Sunday, November 19, 2017

√ Rpp Ips Kelas 8 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

RPP IPS Kelas 8 Semester Ganjil

RPP IPS Kelas 8 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 – Selepas pembagian rapor, pelajar dan guru akan menikmati liburan tamat tahun pelajaran. Tetapi bapak dan ibu guru selepas itu akan disibukkan kembali dengan menciptakan perangkat pembelajaran. 

Perangkat pembelajaran sangat dibutuhkan oleh semua guru, baik yang mengajar di sekolah negeri ataupun swasta. Karena perangkat pembelajaran menjadi pedoman guru sebelum mengajar di kelas biar materi yang disampaikan sesuai dengan silabus dan kurikulum yang berlaku.

Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Sekolah Menengah Pertama kelas 8 yang membutuhkan perangkat pembelajaran semester ganjil, berikut ini kami menawarkan file kepada bapak dan ibu guru semua. 

Untuk melihat RPP sesuai atau tidak maka pada kesempatan ini kami akan menawarkan salah satu pola RPP IPS Kelas 8 semester ganjil.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sindang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII/Ganjil 
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Materi : Perubahan Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Indonesia Dan Negara-Negara ASEAN
Alokasi Waktu : 36 JP (18 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik.. 3.1.1. Menjelaskan  perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan Negara-negara ASEAN
3.1.2. Menjelaskan letak luas dan batas Negara-negara ASEAN
3.1.3. Menjelaskan keunggulan Iklim ASEAN
3.1.4. Menjelaskan jawaban dari iklim muson tropis terhadap kehidupan.
3.1.5. Menjelaskan keunggulan geostrategis Negara – Negara ASEAN.
3.1.6. Menjelaskan keunggulan tanah di Negara-negara ASEAN
3.1.7. Menjelaskan Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
3.1.8. Mengidentifikasi Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk).
3.1.9. Mengidentifikasi  Sumber Daya Manusia ( jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, keragaman etnik (aspek-aspek budaya
3.1.10. Mengidentifikasi persoalan jawaban interaksi antarruang
4.1 Menyajikan hasil telaah wacana perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan insan (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik. 4.1.1 Mempublikasikan hasil pengamatan wacana perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan Negara-negara ASEAN
4.1.2 Mempresentasikan hasil diskusi wacana keunggulan iklim ASEAN.
4.1.3 Membuat Laporan keunggulan lokasi terhadap aktivitas produksi di ASEAN
4.1.4 Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
4.1.5 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie
4.1.6 Membuat perbandinagn data kependudukan  (sebaran dan pertumbuhan)  menurut tahun
4.1.7 Membuat laporan Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk) 

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian aktivitas pembelajaran akseptor didik dapat:
1. Mengetahui kondisi geografis Negara-negara ASEAN 
2. Memahami kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi

Fokus nilai-nilai sikap
1. Religius
2. Toleransi
3. Demokratis
4. Kesantunan
5. Tanggung jawab
6. Kedisiplinan

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta
Letak Negara Asia Tenggara
Kerjasama antara Negara-negara Asia Tenggara disebut ASEAN.
ASEAN beranggotakan 10 Negara.
b. Konsep
Letak Geografis Negara-negara ASEAN berada di antara tiga perarairan :
Samudra  Hindia dan Teluk Benggala di bab barat;
Laut Cina Selatan di utara;
Samudra Pasifik di timur.
Letak astronomis Negara-Negara ASEAN 280 LU – 110 LS dan 920 BT – 1410 BT

c. Prinsip
ASEAN terletak di iklim tropis
Mata pencaharian penduduk Negara ASEAN rata-rata petani

d. Prosedur
Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
Membuat perbandinagn data kependudukan  (sebaran dan pertumbuhan)  menurut tahun

2. Materi Pembelajaran Remedial 
a. (Ambil dari Materi Reguler)
Guru menjelaskan kembali materi pada kompetensi dasar yang belum tuntas, kemudian akseptor didik diminta mempelajari materi tersebut dan menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya. Setelah itu, Guru menawarkan test secara verbal atau tertulis untuk menilai kembali penguasaan kompetensi dasar tersebut
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN) 
Dampak interaksi antarruang di Negara-negara ASEAN
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. (Ambil dari Materi Reguler)
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan menawarkan suplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan
Peserta didik di minta menciptakan profile Negara-negara  anggota ASEAN
Membuat Peta Bumi Negara-negara ASEAN

E. Metode Pembelajaran
1. Model :  Discovery Learning
2. Pendekatan :  Scientific Learning
3. Metode :  Ceramah, diskusi dan penugasan

F. Media/alat, Bahan dan  Sumber Beljar
1. Media/alat:
a. Media LCD projector, 
b. Laptop, 
c. Speaker aktif
d. Bahan Tayang
2. Bahan:
a. Kertas karton
b. Papan tulis
c. Spidol
3. Sumber Belajar
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
c. Modul/bahan ajar,
d. internet, 
e. Sumber lain yang relevan

G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK)Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
•Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VII
• Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 
• Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 
Motivasi
• Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
• Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan tentang: 
  Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
• Mengajukan pertanyaan. 
Pemberian Acuan
• Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
• Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
• Pembagian kelompok belajar
• Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  dengan cara : 
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto wacana Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi menyerupai gambar dibawah

Mengamati
Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, akseptor didik diminta untuk mendiskusikan wacana hal-hal yang ingin diketahui.
Membaca (LITERASI) (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung), 
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi 
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi 
Menyimak,
Peserta didik diminta menyimak klarifikasi pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran  mengenai :
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi

Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana : (HOTS)
Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya  :
Apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Bagaimana kondisi geografis daerah ASEAN ?
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian, 
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari banyak sekali sumber tentang
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi 
  Membaca sumber lain selain buku teks, 
  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku acuan tentang
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
  Mempresentasikan ulang 
Aktivitas
Siswa diminta untuk menganalisis peta untuk mengetahui negara-negara ASEAN
Siswa diiminta untuk memberikan secara verbal atau goresan pena mengenai kondisi geografis negara-negara ASEAN 
Mendiskusikan (4C)
Siwa dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang. Didalam kelompok siswa melaksanakan diskusi mengenai  Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. 

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data : 
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi 
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya. 
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai 
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : 
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : 
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. 
Menyimpulkan  wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
• Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi 
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa. 
Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran 

Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
• Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
• Mengagendakan pekerjaan rumah.
• Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
• Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  pribadi diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi projek.
• Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
• Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya

Berikut ini RPP dan Silabus IPS kelas 8 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang di dalamnya terdapat :
Cover
Silabus
Analisis Alokasi Waktu
Analisis Kompetensi
Program Semester
Program Tahunan
Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
Format Penentuan KKM
RPP Bab 1 Manusia, Tempat dan Lingkungan
RPP Bab 2 Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial  

Bagi bapak dan ibu yang ingin mengunduh RPP dan Silabus IPS kelas 8 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 silakan




Sumber http://www.didno76.com