Wednesday, December 6, 2017

3 Proses Terjadinya Gempa Vulkanik Dan Tanda- Tanda Terjadinya

Ada banyak insiden yang terjadi di sekitar kita. Berbagai insiden alam ini sifatnya sanggup positif dan juga negatif. Peristiwa alam yang sifatnya positif menjadi berkah tersendiri, dan insiden alam yang sifatnya negatif ini biasa kita kenal sebagai peristiwa alam. Indonesia yaitu negara yang istimewa yang terletak di jalur pegunungan dunia sehingga lempeng- lempengnya pun banyak. Dengan letak geografis yang demikian maka banyak terjadi insiden gempa bumi, baik gempa bumi tektonik maupun gempa bumi vulkanik. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sebuah insiden alam yaitu gempa bumi vulkanik, khususnya proses terjadinya gempa vulkanik dan juga tanda- tanda terjadinya gempa vulkanik.


Proses Terjadinya Gempa Vulkanik


Gempa vulkanik sangat erat kaitannya dengan gunung berapi lantaran gempa ini terjadi lantaran acara kegunungapian yang mengalami erupsi. Dengan demikian berbagai hal- hal yang berkaitan dengan proses terjadinya gempa vulkanik, terutama hal- hal yang menimbulkan gempa ini terjadi. Adapun beberapa hal yang menimbulkan terjadinya gempa vulkanik antara lain sebagai berikut:



  • Adanya acara pada inti Bumi yaitu pada magma

  • Dapur magma mengalami suatu gerakan yang dinamik

  • Proses keluarnya magma dari dalam Bumi


Itulah beberapa hal yang menimbulkan terjadinya gempa bumi vulkanik. Secara umum yang mensugesti hanyalah magma yang sedang berktivitas di perut bumi dan ingin keluar. Setelah itu terjadilah proses hingga membentuk suatu gempa bumi vulkanik, adapun proses- prosesnya akan djelaskan di bawah ini.


Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi melalui beberapa proses. Gempa Vulkanik melewati beberapa tahapan hingga gempa ini terasa hingga ke daratan. Adapun beberapa tahapan terjadinya gempa vulkanik antara lain sebagai berikut:



  • Terjadinya proses dinamik dari magma dan juga cairan yang bersifat hidrotermal


Gempa vulkanik sanggup terjadi pada mulanya diawali dari adanya proses dinamik dari magma dan juga cairan yang ada di dalam perut bumi. proses dinamik ini mempunyai sifat hidrotermal yaitu sangat peka terhadap panas, sehingga sangat gampang bereaksi.



  • Terjadinya proses fluida atau cairan yang dinamis


Selain terjadi proses dinamik dari magma yang bersifat hidrotermal, terjadi pula proses fluida atau cairan yang sifatnya juga dinamis yang disebabkan lantaran adanya gradien suhu dan juga tekanan magma.



  • Terbentuknya gelombang gempa


Oleh lantaran adanya proses fluida yang dinamis tersebut (proses nomor 2), maka terjadilah getaran gempa yang sanggup kita rasakan dari permukaan Bumi dengan kekuatan yang bervariasi, sanggup getaran keras maupun getaran lambat. Hal ini sanggup diukur dengan alat pengukur kekuatan gempa bumi yaitu Seismograph.


Nah itulah beberapa proses terjadinya gempa bumi vulkanik yang mana merupakan gempa bumi yang berasal dari acara vulkanisme atau acara kegunung apian. Oleh lantaran gempa vulkanik terjadinya beriringan dengan acara vulkanisme maka kapan gempa ini terjadi sanggup diketahui kapan waktu terjadinya.


Karakteristik Gempa Bumi Vulkanik


Gempa bumi vulkanik mempunyai beberapa ciri atau karakteristik tertentu yang sanggup kita gunakan sebagai penanda akan terjadinya gempa ini. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh gempa bumi vulkanik antara lain sebagai berikut:



  • Terjadi di kawasan sekitar gunung api

  • Umumnya mempunyai magnitude yang kecil

  • Kekuatannya lemah dibawah 5 skala richter

  • Memiliki kedalaman rata- rata sekitar 0 – 40 km.


Tanda- tanda Terjadinya Gempa Vulkanik


Gempa bumi memang merupakan insiden yang datangnya mendadak dan sulit untuk diprediksi lantaran penyebabnya berasal dari dalam Bumi. Maka tidak mengherankan apabila gempa banyak menimbulkan kerusakan dan juga korban jiwa. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kedatangan gempa bumi vulkanik ini sanggup diprediksi lho. Setidaknya ada beberapa tanda kecil yang sanggup kita jadikan patokan bahwa gempa bumi vulkanik sanggup terjadi sewaktu- waktu. Nah beberapa tanda- tanda tersebut antara lain sebagai berikut:



  • Banyak hewan turun gunung


Salah satu tanda akan terjadinya gempa vulkanik yaitu banyak binatang- hewan yang turun ke daratan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya gunung dihuni oleh banyak binatang. Gunung- gunung merupakan tempat yang menyenangkan bagi hewan lantaran disana subur dan banyak makanan. Namun saat akan terjadi erupsi maka hawa di sekitar gunung api menjadi lebih panas daripada biasanya. Oleh lantaran itulah hewan menjadi gerah dan sesak apabila disekitar gunung tersebut. Kemudian binatang- hewan akan menuruni gunung untuk mencari tempat yang lebih nyaman dan terhindar dari panas. Sebagian hewan akan memasuki pemukiman penduduk, namun sebagian lagi akan mencari hutan gres di kaki gunung, yang penting jauh dari tubuh gunung tersebut.



  • Hawa terasa panas


Ciri- ciri yang lain dari akan terjadinya gempa vulkanik yaitu kita akan mencicipi hawa yang panas, khususnya di daerah- kawasan yang erat dengan gunung berapi. Kita tahu bahwasannya gempa vulkanik terjadinya mengiringi gunung berapi yang akan mengalami erupsi, jadi salah satu tanda akan terjadinya gempa vulkanikadalah hawa terasa panas. Terkadang kita sanggup melihat kepulan awan pekat di sekitar gunung berapi tersebut. Awan tersebut juga membawa hawa yang panas, maka dari itulah awan tersebut dinamakan sebagai awan panas atau orang Jawa biasan mengartikannya sebagai wedus gembel.



  • Terjadinya erupsi gunung


Nah, salah satu tanda- tanda terjadinya gempa vulkanik dan sekaligus puncaknya yaitu terjadinya erupsi gunung berapi. Erupsi gunung ini mempunyai mengembangkan tipe, terkadang tipe erupsi eksplosif atau efusif. Erupsi gunung berapi sekaligus menjadi puncak dari rangkaian gempa bumi vulkanik yang terus- saluran terjadi selama masa erupsi.


Nah itu beliau beberapa tanda- tanda akan terjadinya gempa vulkanik. Tanda- tanda tersebut ibarat dengan tanda- tanda gunung akan mengalami erupsi. Dengan demikian saat kita melihat tanda- tanda ibarat diatas maka perilaku kita harus selalu waspada lantaran gempa bumi vulkanik biasnaya tiba beberapa kali tidak hanya satu kali saja.


Demikian pula isu yang sanggup kami sampaikan. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat dan kelak kita akan gampang memahami dan mengambil tindakan yang benar saat kita mendapati tanda- tanda tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com