Wednesday, December 6, 2017

5 Kenampakan Buatan Di Timor Leste Yang Menakjubkan

Timor Leste ialah salah satu negara kecil yang berada di daerah Asia Tenggara. Timor Leste lekanya ada di sebelah barat daya Indonesia, atau lebih tepatnya berada di akrab Provinsi Nusa Tenggara. Sebenarnya Timor Leste dahulunya ialah sebuah provinsi di negara kita, Indonesia, namun provinsi ini menentukan melepaskan diri dari Indonesia ketika masa pemerintahan Presiden ke- 3 Indonesia. Dahulu ketika masih menjadi salah satu provinsi di Indonesia, namanya ialah Timor Timur. Nama Timor Leste ada sesudah wilayah ini merdeka dan menyelenggarakan pemerintahan sendiri.


Seperti halnya wilayah yang ada Indonesia, bahwasannya Tomor Leste merupakan negara yang indah sama menyerupai wilayah Indonesia yang lainnya. Selain kenampakan alam yang Indah, negara ini juga mempunyai aneka macam kenampakan buatan yang perlu dilihat juga. Kenampakan buatan sendiri merupakan kenampakan yang sengaja dibentuk oleh insan untuk tujuan tertentu, baik mengedepankan fungsi maupun keindahannya. Beberapa kenampakan alam yang biasa kita lihat antara lain macam- macam laut, macam-macam danau, perbukitan, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah dan lainnya.Beberapa kenampakan buatan yang biasa dibentuk oleh insan adalah, museum, patung,bukit buatan, atau sekedar monumen tertentu untuk mengenang jagoan maupun suatu insiden bersejarah. Nah, pada kesempatan kali ini kita mencoba mengenai lebih akrab Timor Leste melalui kenampakan buatan yang dimilikinya. Nyatanya tidak hanya kenampakan alam saja yang dimiliki oleh negara ini, namun kenampakan buatannya juga banyak. Adapun beberapa kenampakan buatan yang dimiliki oleh negara ini akan dijelaskan berikut ini.


Kenampakan Buatan Timor Leste


Tidak dipungkiri bahwa hampir setiap wilayah tertentu, khususnya suatu negara niscaya mempunyai suatu kenampakan alam tertentu. Adapun beberapa kenampakan buatan di wilayah Timor Leste antara lain sebagai berikut:



  1. Patung Kristus


Kenampakan buatan yang ada di Timor Leste yang pertama ialah Patung Kristus. Perlu kita ketahui bahwa penduduk di Timor Leste sebagian besar beragama Nasrani. Maka dari itulah tidak mengherankan apabila penduduk Timor Leste membangun monumen peribadatan yang sanggup dipakai bersama- sama. Salah satunya ialah Patung Kristus . Patung Kristus ialah sebuah patung yang dibangun oleh masyarakat Timor Leste yang diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1996 oleh Presiden Indonesia kedua, Soeharto. Patung ini juga dikenal dengan “Cristo Rei” yang merupakan patung Kristus tertinggi ke-2 di dunia yaitu setinggi 27 meter. Patung ini sebagai simbol intgrasi Timor- Timur ke Indonesia sekaligus tinggi 27 membuktikan bahwa provinsi ini ialah provinsi ke 27 Indonesia.



  1. Monumen Paus Yohanes II


Selain patung kristus, kenampakan buatan lain yang dimiliki oleh Timor Leste ialah Monumen Paus Yohanes II. Paus Yohanes Paulus pernah mengunjungi Timor Timur (saat belum Merdeka) pada tanggal 12 Oktober 1989. Untuk mengenang kunjungan tersebut maka dibuatlah patung Paus Yohanes II pada tahun 2007. Selain dipakai sebagai tempat ziarah, tempat ini juga dipakai untuk wisata.



  1. Santa Cruz


Selanjutnya ialah Santa Cruz, yaitu sebuah Taman Makam Pahlawan para p0juang Fretilin dalam meraih kemerdekaan Kemerdekaan di Timor Leste. Banyak orang atau masyarakat Timor Leste yang gugur akhir meraih kemerdekaan di Timor Leste. Momentum ini kita kenal dalam insiden pelanggaran HAM Santa Cruz. Di taman makam jagoan ini kita sanggup menjumpai makam para p0juang Fretilin atau Frente Revolucionaria de Timor Leste Independente (Kemerdekaan Timor Timur). Taman makam jagoan ini berupa makam- makam yang dibangun dalam warna putih yang apabila diterpa sinar matahari maka akan kelihatan indah. Taman makam ini tentu saja dipakai sebagai tempat bersejarah di Timor Leste.



  1. Patung Bunda Maria di Gunung Ramelau


Timor Leste mempunyai gunung tertinggi yang berjulukan gunung Ramelau. Gunung ini berada di distrik Ainaro. Mungkin sudah sesuatu hal yang masuk akal dan tidak mengherankan apabila gunung dijadikan tempat pendakian, namun yang paling menarik ialah spot di puncak gunung ini. Gunung Ramelau mempunyai keindahan yang luar biasa alasannya ialah di puncaknya kita akan menemukan patung Bunda Maria yang berdiri megah dan juga kokoh. Selain sebagai tempat pendakian, gunung ini juga dipakai sebagai tempat ziarah. Umat Katholik di Timor Leste berziaran menuju patung Bunda Maria ini setiap bulannya. Suhu di puncak gunung ini rata- rata minimum mencapai 18,1 derajat Celcius dan maksimum mencapai 22,8 derajat Celcius.



  1. Kota Lama Baucau


Selanjutnya ialah kota usang Baucau atau yang biasa disebut dengan Vila Salazar yang sesuai dengan nama diktator Portugis yang pernah menguasai Baucau yang berjulukan Antonio de Oliviera Salazar. Di Kota ini kita sanggup menjumpai beberapa bangunan kolonial pada masa pemerintahan Portugis menyerupai pasar (O Mercadu) dan juga hotel (Pousada). Adapun yang menarik dari kota ini lainnya ialah bahwa ota ini merupakan kota terbesar kedua sesudah Dilli yang merupakan ibukota dari Timor Leste sendiri.


Nah itulah beberapa kenmapakan buatan yang ada di wilayah Timor Leste. Bagaimana, sangat indah bukan? Setelah ini kita sanggup mengakibatkan Timor Leste sebagai kota yang patut untuk dijadikan destinasi wisata.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com