Monday, December 18, 2017

√ Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk. The Selected Disk Is Of The Gpt Partition Style

Postingan ini yaitu kelanjutan atau postingan yang berkaitan dengan postingan aku sebelumnya Cara Install Windows di Acer Aspire One 14 Z1401.

Masalah yang timbul akhir warning ini "Windows Cannot be Installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style" yaitu kita tidak sanggup menginstall Windows dikarenakan tipe partisi yang ada sebelumnya yaitu tipe GPT, sedangkan kebanyakan jenis partisi yang dipakai yaitu MBR.

Dari pengamatan aku tipe partisi GPT ini biasanya dipakai oleh pabrikan untuk menanam sistem operasi pada hard drive, sehingga user sebetulnya tidak diarahkan untuk melaksanakan install ulang sistem operasi pada device melainkan user diarahkan untuk melaksanakan factory reset (in case sistem operasi mengalami gangguan). Nah mungkin alasannya yaitu fitur/cara ini belum diketahui banyak orang sehingga kebanyan eksklusif saja tanpa berfikir panjang melaksanakan install ulang.

Solusi yang aku temukan ada 2, yaitu:
1. Cara pertama kita sanggup meng-convert tipe partisi dari GPT ke MBR, kita sanggup memakai software (contohnya: AOMEI Partition Assistant) atau kalau sudah terlanjur mem-format partisi dikala mencoba install ulang kita sanggup memakai command prompt. Caranya anda sanggup baca disini.
2. Cara kedua kita buat sebuah drive instalasi yang kompatible dengan device kita, biasanya tipe partisi GPT dipakai untuk device UEFI, jadi buatlah sebuah bootable flashdrive (caranya baca disini).

Terimakasih, seoga bermanfaat, kalau ada pertanyaan silahkan isi kolom comment.

Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com