Monday, November 27, 2017

√ Simulasi Soal-Soal Apkgm 2018 Mapel Ipa Mts

Assalamu'alaikum wr.wb. Sahabat Guru yang dirahmati Allah, Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) tahun 2018 sudah di depan mata, oleh alasannya itu gurujugan.com ingin mengetengahkan latihan-latihan soal APKGM baik itu kompetensi pedagogik ataupun latihan soal kompetensi profesional, hal tersebut mempersiapkan mental dan pikiran para sahabat guru.

Spesial Latihan SOAL APKGM JATIM 2018 SEMUA MAPEL UNBK MA


Baca Juga : 
Latihan Soal APKGM 2018 Jenjang MA (Pedagogik & Profesional)
Latihan soal APKGM 2018 Kompetensi Pedagogik & Profesional Jenjang MTs

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting Simulasi APKGM 2018 Mapel Bahasa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Jenjang MTs, Setelah beberapa postingan sebelumnya juga membahas perihal latihan soal-soal APKMG jenjang MA yang mencakup : APKGM (Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah) Tahun 2018Soal latihan APKGM Bahasa Indonesia Beserta Kunci JawabannyaSoal Latihan APKGM Matematika Plus Kunci JawabannyaSoal-Soal Latihan APKGM Bahasa Inggris.

Berikut Contoh Soal Simulasi APKGM 2018 Mapel IPA MTs
   

1.Berikut ini yaitu kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan(2) menarik kesimpulan(3) merencanakan percobaan(4) mengajukan hipotesis(5) merumuskan masalah(6) mengolah dataUrutan kegiatan dalam bekerja ilmiah yaitu ....
A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B. (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C. (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D. (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E. Semua tanggapan salah

2. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan sanggup dipakai berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan sanggup dipakai berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat dan sanggup dipakai berulang
E. Ada 2 tanggapan benar

3. Salah satu sifat perubahan dalam penemuan yaitu upaya penyusunan kembali banyak sekali komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak ada jawaban

4. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri menyerupai proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi siswa mendapatkan konsep semoga sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi siswa untuk menunjukan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E. Semua tanggapan benar

5. Batas lulus purposif mengacu pada evaluasi ...
A. teladan norma
B. teladan kriteria
C. gabungan
D. teladan norma atau kriteria
E. Semua tanggapan benar

6. Tahap pada ketika individu/kelompok mulai membentu perilaku menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
E. Tidak ada jawaban

7. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang sanggup mengkaji banyak sekali aspek tulisan. Salah satu aspek yang sanggup dipakai sebagai pembeda adalah

A. sistematika tulisan

B. panjang tulisan

C. ragam bahasa yang digunakan

D. pengarang

E. Ada 3 tanggapan benar

8. Salah satu prediksi yang sanggup diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....

A. Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi

B. Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan

C. Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu

D. Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban

E. Tidak ada tanggapan benar

9. Berikut ini merupakan komponen evaluasi portofolio, kecuali ...

A. catatan pelajaran siswa

B. catatan harian perilaku siswa

C. hasil pekerjaan siswa

D. profil perkembangan siswa

E. Tidak ada tanggapan benar

10. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . .

A. Information

B. Convergence

C. Mutual Understanding

D. Network Relationship

E. Semua tanggapan salah

11. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat

A. Mutlak

B. mantap

C. tentatif

D. pasti

E. Semua tanggapan benar

12. Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut yaitu 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa yaitu ...

A. 0,5

B. 0,9

C. 3,0

D. 3,5

E. 1,2

13. Suatu sistem sosial yang secara terang mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu penemuan merupakan . . . .

A. Kegiatan pemeliharaan terbatas

B. Fasilitas fisik

C. Ukuran kewilayahan

D. Penggunaan waktu

E. Tidak ada jawaban

14. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan gres yaitu . . . .

