Sunday, November 5, 2017

√ Pengertian Folder, Fungsi Folder Dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal folder. Pembahasan kali ini mencakup pengertian folder, fungsi dan cara menciptakan folder. Untuk itulah simaklah klarifikasi dibawah ini dengan secama.


Folder Di Amerika Serikat dinamakan File Folder, sedangkan di Inggris dan Australia disebut Folder. Kaprikornus folder ini untuk memisahkan file berbentuk kertas sesuai dengan jenis filenya. Menggunakan folder sanggup mengurangi resiko kerusakan file sebab biasanya folder tersebut dari material yang lebih keras daripada kertas. Bahan pembuat folder berbeda-beda, sanggup terbuat dari kertas yang agak keras atau sanggup juga dibentuk dari plastik.


Sedangkan pada komputer, folder tidak jauh berbeda menyerupai yang telah dijelaskan diatas. Tetapi perbedaannya yakni jikalau folder di komputer berbentuk digital atau tidak berwujud faktual sedangkan folder untuk menyimpan file kertas berbentuk fisik dan sanggup dilihat dan dipegang.



Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap)


Penggunaan folder di komputer sangat penting fungsinya. Yang nantinya akan dijelaskan lebih mendalam perihal fungsi folder.


Pengertian Folder


Folder yakni suatu kegiatan digital pada komputer atau personal komputer (PC) yang berkhasiat untuk menyimpan aneka macam macam file (baik data dalam bentuk teks, foto, video dll) didalamnya. Dengan adanya folder kita lebih gampang dalam memisahkan file yang sejenis atau ber ekstensi sama. Misalnya file musik, dokumen, foto, video dipisahkan sendiri-sendiri memakai folder. Kaprikornus saat kita membutuhkan file tersebut kita tidak perlu susah mencarinya, cukup cari saja folder yang sudah di buat sebelumnya.


Folder secara permanen sudah terinstal didalam sistem operasi di komputer atau laptop. Biasanya untuk mengambarkan suatu folder ada icon yang menggambarkan simbol berbentuk tas atau koper yang berwarna kuning. Nama lain dari folder yakni direktori. Biasanya bahasa directory dipakai di komputer yang berbasis DOS dan linux.


Fungsi Folder


Folder berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file. Didalam folder sanggup menyimpan jenis file lain, menyerupai aplikasi, foto, arsip, video dan jenis file lainnya. Dan didalam folder sanggup pula ditambahkan folder dan subfolder.


Fungsi folder juga untuk mengatur file. Misalanya yakni saat kita mempunyai beberapa foto digital, kita sanggup menyimpan foto tersebut dalam folder “Gambar atau Picture”, jikalau kita mempunyai file menyerupai mp3, midi kita sanggup menciptakan folder “Audio atau Music” untuk menyimpannya, dan jikalau kita mempunyai file dalam bentuk ketikan, data excel, surat-surat kita sanggup berbagi folder “Documents” untuk menyimpannya. Atau sanggup juga saat sering mend0wnl0ad dari internet akan secara otomatis disimpan dalam folder “Downloads”.


Didalam Windows, software yang terinstal secara default disimpan pada folder “Program Files”, sedangkan apabila memakai linux software disimpan di folder “Applications”.


Folder sanggup berisi sampai beberapa gigabyte data. Kita sanggup melihat berapa kapasitas data yang tersimpan dalam satu folder dengan cara klik kanan pada folder kemudian pilih “properties” saat memakai sistem operasi windows, jikalau memakai sistem operasi linux sanggup dengan cara klik kanan pilih “Get Info”.


Cara Membuat Folder


Cara menciptakan folder pada operasi sistem windows yakni sebagai berikut:



  • Masuklah ke dalam Windows Explorer atau tekan tombol Windows + E pada keyboard secara bersama

  • Pilih drive yang diinginkan untuk menciptakan folder, contohnya drive C

  • Arahkan mouse ke daerah kosong, klik kanan, pilih New, kemudian pilih Folder

  • Akan ada folder gres di drive c dengan nama “New Folder”, kita sanggup memberi nama folder gres tersebut dengan gampang dengan cara, klik kanan pada polder, pilih Rename dan isi dengan nama yang di inginkan

  • Folder telah akibat dibuat


 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal folder √ Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap)


Cara lain menciptakan folder selain di drive yakni pribadi dari dekstop laptop atau komputer:



  • Buka komputer, kemudian hidupkan

  • Setelah komputer siap, maka klik kanan pada dekstop

  • Lalu pilih New Folder

  • Maka akan terbuat folder gres di dekstop

  • Untuk menciptakan folder di sistem operasi linux kurang lebih sama caranya yaitu dengan cara pilih New Folder juga.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap), biar dengan adanya pembahasan tersebut sanggup menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id