Wednesday, December 6, 2017

√ Catur Permainan Melatih Performa Otak


 Beberpa penelitian mengungkap permainan catur kuat baik pada perkembangan kemampua √ Catur Permainan Melatih Performa Otak


      Beberpa penelitian mengungkap permainan catur kuat baik pada perkembangan kemampuan otak. Catur merupakan permainan yang setiap langkah melibatkan pedoman dan analisis cukup kompleks.  SWOT analisis (strength: kekuatan, weakness: kelemahan, opportunities: peluang, threats: ancaman). Analisis ini dilakukan ketika kita hendak melangkah, juga tiap langkah yang dilakukan lawan. Juga terkait dengan penguasaan ruang strategis untuk mencapai kemenangan dalam tempo sesingkat mungkin. Atas dasar pmikiran ini, maka pada permainan catur berpikir keras dimulai semenjak akan melaksanakan langkah pertama. Bagaimana ia bepikir untuk menentukan 1 "cara melangkah", dari kemungkinan (minimal) 20 cara yang bisa.   Dibawah ini dampak bermain catur bagi performa otak:


Meningkatkan IQ dan SQ



Permainan catur menghipnotis peningkatan kecerdasan seseorang, sama halnya memperkuat kemampuan berhitung, bahasa, dan menkaji suatu masalah. Penelitian dilakukan pada 4000 siswa kelas 2 SD (di Venezuela). Mereka mempelajari catur selama 4,5 bulan. Hasilnya luar biasa, ada kenaikan IQ secara signifikan dari 4000 siswa tersebut.



Motivasi Kejiwaan (spirit mental) sesorang yang tergambar dari Tes Spritual Question (SQ) terbukti bisa di tingkatkan dengan bermain catur.  Penelitian Dr. Stefurak (neuropsikologi kognitif) menyatakan: “instruksi dalam catur menstimulus pikiran dan emosi untuk menyusun susunan mental yang membuat timbulnya motivasi diri untuk pengembangan diri meraih prestasi berguru di sekolah dan dalam kehidupan”.


Kreatifitas



Dr Albert Frank, di Zaire, tahun 1973 melaksanakan penelitian selama setahun dan menemukan, bawah umur yang bermain catur mempunyai kecerdasan spasial, numeric, administrasi, dan kemampuan mengarang.



Pemain catur senantiasa membayangkan langkah-langkah yang mungkin terjadi selanjutnya. Setiap langkah yang ia jalankan atau yang dijalankan oleh lawan selalu dipikirkan untung ruginya. Untuk melaksanakan itu pecatur dituntut bisa membayangkan kondisi yang akan terjadi selanjutnya. Inilah skill abstraksi yang bisa terbentuk. Kemampuan ini penting bagi seseorang untuk membuat ide-ide gres yang menunjukkan daya kreatifitasnya.


Melatih Berpikir Kritis dan Logis



Dr Robert ferguson melaksanakan penelitian terhadap PA Scholl District kepada siswa Sekolah Menengah Pertama disana. Ia menemukan bahwa waktu yang dipakai selama 64 jam dalam 32 pekan untuk bermain catur menunjukkan kemajuan dalam perkembangan daya kritisnya. Inilah yang disebut sebagai berpikir kedepan, memahami hal-hal apa yang akan terjadi, apakah menguntungkan atau tidak. Dialektika itulah yang selalu muncul ketika kita bermain catur. Oleh sebab itu pemain akan bisa membuat langkah preventif yang bisa berdampak sistemik bagi teladan permainan yang berlangsung.



Setiap bidak mempunyai langkah berbeda sesuai hukum permainan. Langkah setiap bidak akan menghipnotis permainan, apakah semakin berkembang atau justru sebaliknya. Saat melangkahkan bidak-bidak pemain dituntut berpikir logis. Bahwa setiap langkah merupakan satu gerakan untuk mencapai kemenangan. Bermain catur, dituntut untuk senantiasa berpikir logis untuk membuat langkah-langkah yang tepat.


Melatih Kepekaan Diri



Studi tahun 1990-1992 di kota New York, menunjukkan hasil, pemain catur meningkat daya kinerja membacanya. Membaca disini dimaknai sebagai membaca kondisi, istilah lain ialah kepekaan diri. Dalam permainan catur kita harus peka terhadap setiap gerakan bidak musuh dan dihentikan menganggapnya remeh. Oleh sebab itu bermain catur turut membantu kepekaan terhadap perubahan kondisi.



Konsentrasi  Dan Kesabaran



Permainan catur menuntut pemainnya fokus. Tiap langkah harus di pikirkan dengan matang, salah langkah bisa berakibat "kerugian" bahkan kekalahan. Tiap langkah dituntut untuk menghadapi dilema yang di buat lawan. Juga musti melaksanakan serangan yang "menyulitkan" langkah lawan.

Menciptakan seni manajemen dan taktik dalam permainan catur tidaklah mudah, butuh konsentrasi yang mendalam. Karenanya pemain pecatur yang berkonsentrasi sampai tidak menghiraukan kondisi di luar dirinya. Ini menandakan catur permainan yang bagus untuk melatih daya konsentrasi,  fokus untuk membuat jalan keluar dan menuntaskan masalah.



Bermain catur butuh berpikir yang mendalam dan ini membutuhkan waktu. Tidak asing jikalau bermain catur bisa berlangsung sampai berjam-jam. Dan bisa saja berakhir tanpa ada yang menang. Inilah yang membuat pemain terlatih kesabarannya. Kara jikalau tidak sabar, justru bisa membuat pemain mengambil keputusan langkah yang salah.



Mencegah Melemahnya Daya Ingat



Lord Darzi (Pakar ilmu pembedahan) mengatakan, bahwa setiap orang mempunyai resiko terkena penyakit otak tua. Oeh sebab itu semenjak awal mulailah mencegahnya dengan mengatur teladan makan, berolahraga, dan merangsang otak dengan permainan-permainan menyerupai catur dan puzzle. Sejalan usia, menurunnya kemampuan otak, daya ingat melemah, gampang kikuk, pikun, umumnya diderita para lansia. Permainan catur, melatih sel-sel syaraf otak untuk tetap aktif sehingga performa otak tetap lebih baik.



Belajar Tanggung Jawab



Permainan catur berlatih membiasakan berpikir mandiri, tidak ada bantuan, tidak ada kesempatan kedua.  Semua harus dari pikiran mandiri. Inilah yang kemudian dampaknya melatih untuk mempunyai tanggung jawab kepada diri sendiri.



———————–



By Emris Abe



 



Analisis SWOT



Segitiga Kehidupan



Lempeng Tektonik



Gunung Merapi



 


 Beberpa penelitian mengungkap permainan catur kuat baik pada perkembangan kemampua √ Catur Permainan Melatih Performa Otak

Sumber https://idtesis.com