Friday, November 3, 2017

√ Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contohnya

Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Hyperlink. Penjelasan yang mencakup pengertian, fungsi, jenis, cara membuat, contoh hyperlink yang akan dibahas dengan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contohnya


Mari kita bahas dulu mulai dari pengertiannya


Pengertian Hyperlink


Hyperlink yaitu suatu cara menghubungkan suatu bab didalam slide, file, kegiatan ataupun halaman web dengan bab yang lainnya dalam bidang tersebut. Hyperlink biasanya digunakan untuk menandakan lokasi dari teks ataupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink ini sanggup menghubungkan beberapa objek, file, dokumen, halaman web dan lain-lain.


Pengertian lain dari hyperlink yaitu suatu teks yang mengarahkan ke tampilan halaman lain. Nama lain dari hyperlink yaitu link, jikalau kita  mengklik hyperlink pada halaman suatu website artinya kita telah membuka browse WWW “wordl wide web” dan akan menuju ke halaman yang lain atau dokumen lain.


Seluruh website didalamnya niscaya terdapat hyperlink pada tiap halaman atau pagenya, sehingga akan memudahkan pengunjung menjelajahi setiap page/halaman yang ada pada website atau tersebut.


Dari pengertian diatas, ada beberapa pengertian lalin dari hyperlink yaitu:



  • Pada Buku Cara Praktis Menguasai Google Docs

    Hyperlink atau link yaitu teks yang sanggup menuntun kita untuk menuju URL tertentu.

  • Buku TIK Sekolah Menengan Atas Kelas XII

    Hyperlink yaitu teks atau gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.

  • Buku Desain Web dengan MS Frontpage 97

    Hyperlink yaitu kekerabatan dari page WWW ke file pada WWW. Tujuan dari hyperlink pada umumnya yaitu page WWW lainnya, tetapi sanggup juga berupa file multimedia atau bahkan program.

  • Wikipedia

    Hyperlink atau dalam bahasa Indonesia disebut pranala yaitu sebuah contoh dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain.


Fungsi Hyperlink


Fungsi hyperlink yaitu suatu fungsi dalam HTML “Hyper Text Markup Language” yang tujuannya untuk memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri warta yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya dan link juga mempunyai kegunaan untuk menghubungkan antar dokumen HTML.


Pada umumnya hyperlink atau link ditampilkan dalam abjad dengan warna yang berbeda, yang paling sering yaitu berwarna biru. Apabila kursor mouse komputer atau laptop diarahkan ke link tersebut maka abjad akan kelihatan bergaris bawah dan kursos akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk pada link tersebut. Apabila link itu sudah pernah diklik atau diakses, maka objek link warnanya menjelma ungu atau warna lain. Hyperlin atau Link sanggup dipasang tidak hanya pada teks, tetapi juga pada gambar dan jikalau gambar diklik maka akan dibawa ke tampilan lain dari isi link tersebut.


Jenis-Jenis Hyperlink


Hyperlink mempunyai beberapa jenis, yaitu:




  • Absolute Addres


    Absolute Addres atau alamat mutlak yaitu full internet addres “URl” yang mencakup protocokl, network location, path dan nama file. Biasanya jikalau kita memberi backlink pada artikel di web kita sendiri atau web orang lain kita selalu memakai hyperlink jenis ini.



  • Relatif Addres


    Relatif addres atau alamat relatif yaitu URL yang tidak menyebutkan protocol dan network locationnya, tetapi hanya path dan nama filenya. Jenis hyperlink ini banyak digunakan kedalam sebuah website atau blog.



  • Link Ke Section Tertentu Dalam Dokumen


    Maksudnya yaitu menciptakan suatu link ke wilayah “section” tertentu dari suatu dokumen atau artikel. Dapat digunakan juga untuk menciptakan kamus.



 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Hyperlink √ Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contohnya


Cara Membuat Hyperlink


Berikut ini yaitu cara menciptakan sebuah hyperlink atau link. Hyperlink pada HTML terbentuk dari tag <a>, secara default penulisan hyperlink pada HTML yaitu sebagai berikut:

<a href=”URL”>Anchor Text</a>


Contoh Hyperlink


Berikut yaitu contoh hyperlink menurut cara menciptakan yang telah dijelaskan diatas.



  • Hyperlink : <a href=”https://www.seputarpengetahuan.co.id”>Sepengetahuan.Co.Id</a> dan jadinya yaitu Sepengetahuan.Co.Id

  • Hyperlink untuk file Download: yaitu menciptakan hyperlink yang jikalau user mengklik ini makan akan menampilkan d0wnl0ad file pada komputer Contohnya:

    <a href=”https://www.seputarpengetahuan.co.id/sample-gambar.jpg” d0wnl0ad>

  • Hyperlink rel nofollow: memilih kekerabatan antara dokumen ketika ini dan dokumen terkait. Value yang digunakan yaitu alternative, author, bookmark, hel, license, next, nofollow, prev, seach, tag. Contohnya:

    <a href=”https://www.seputarpengetahuan.co.id rel=”nofollow”>seputarpengetahuan.co.id</a>


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Contoh Terlengkap, supaya dengan adanya pembahasan tersebut sanggup menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id