Wednesday, November 29, 2017

√ Tumpuan Kiprah Tawaran Perjuangan Rumah Makan

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...........................................................................................  i
DAFTAR ISI ..........................................................................................................  ii
A.   PENDAHULUAN .....................................................................................  1
SEJARAH DAN TUJUAN USAHA .......................................................  1
B.   VISI MISI.................................................................................................... 1
C.   ASPEK PEMASARAN SEGMENTASI ................................................  2
D.   TARGET PASAR .....................................................................................  3
E.   ESTIMASI TERGET PASAR .................................................................  3
F.    PRODUK PEMASARAN ........................................................................  3
G.   PRMOSI ....................................................................................................  6
H.   DISTRIBUSI .............................................................................................  6
I.      PEOPLE (SDM) .......................................................................................  6
J.    ESTIMASI PENJUALAN ........................................................................  6
K.   ASPEK PRODUKSI ................................................................................  7
L.    ALUR / PROSES PRODUKSI ...............................................................  7
M.   ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA ....................................................  8
N.   PENUTUP ................................................................................................  10
-       KESIMPULAN ....................................................................................  10
-       SARAN................................................................................................. 10


A.   PENDAHULUAN
Sejarah Dan Tujuan Usaha
Dalam memulai perjuangan dalam bentuk apapun, yang pertama kali harus di perhatikan dalam peluang pasar dan bagaimana cara menciptakan orang tertarik terhadap bisnis yang akan kita jalankan. Bagaimana peluang pasar yang sedang animo di masa kini dan kita bisa menuntaskan sehingga kita bisa bersaing dalam suatu peluang bisnis di masa sekarang. Yang kedua ialah kita harus bisa menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik disisi harga, promosi, iklan serta pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga ialah persiapan modal yang terhitung 3 kali lipat dalam modal inti dalam perjuangan membuka sebuah restoran serta mental keberanian untuk memulai. Singkirkan kendala pisikologis rasa malu, takut gagal, dan perang batin antara cita-cita dan keraguan. Selain itu kita harus siap menghadapi resiko terburuk yang akan terjadi. Karena resiko bisnis ialah untung atau rugi. Semakin besar laba maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting ialah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba gagal daripada gagal untuk mencoba.
B.   VISI MISI
Rumah makan sunda ialah sebuah restoran yang menjual sajian hidangan sunda yang kaya rasa serta tidak menghilangkan tradisi kuliner Jawa Barat dan unit dengan set up outlet yang nyaman dan menarik. Konsep restoran sunda ini sanggup melihat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat dan besarnya pangsa pasar yang sudah terbentuk dan belum banyak yang menyajikan konsep ibarat ini. Cara bisnis restoran sunda dibutuhkan sanggup menjadi leader dalam menghadapi pesaing-pesaing yang telah ada. Restoran sunda hadir sebagai nuansa gres bisnis kuliner khas Jawa Barat yang menjawab seruan pasar akan adanya layanan yang memungkinkan konsumen sanggup menikmati hidangan Jawa Barat dengan cita rasa tinggi dengan harga terjangkau mengingat masakan Jawa Barat sangat khas, baik rasa maupun bahannya. Menu masakan sunda ialah hal yang diambil dalam konsep bisnis ini, dengan mengatakan 10-15 sajian utama yang gampang dalam penyajian dan telah diterima konsumen menengah dan bawah sesuai dengan segmen dan sasaran market kami, namun tidak menutup kemungkinan untuk konsumen kelas atas sanggup menikmati masakan restoran sunda alasannya ialah rasanya yang alami dari resep tradisional tidak berubah. Restoran sunda menjadi penyempurna dengan mengatakan konsep resto maupun outlet sesuai dengan kemampuan kawan bisnis kami, dengan mengatakan is resep kuliner khas sunda dengan jenis kuliner berat dengan kemasan yang unik kami jual dengan nasi timbel lengkap yang di kawasan asalnya kuliner ini digemari alasannya ialah kepraktisannya.
C.   ASPEK PEMASARAN SEGMENTASI
Menurut segmentasi konsumen kami terdiri dari :
-       Menengah atas
-       Kalangan ekonomi menengah
-       Kalangan ekonomi menengah kebawah dan
-       Kalangan ekonomi bawah 


