Monday, December 18, 2017

√ Kiprah Tik Aplikasi Internet


Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Di bawah ini yaitu banyak sekali aplikasi internet.
World Wide Web (WWW).


WWW yaitu dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibentuk dengan memakai format HTML.

E-Mail atau surat elektronik yaitu aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang menawarkan layanan e-mail menyerupai yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.




Mailing list atau Milis yaitu aplikasi internet yang dipakai sebagai sarana diskusi atau bertukar isu dalam satu kelompok melalui e-mail.
Newsgroup.

Newsgroup yaitu aplikasi internet yang dipakai untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota lembaga newsgroup memiliki kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.



Internet Relay Chat.

IRC yaitu aplikasi internet yang dipakai untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
File Transfer Protocol.

FTP yaitu aplikasi internet yang dipakai untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa dipakai untuk d0wnl0ad dan upload file.
Telnet

Telnet yaitu aplikasi internet yang dipakai untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet sanggup dipakai jikalau kita memiliki IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.
Gopher.

Gopher yaitu aplikasi yang dipakai untuk mencari isu yang ada di internet. Namun, isu yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
Ping.

Ping yaitu Packet Internet Gopher yang dipakai untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.




Sumber http://risalridwan.blogspot.com