Wednesday, December 6, 2017

√ Cara Merubah Ukuran Satuan Panjang (Satuan Ukur) Di Excel 2016

Merubah satuan ukur (inchi, centi, dan mili) di excel terkadang sangat penting berkaitan dengan pengaturan layout naska, dan sebagian orang terkadang bannyak yang melewatkannya. Satu hal yang perlu diingat, satuan ukuran di office (word,excel,dll) akan dipengaruhi oleh regional setting yang dipakai oleh komputer/laptop. Untuk menandai hal ini silahkan lihat format jam atau tanggal pada pojok kanan bawah, jikalau format jam yakni AM/PM ataupun format tanggal mm/dd/yyyy maka sudah dapat dipastikan regional setting bukan indonesia (biasanya english us/uk).

Jika identifikasi mengambarkan bahwa regional setting bukan Indonesia maka aku sarankan segera ganti ke Indonesia, caranya masuk ke Control Panel, pada kolom pencarian ketikan kata "region" (tanpa tanda kutip), sesudah itu klik pada sajian Region (hasil pencarian), pada tab format (pada jendela gres yang muncul) lihat pada ComboBox format klik disana dan pilih Indonesia, sesudah itu tekan tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah anda melaksanakan pengaturan regional setting maka biasanya secara otomatik Office akan mengatur beberapa pengaturan yang sesuai dengan region yang dipilah, diantaranya yakni pengaturan satuan ukur.

Jika anda tidak berkenan untuk melaksanakan perubahan Regional Setting maka anda harus melaksanakan pengaturan secara terus menerus ketika anda menciptakan dokumen baru. Berikut ini cara merubah satuan ukuran melalui Excel langsung:
1. Klik/Masuk ke sajian File (menu paling kiri).
2. Klik pada sajian Options (menu paling bawah pada sajian File).
3. Pada jendela gres yang muncul (jendela Excel Options) masuk ke sajian Advance.
4. Cari bilah/bagian/section Display, dibawahnya ada pilihan Ruler Unit, klik pada ComboBox nya kemudian pilih satuan yang dikehendaki (Inchi, Centi, Mili).
5. Setelah itu klik tombol OK.

Note: Untuk versi excel yang lain tidak terlampau beda, kuncinya ada di sajian excel options.

Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com