D.   TARGET PASAR
Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan sudah menjadi kelaziman bahwa perjuangan ketering bekerja menurut pesanan. Kegiatan produksi di mulai apabila telah pesanan telah diterima. Apabila tidak ada pesanan, aktivitas produksi perusahaan ketering tidak bekerja, yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup ialah pemasaran, keuangan dan administrasi  
E.   ESTIMASI TARGET PASAR
-       Jumlah sasaran pasar meliputi semua kalangan masyarakat, segala usia, umumnya yang berdomisili di kawasan kota Cirebon dan sekitarnya serta wisatawan lokal maupun internasional
-       Karakteristik sasaran pasar umumnya semua kalangan yang tidak hanya mencari tempat untuk makan tetapi sekaligus untuk berkumpul dengan kawan, keluarga serta sarana bermain untuk keluarga
F.    PRODUK PEMASARAN
Produk yang kami jual berupa kuliner dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari kuliner dan minuman yang tersedia di restoran sunda:
Makanan :
-       Nasi putih
-       Puncak oncom : ialah salah satu sajian andalan yaitu oncom hitam yang kami campur dengan rempah-rempah bumbu tradisional
-       Puncak iklim gabus : ini ialah sebuah sajian utama kami yang terbuat dari ikan gabus yang pilihan dengan bumbu yang sanggup menghilangakan busuk busuk ikan tersebut
-       Gurame asam manis : merupakan sajian yang sangat kita banggakan bumbu asam manis yang menciptakan pengecap kita berhenti bergoyang
-       Ayam bakar madu : merupakan ayam bakar dengan siraman madu murni yang orisinil kit pilih untuk menciptakan ayam menjadi nikmat
-       Ayam goreng pejantan : ini merupakan salah satu masakan khas Jawa Barat alasannya ialah ayam pejantan yang sulit ditemukan sehingga daging ayamnya berbeda rasanya dengan ayam biasa
-       Ikan bakar : kita menyediakan sajian ikan bakar sangat unik konsumen dipersilahkan memancing ikan terlebih dahulu gres akan dibakar oleh pelayan kami selama itu sajian kami disajikan juga terjadi dalam bentuk paket yaitu :
-       Nasi timbel sunda : nasi putih + empal + sayur asmet + ikan asin + lalapan
-       Nasi bakar sunda : nasi putih + rempah-rempah + empal + lalapan
-       Nasi paket sunda 1 : nasi putih + ayam bakar + ikan asin + lalapan
-       Nasi paket sunda 2 : nasi putih + ayam goreng + sayur asin + lalapan
Minuman
-       Aneka jus
-       Es buah erbis dari madu
-       Es kelapa madu daweg
-       Air mineral
-       Se teh manis
Makanan ringan
-       Tahu goreng nyonyi
-       Otak-otak bakar

Harga
Harga produk kami sesuaikan biar semua kalangan sanggup menjadi pelanggan kami, rincian harga antara lain
-       Nasi putih                                                                     Rp.    3000
-       Pecak oncom                                                               Rp. 12.000
-       Pecak ikan gabus                                                       Rp. 10.000
-       Nasi Timbel                                                                  Rp. 27.000
-       Nasi paket pasundan 1                                              Rp. 25.000
-       Gurame asam manis                                                  Rp. 25.000
-       Ayam bakar madu                                                       Rp. 11.000
-       Ayam goreng jantan                                                   Rp. 12.500
-       Ikan bakar                                                                     Rp. 10.000
-       Nasi bakar                                                                    Rp. 28.000
-       Nasi paket pasundan                                                 Rp. 16.000
Aneka Jus
-       Es buah erbit sari madu                                             Rp. 16.000
-       Es kelapa dowegan                                                    Rp. 10.000
-       Jus sirsak                                                                     Rp.   6.000
-       Jus Alpukat                                                                  Rp    6.000
-       Es teh manis                                                                Rp.   2.500
-       Air mineral botol                                                          Rp.   3.000
-       Tahu goreng nyanyi                                                   Rp.   7.000
-       Otak-otak bakar                                                           Rp.   7.000             



G.   PROMOSI
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan di masyarakat ialah dengan cara promosi antara lain  :
1.    Membuat iklan di surat kabar
2.    Menyebarkan baliho
3.    Di iklankan  melalui media internet
H.   DISTRIBUSI
Dengan harga jual perporsi mulai dari Rp. 18.000 restoran sunda membidik pasar menengah dan menengah kebawah
Lokasi penjualan yang bisa dipakai ialah
-       Pusat keramaian
-       Sekolah atau kampus
-       Tempat hiburan atau rekreasi  
I.      PEOPLE (SDM)
Sumber daya insan yang kami gunakan sebanyak 2 orang, kami memakai sumber daya pada tingkatan menengah
-      Pelayan                  :      lulusan Sekolah Menengan Atas melalui pelatihan terlebih dahulu selama 3 bulan
-      Koki                         :      Lulusan Sekolah Menengah kejuruan melalui pelatihan terlebih dahulu selama 3-6 bulan
-      Teller                       :      lulusan SMA, melalui pelatihan terlebih dahulu selama 3 bulan  
J.    ESTIMASI PENJUALAN
a.    Estimasi terendah
Penjualan hari kerja (Senin – Jum’at)
30 orang x 20 hari (1 bulan ) Rp. 25.000  = Rp. 15.000.000 
b.     Penjualan hari libur (Sabtu dan Minggu)
50 orang x 8 hari (1 bulan) x Rp. 25.000 = Rp. 10.000.000
c.    Estimasi tertinggi
-       Penjualan hari kerja (Senin – Jum’at)
40 orang x 20 hari (1 bulan) x Rp. 40.000 = Rp. 32.000.000
-       Penjualan hari libur (Sabtu – Minggu) x Rp. 40.000 = Rp, 19.200.000
K.   ASPEK PRODUKSI
Bahan baku dan peralatan
1.    Bahan baku (kebutuhan perhari)
Beras                           : Rp. 100.000
Ikan Gurame              : Rp. 150.000
Daging Ayam             : Rp. 150.000
Daging Sapi               : Rp. 150.000
Sayuran                      : Rp. 100.000
Bumbu-bumbu          : Rp. 100.000
2.    Peralatan
Total peralatan           : Rp. 1.000.000
L.    ALUR / PROSES PRODUKSI
Proses produksi
-       Bahan baku dipesan setiap 1 ahad melalui pemasok yang tiba
-       Setelah materi datang, semua materi di cek kondisinya terlebih dahulu (cacat atau tidak, masih segar atau tidak, expire atau tidak)
-       Lalu dibersihkan dan di susun ketempatnya 

