Wednesday, October 18, 2017

√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis Pola Promosi Lengkap

Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana promosi. Penjelasan yang mencakup pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, teladan promosi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap


Sebelum membahas lebih jaih, marikita simak dulu pengertian promosi berdasarkan para ahli


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli


Promosi yaitu cara untuk memberitahukan atau mengatakan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.



  1. Kotler (2000: 119)

    Pengertian promosi berdasarkan Kotler yaitu bab dan proses taktik pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan memakai komposisi bauran promosi “promotional mix”

  2. Gitosudarmo (2000: 237)

    Pengertian promosi berdasarkan Gitosudarmo yaitu acara yang ditujukan untuk menghipnotis konsumen semoga mereka sanggup menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi bahagia kemudian membeli produk tersebut.


Fungsi Promosi


Fungsi dari promosi untuk sebuah bisnis yaitu berdasarkan Supardi Lee berikut ini:




  1. Fungsi Pengenalan


    Pada fungsi pengenalan, tujuan dari promosi yaitu supaya produk yang akan dijual sanggup diketahui oleh masyarakat. Terkadang produk dipromosikan hanya memuat informasi-informasi yang dasar. Contohnya yaitu informasi merek, harga produk, keungulan produk tersebut dibandingkand dengan yang lain.



  2. Fungsi Penawaran


    Seorang konsumen tidak saja diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga mengatakan kepada konsumen semoga menciptakan suatu keputusan untuk melaksanakan pembelian. Contohnya untuk pembeli 100 pertama akan mendapat diskon sebesar 10% dan gratis souvenir ibarat domepet atau aksesoris.



  3. Fungsi Penjagaan Konsumen


    Pada fungsi ini lebih ditekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang dilakukan utamanya yaitu mengatakan pelayanan supaya konsumen setia pada produk. Contohny yaitu promosi member only (hanya member) pada bisnis-bisnis tertentu (MLM dll)



  4. Fungsi Perbaikan


    Pada fungsi perbaikan fungsi promosi yaitu untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibentuk baik oleh pemiliki produk atau tim pada perusahaan. Dapat dikatakan juga sebagai seruan maaf produsen kepada konsumen. Contohnya dikala ada yang menjual buku “Cara Berternak Ikan Lele” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya. Tetapi ternyata penulis buku tersebut lupa menyisipkan CD tersebut, sebagai seruan maaf, penulis buku akan mengatakan CD tutorial tersebut ditambah souvenir kepada pembeli.



Jenis Promosi


Berikut ini yaitu jenis-jenis promosi atau macam-macam promosi.


Periklanan (Advertensi)


Periklanan sanggup dibedakan menjadi 5 berdasarkan media yang dipakai:

-Advertensi media cetak: koran, majalah, brosur, pamplet dan lain lain

-Advertensi media elektronik: website, blog, sosial media, radio, televisi dan lain lain

-Kirim eksklusif yaitu barang cetakan yang dikirim eksklusif dengan memakai jasa pos kepada target

-Advertensi khusus yaitu semua jenis barang yang bentuknya berupa hadiah


Personal Selling


Personal selling merupakan penyajian barang dengan cara verbal dan tatap muka eksklusif terhadap satu orang atau lebih calon pembeli yang bertujuan supaya barang yang ditawarkan sanggup terjual.


Sales Promotion


Sales promotion yaitu salah satu bentuk promosi yang dilakukan merangsang pembelian barang perusahaan. Alat-alat yang digunakan dalam sales promotion adalah:



  • Contoh barang atau sampel , dalam melaksanakan promosi jenis ini dihentikan ragu untuk memberi teladan kepada pembeli.

  • Kupon atau voucher merupakan akta kepingan harga kepada pemegangnya sehingga menghemat pembelian suatu produk.

  • Premi yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah

  • Paket harga merupakan produk harga yang mengatakan harga lebih rendah daripada harga biasanya jikalau pembeli membeli produk dengan jumlah yang telah ditentukan

  • Tawaran uang kembali yaitu ajuan yang dilakukan jikalau terjadi ketidaksesuaian antara produk dengan harga yang terjadi kerusakan pada produk yang idibeli berdasarkan produkny maka uang akan dikembalikan.

  • Promosi dagan ialah penawaran terhadap suatu barang berupa kepingan harga dalam jangka waktu tertentu.

  • Undian ialah cara promosi dengan mengajak konsumen untuk mengumpulkan label atau kupon wacana produk yang kemudian diundi dan mendapat hadiah.

  • Kontes yaitu cara promosi dengan bentuk mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana promosi √ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis  Contoh Promosi Lengkap


Publicity


Publicity ialah perjuangan pendekatan pada masyarakat supaya lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.


Contoh Promosi



  • Sebuah perusahaan A mempromosikan produknya melalui iklan di TV Nasional

  • Sms 10 kali bonus sms 1000 kali ke sesama operator

  • Diskon 70% untuk produk A di Supermarket

  • Beli 3 gratis 3 untuk produk brand A

  • Telpon 1 kali bonus 100 menit ke semua operator

  • Beli 2 bayar 1

  • Pembelian di atas jam 10 malam dapatkan diskon sampai 90%


Demkianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id