Friday, December 1, 2017

3 Proses Terjadinya Gunung Meletus Dan Misalnya Di Indonesia

Gunung api yang masih aktif mengalami sebuah siklus memuntahkan material dalam bumi yang disebut dengan erupsi gunung berapi. Gunung meletus mengalami sebuah proses yang berkaitan dan berurutan antara satu tahap dengan tahap lainnya. Ada beberapa tahap proses terjadinya gunung meletus antara lain sebagai berikut:



  1. Terdapat endapan magma di perut bumi


Proses terjadinya gunung meletus diawali dengan adanya magma di dalam perut bumi atau inti Bumi. Magma sendiri merupakan batuan cair yang berada di perut Bumi. Magma sanggup terbentuk akhir panasnya suhu di dalam interior Bumi.



  1. Terdapat gas yang bertekanan tinggi


Suhu panas yang ada di dalam Bumi bisa melelehkan batuan penyusun lapisan bumi. Ketika batuan- batuan tersebut meleleh maka dihasilkan gas yang lalu bercampur dengan magma. Magma ini terbentuk di kedalaman 60 hingga 160 km di bawah permukaan Bumi.



  1. Magma didorong gas yang mempunyai tekanan tinggi


Magma yang mengandung gas lalu akan terdorong bertahap ke permukaan Bumi alasannya mempunyai massa yang lebih ringan daripada batuan padat yang ada di sekelilingnya. Magma yang mengandung gas berada dalam kondisi dibawah tekanan bauan- batuan berat yang berada di sekitarnya. Tekanan inilah yang menjadikan magma meletus atau yang disebut dengan erupsi gunung berapi atau gunung meletus.


Nah itulah beberapa tahap atau proses terjadinya gunung meletus. Proses tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Gunung meletus juga bukan merupakan hal yang langka terjadi di Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara yang berada di Iingkaran cincin api maka gunung api ada banyak jumlahnya di Indonesia dan banyak aktif.


Contoh Gunung Meletus


Gunung api yang aktif di Indonesia jumlahnya banyak dan sering mengalami erupsi. Kita tidak jarang mendengar gosip perihal gunung meletus yang ada di Indonesia. Adapun beberapa peristiwa gunung meletus yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut:



  1. Meletusnya Gunung Sinabung


Peristiwa gunung meletus yang pertama yakni meletusnya gunung Sinabung. Gunung Sinabung yakni salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia. Gunung Sinabung yakni gunung yang berada di wilayah Sumatera Barat. Gunung Sinabung akhir- final ini mengalami erupsi yang panjang. Gunung ini sering mengalami erupsi pada waktu- waktu tertentu. Banyak masyarakat yang berada di sekitar gunung Sinabung mengungsi dalam kurun waktu tertentu. selain itu akibat Gunung Sinabung meletus banyak masyarakat yang mengalami kerugian alasannya lahan pertanian mereka rusak terkena debu vulkanik muntahan gunung Sinabung.



  1. Meletusnya Gunung Merapi


Gunung populer aktif di Indonesia selanjutnya yakni gunung Merapi. Gunung Merapi yakni gunung yang berada di Jawa Tengah. Gunung ini berada di daerah kompleks gunung di Jawa Tengah dan merupakan gunung yang paling besar di kompleks tersebut. Peristiwa erupsi dasyat gunung Merapi terjadi di tahun 2010. Pada Saat itu banyak korban berjatuhan akhir letusan gunung Merapi, termasuk juga Juru Kunci Mbah Marijan.



  1. Meletusnya Gunung Kelud


Gunung Kelud yakni gunung yang berada di wilayah Jawa Timur. Gunung Kelud mengalami letusan yang dasyat, bahkan material debu vulkanik dari Gunung Kelud ini hingga ke wilayah Jawa Tengah, termasuk Yogyakartka yang tertutup dengan debu tebal.


Nah itulah beberapa pola gunung- gunung yang meletus di Indonesia. Gunung ini meletus dalam beberapa periode tertentu. Setiap gunung memang mempunyai siklusnya sendiri. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com