Thursday, November 30, 2017

√ Pengertian Bola Voli, Sejarah Dan Peraturan Permainan (Lengkap)

Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan (Lengkap) – Salah satu olahraga yang terkenal selain sepak bola yakni bola voli. Olahraga ini sering menjadi aktivitas olahraga disekolah maupun di akademi tinggi, jenis olahraga ini mengandalkan pukulan tangan dan teknik-teknik tertentu. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas disini.



Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan (Lengkap)


Bagi anda penggemar bola voli, ada baiknya mempelajari seluk beluk dari cabang olahraga ini. Apa sih bola voli itu? Awal mulanya gimana sih? lantas peraturannya bagaimana sih? Untuk menjawab itu semua, mari kita mulai dengan pengertiannya terlebih dahulu.


Pengertian Bola Voli


Bola voli atau permainan bola voli yakni merupakan salah satu cabang permainan olahraga bola yang cara bermainnya dengan menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan dan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Dalam menjathkan bola tersebut net penghalang antar masing-masik tim.


Gerakan dalam permainan bola voli disebut dengan memvolley yakni gerakan memukul bola sebelum bola jatuh mengenai lapangan, gerakan mem-volley dan memantulkan bola ke atas sanggup dilakukan dengan seluruh badan dengan syarat sentuhan atau pantulannya harus sempurna.Di dalam permainan bola voli dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu berjumlah 6 orang. Berikut ini merupakan sejarah dari permainan bola voli.


Sejarah Permainan Bola Voli


Pada mulanya permainan bola voli ini mempunyai nama mintonette. Olahraga bola voli ini ditemukan oleh William G. Morgan tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. Ia yakni seorang pelatih atau pembina pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christain Association (YMCA). Penemu permainan bola voli ini yakni, William G. Morgan dilahirkan pada tahun 1870 di Lockport, New York dan meninggal dunia pada tahun 1942. Organisasi YMCA didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris Oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (merupakan seorang pencipta olahraga Bola Basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939).


Kemudian adanya perubahan nama dari mintonette menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896 tepatnya pada demonstrasi pertamanya di International YMCA Training School. Kemudian melihat perkembangan permainan Bola Voli yang cukup pesat maka YMCA mulai mengadakan kejuaraan Bola Voli secara nasional, kemudian permainan Bola Voli menyebar keseluruh penjuru dunia. Pada tahun 1974, pertama kali permainan Bola Voli mengadakan sebuah pertandingan di Polandia dengan penerima yang cukup banyak. Dan di tahun 1984 didirikan sebuah federasi bola voli internasional atau IVBF yang beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris. Organisasi tersebut menjadi induk dari permainan bola voli internasional.


Peraturan Permainan Bola Voli


Peraturan dalam permainan bola voli dibedakan menjadi beberapa, antara lain:


1. Perhitungan angka


Apabilah pihak lawan sanggup memasukkan bola ke dalam tempat lapangan kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapat poin atau skor. Maka anda harus sanggup melaksanakan servis yang harus melewati net dan masuk menuju tempat musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapat poin/nilai.


2. Sistem Pertandingan


Sistem pertandingan memakai sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 (delapan) tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim. Masing-masing tim terdiri dari 10 (sepuluh) pemain yang mencakup 6 (enam) pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 (empat) pemain cadangan. Pergantian pemain inti dan pemain cadangan tidak dibatasi pada ketika pertandingan berlangsung.


 Salah satu olahraga yang terkenal selain sepak bola yakni bola voli √ Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan (Lengkap)


3. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain yakni 4 (empat) orang


Apabila dalam pertandingan tersebut kurang dari 4 (empat) orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (Best of Three), kecuali pada babak 2 (kedua) sudah dipastikan siapa pemenangnya maka babak 3 (ketiga) tidak perlu dilaksanakan. Sistem hitungan yang dipakai yakni 25 rally point. Jika poin penerima seri (imbang 24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 (dua) poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan tersebut.


Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat poin/nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat poin/nilai yang sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada ketika babak berakhir. Dan apabila ditentukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang sanggup nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.


4. Time Out


Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan lamanya hanya 1 menit. Di luar dari hukum yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan Internasional.


Demikianlah pembahasan kita mengenai Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan (Lengkap), supaya artikel diatas sanggup menambah wawasan kita dan bermanfaat tentunya. Terimakasih 🙂



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id