pada user. */     @Override     protected void onStart(){         super.onStart();         Log.d( status,"The onStart() event");     }     /**Method ini dipanggil ketika activity mulai berinteraksi dengan user.*/     @Override     protected void onResume(){         super.onResume();         Log.d(status, "The onResume() event");     }     /**Method ini Dipanggil ketika activity berhenti sementara tidak mendapatkan inputan user        dan tidak mengeksekusi arahan apapun.*/     @Override     protected void onPause(){         super.onPause();         Log.d(status,"The onPause() event ");     }     /**Method ini dipanggil ketika activity sudah tidak terlihat pada user.*/     @Override     protected void onStop(){         super.onStop();         Log.d(status,"The onStop() event");     }     /**Method ini dipanggil sebelum sebuah activity dimatikan (di destroy).*/     @Override     protected void onDestroy(){         super.onDestroy();         Log.d(status,"The onDestroy() event");     }  }
  • Sekarang silahkan kalian coba jalankan memakai emulator, dalam perkara ini aku memakai emulator Nexus 5 API 21.1. Maka kalian akan serta merta melihat log menyerupai gambar dibawah ini .
 Jika diartikan kedalam bahasa indonesia Main Activity berarti Aktivitas Utama √ Mengenal dan Mempelajari Main Activity Di Android Studio
  • Jika kalian menekan tombol Home, maka kalian akan melihat pesan log menyerupai dibawah ini
05-09 13:39:12.608    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onPause() event 05-09 13:39:12.643    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onStop() event
  • Kemudian bila kalian membuka kembali aplikasi tersebut, maka kalian akan melihat log menyerupai dibawah ini
05-09 13:43:22.174    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onStart() event 05-09 13:43:22.174    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onResume() event
  • Langkah terakhir, kini coba kalian tekan tombol back , maka kalian akan melihat pesan log menyerupai dibwah ini
05-09 13:44:23.041    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onPause() event 05-09 13:44:28.520    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onStop() event 05-09 13:44:28.520    5751-5751/com.komputerdia.lifecycle D/Android﹕ The onDestroy() event
  • Demikian artikel kali ini, semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semuanya

Sumber referensi artikel : https://teknorial.com/

Sumber http://www.komputerdia.com