M.   ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Struktur organisasi
Kriteria koki dan jumlah masing-masing job spec
Kriteria Koki
-       Lulusan Sekolah Menengah kejuruan jurusan tata boga
-       Pengalaman min 1 tahun
-       Disiplin, jujur, cekatan, rapih
-       Dapat bekerja dengan tim
Jon spec :
1.    Mengelola kuliner dan minuman
2.    Membersihkan peralatan dapur serta perlengkapannya
3.    Menjaga kebersihan lingkungan dapur
Waiter kriteria
-       Lulusan Sekolah Menengan Atas
-       Jujur, teliti
-       Berpenampilan menarik
-       Dapat bekerja dengan tim
Job spec
1.    Menerima pembayaran
2.    Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran kas
Tanggung jawab masing-masing job spec
-       Owner : bertanggung jawab dalam keuangan berupa honor karyawan dan mengawasi kinerja bawahannya
-       Koki : bertanggung jawab dalam hal santunan keputusan atas hidangan yang disajikan kepada konsumen  
Teller bertanggungjawab pada keuangan dan khas
Waiter : bertanggung jawab atas semua pesanan yang diminta konseumen dan cara penyajian kepada konsumen
Keuangan
Bahan baku (kebutuhan per hari)
-       Beras                           : Rp. 100.000
-       Daging sapi                : Rp. 150.000
-       Daging ayam              : Rp. 150.000
-       Udang                         : Rp. 100.000
-       Sayuran                      : Rp.   50.000
-       Bumbu-bumbu          : Rp. 100.000
Total materi baku (per bulan)
Rp. 550.000 x 30 hari = Rp. 16.500.000
Peralatan
Total peralatan masuk Rp. 1.000.000
Gaji pegawai
-       Koki                              : Rp. 2.000.000
-       Waiter                          : Rp.    900.000
-       Teller                            : Rp. 1.000.000
Total pengeluaran           : Rp. 21.300.000


N.   PENUTUP
Kesimpulan
 Usaha rumah makan kini menjadi salah satu peluang perjuangan yang cukup menjanjikan. Selain alasannya ialah semakin bertambahnya jumlah penduduk dari hari ke hari, perubahan ekonomi juga sanggup mempengaruhi semakin majunya usaha-usaha rumah makan.
Persiapan awal yang perlu diperhatikan untuk memulai perjuangan rumah makan diantaranya ialah menyiapkan modal, tempat/lokasi yang strategis, mengetahui peluang pasar, perizinan usaha, serta promosi yang sempurna biar perjuangan rumah makan ini sanggup terus berjalan dengan sukses.
Selain itu, Bahan baku yang dibutuhkan dalam perjuangan rumah makan juga tidak terlalu mahal. Semua sanggup Anda peroleh dengan gampang di pasar tradisional.
Saran
Modal yang kecil, perjuangan rumah makan mempunyai waktu yang fleksibel. Memang semua tergantung sajian yang ditawarkan di  rumah makan Anda. Anda bisa fokus kepada pengunjung untuk makan pagi, makan siang atau makan malam saja. Tapi kalau Anda memang ingin meraup penghasilan lebih, Anda bisa membuka perjuangan rumah makan ini dari pagi hingga malam.
Margin laba yang sanggup diraih dari perjuangan rumah makan juga sangat besar. Rata-rata laba yang sanggup diraih oleh rumah makan berkisar antara 30-50% dari omset penjualan. Hal ini sanggup terwujud alasannya ialah perjuangan rumah makan merupakan perjuangan jasa pengolahan kuliner dan penyajiannya. Otomatis laba yang diraih bisa sangat besar.
Kesuksesan dalam perjuangan rumah makan kembali pada diri Anda sendiri. Dengan penanganan yang sempurna dan ciri khas tersendiri, Anda akan meraih kesuksesan di dalam perjuangan ini.

Sumber http://risalridwan.blogspot.com