A. Late Majority

B. Late Adopters

C. Early Majority

D. Early Adopters

E. Ada 2 tanggapan benar

15. Mencari penguatan terhadap keputusan penemuan yang dilakukan termasuk . . . .

A. Bujukan (persuasion)

B. Konfirmasi (confirmation)

C. Implementasi (implementation)

D. Pengembalian keputusan (decision making)

E. Tidak ada tanggapan yang benar

16. Portofolio sangat sempurna dipakai untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :

A. Selama pembelajaran berlangsung

B. Ketika akan dimulai pembelajaran

C. pada ketika psnkoran

D. Jawaban benar semua

E. Jawaban salah semua

17. Fungsi utama dari penerapan evaluasi portofolio yaitu ...

A. mengumpulkan hasil karya siswa

B. meningkatkan rasa saling percaya

C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa

D. menilai hasil berguru siswa

E. Semua tanggapan benar

18. Analisis soal secara kualitatif sangat baik alasannya setiap soal dilihat oleh ....

A. jago bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan

B. beberapa jago secara tolong-menolong dalam diskusi didasarkan materinya

C. beberapa jago yang berkompeten dalam kaidah penulisannya

D. jago materi dengan memakai perhitungan yang sederhana

E. Ada 2 tanggapan benar

19. Salah satu prediksi yang sanggup diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....

A. Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi

B. Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan

C. Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu

D. Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban

E. Tidak ada tanggapan benar

20. Melatih penerima didik untuk berpikir komprehensif dari banyak sekali disiplin ilmu atau banyak sekali aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .

A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif

B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah

C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap

D. Unit / Pembelajaran Terpadu.

E. PKR - Unit

21. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan gres yaitu . . . .

A. Late Majority

B. Late Adopters

C. Early Majority

D. Early Adopters

E. Ada 2 tanggapan benar

22. Penilaian teladan patokan menetukan keberhasilan siswa menurut ...

A. rata-rata kelompok

B. kriteria yang telah ditetapkan

C. persentase kemampuan siswa

D. skor baku yang telah ditetapkan

E. Semua tanggapan benar

23. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melaksanakan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....

A. pembelajaran sains sanggup diintegrasikan dengan pelajaran bahasa

B. pembelajaran sains sanggup diceramahkan secara rinci

C. pembelajaran sains memerlukan alat peraga

D. pembelajaran sains belum diperlukan

E. Semua tanggapan benar

24. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah

A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.

B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri menyerupai proses yang biasa dilakukan ilmuwan.

C. Memfasilitasi siswa mendapatkan konsep semoga sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

D. Memfasilitasi siswa untuk menunjukan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.

E. Semua tanggapan benar

25. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....

A. Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi

B. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut tanggapan uraian

C. Ada petunjuk yang terang perihal cara mengerjakan soal

D. Tabel atau grafik disajikan dengan terang dan terbaca

E. Tidak ada jawaban

26. Batas lulus purposif mengacu pada evaluasi ...

A. teladan norma

B. teladan kriteria

C. gabungan

D. teladan norma atau kriteria

27. Berikut ini merupakan komponen evaluasi portofolio, kecuali ...

A. catatan pelajaran siswa

B. catatan harian perilaku siswa

C. hasil pekerjaan siswa

D. profil perkembangan siswa

E. Semua tanggapan benar

28. Melatih penerima didik untuk berpikir komprehensif dari banyak sekali disiplin ilmu atau banyak sekali aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .

A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif

B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah

C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap

D. Unit / Pembelajaran Terpadu.

E. PKR - Unit

29. Sampai sejauh mana suatu penemuan sanggup sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .

A. Relative advantages

B. Complexity

C. Observability

D. Compatibility

E. Semua tanggapan salah

30. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat

A. Mutlak

B. mantap

C. tentatif

D. pasti

E. Semua tanggapan benar

31. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat

A. Mutlak

B. mantap

C. tentatif

D. pasti

E. Semua tanggapan benar

32. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu antara lain ...

A. Pertanyaan dan tanggapan yang diharapkan sesuai indikator

B. Rumusan kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya

C. Pertanyaan menuntut tanggapan terurai dan ada pedoman pensekorannya

D. Rumusan kalimat tidak mengakibatkan penafsiran ganda\

E. Ada 2 tanggapan benar

33. Suatu proses untuk mendapatkan isu dalam bentuk apapun perihal siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, kegiatan pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :

A. Asesmen

B. Evaluasi

C. Pengukuran

D. Tes

E. Semua tanggapan salah

34. Salah satu prinsip evaluasi yaitu reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat evaluasi yaitu ...

A. alat evaluasi diujikan pada orang yang sama

B. alat evaluasi diujikan pada orang yang berbeda

C. petunjuk pelaksanaan harus jelas

D. perlu alat penilain pembanding yang berbeda

E. Semua tanggapan benar

35. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek

A. panjang tulisan

B. nada tulisan

C. gaya tulisan

D. bahasa tulisan

E. Semua tanggapan salah

36. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada ketika anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....

A. Helen Parkhust

B. Kak Seto

C. John Dewey

D. Montessori

E. Ki Hajar Dewantara

37. Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan memecahkan masalah

C. Pengembangan sikap

D. Penekanan pada generalisasi.

E. Semua tanggapan salah

38. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di tempat kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .

A. Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management

B. School Merger

C. Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap

D. CBSA

E. Jawaban tidak ada

39. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari evaluasi berbasis kelas, kecuali :

A. Siswa tidak sekedar dilatih menentukan tanggapan yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk sanggup mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.

B. Pengumpulan isu perihal siswa sanggup dilakukan dengan memakai variasi cara dan berkesinambungan.

C. Hasil berguru siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil berguru siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

D. Penilaian dilakukan sesudah proses berguru mengajar selesai, sehingga sangat simpel bagi guru.

E. Tidak ada jawaban

40. Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut yaitu 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa yaitu ...

A. 0,5

B. 0,9

C. 3,0

D. 3,5

41. Salah satu prediksi yang sanggup diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....

A. Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi

B. Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan

C. Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu

D. Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban

E. Tidak ada tanggapan benar

42. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...

A. Kurang sanggup membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa

B. Bisa dipakai dengan cooperative learning

C. Pengetahuan dan keterampilan siswa sanggup diintegrasikan

D. Bisa dipakai untuk individu maupun kelompok.

E. Ada 2 tanggapan benar

43. Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang mempunyai implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :

A. Kompetensi

B. Standar kompetensi

C. Kompetensi dasar

D. Indikator pencapaian belajar.

44. Analisis soal secara kualitatif sangat baik alasannya setiap soal dilihat oleh ....

A. jago bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan

B. beberapa jago secara tolong-menolong dalam diskusi didasarkan materinya

C. beberapa jago yang berkompeten dalam kaidah penulisannya

D. jago materi dengan memakai perhitungan yang sederhana

E. Ada 2 tanggapan benar

45. Cara pemecahan dilema yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....

A. kondisi lingkungan sekolah

B. jumlah siswa dalam kelas

C. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran

D. sarana dan kemudahan yang tersedia.

E. Semua tanggapan benar

46. Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan sanggup mengadopsi penemuan yang ditawarkan merupakan adopsi penemuan pada tahap . . . .

A. Design

B. Evaluation

C. Trial

D. Wareness Interest

E. Wareness Trial

47. Tahapan PTK yang paling sempurna yaitu .....

A. perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis

B. refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan

C. perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi

D. refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.

E. perencanaan - Pelaksanaan - Analisis

48. Penilaian teladan patokan menetukan keberhasilan siswa menurut ...

A. rata-rata kelompok

B. kriteria yang telah ditetapkan

C. persentase kemampuan siswa

D. skor baku yang telah ditetapkan

E. Semua tanggapan benar

49. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi yaitu ...

A. Menentukan siapa yang akan mengobservasi

B. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi

C. Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi

D. Menentukan planning sampling

E. Semua tanggapan salah

Jawaban: B 50. Salah satu hal yang harus dihindari pada ketika menulis hasil penelitian adalah

A. menjelaskan partisipan

B. menulis dilema yang sudah pernah dibahas

C. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel

D. melaporkan kekerabatan yang dibahas dalam penelitian

51. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?

A. senjata makan tuan

B. kumbang anggun pengisap madu

C. imbas gizi pada pertumbuhan anak

D. imbas obat bius yang menghebohkan

E. Semua tanggapan benar

52. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah

A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.

B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri menyerupai proses yang biasa dilakukan ilmuwan.

C. Memfasilitasi siswa mendapatkan konsep semoga sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

D. Memfasilitasi siswa untuk menunjukan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.

E. Semua tanggapan benar

53. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian isu bersama untuk mencapai suatu komitmen bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .

A. Linier

B. Kontradiktif

C. Konvergen

D. Collective

E. Semua tanggapan salah

54. Kelebihan soal obyektif antara lain ...

A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat

B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan sanggup dipakai berulang

C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan sanggup dipakai berulang

D. materi uji luas, scoringnya cepat dan sanggup dipakai berulang

E. Ada 2 tanggapan benar

55. Penilaian hasil berguru sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan semoga ...

A. tes dikerjakan dengan santai, tidak serius

B. siswa sanggup menawarkan apa yang dipahaminya

C. kemampuan siswa sanggup meningkat

D. siswa tidak merasa rendah diri

E. Semua tanggapan salah

Untuk mend0wnl0ad soal latihan APKGM MAPEL IPA silahkan klik link dibawah


Demikian goresan pena tentang Simulasi Soal-Soal APKGM 2018 Mapel IPA MTs, semoga bermanfaat. soal latihan ini hanya bersifat latihan saja, tidak serta merta akan sama dengan soal APKGM yang sessungguhnya. terima kasih atas perhatian sahabat guru, hingga jumpa di postingan berikutnya. salam hening dari gurujugan ujung timur pulau garam.

Sumber http://www.gurujugan.com