Thursday, October 19, 2017

√ Daftar Sumber Daya Alam Filipina Paling Lengkap

 Meskipun sumber daya alam Filipina melimpah √ Daftar Sumber Daya Alam Filipina Paling Lengkap
Filipina kaya akan sumber daya alam. Negara ini mempunyai tanah yang subur, bermacam-macam tumbuhan dan fauna, garis pantai yang luas, dan deposit mineral yang melimpah. Meskipun sumber daya alam Filipina melimpah, pemerintah membatasi eksploitasinya. Larangan penebangan hutan berlaku ketat di negara ini. Namun penebangan liar dan penambangan ilegal skala kecil terus berlanjut pada banyak daerah. Pada Juli 2012, Presiden Benigno Aquino sempat memerintahkan penghentian semua aktivitas penambangan di 78 wilayah daerah hutan lindung dan ekowisata. Langkah konkret ini diambil untuk melindungi sumber daya alam Filipina.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Terdiri dari 7.100 pulau, Filipina yaitu negara berbahasa Inggris terbesar ketiga di dunia. Negara kepulauan ini terletak di Laut Cina Selatan dan terkenal dengan tempat-tempat pariwisata terkenal dan banyak variasi budaya yang berasal dari peninggalan aneka macam bangsa penjajah yang pernah menduduki wilayah ini selama berabad-abad lamanya. Hasil sumber daya alam Filipina yang melimpah dipakai untuk membantu menopang negara ini, serta menjadikannya sebagai salah satu negara dengan ekonomi elok di daerah Benua Asia khususnya di Asia Tenggara. Beberapa potensi sumber daya alam Filipina yaitu spesies laut, mineral, binatang dan tumbuhan.

Sumber Daya Laut di Filipina

Karena dikelilingi oleh lautan, tidak mengherankan bahwa Filipina bergantung pada perairan maritim sebagai sumber daya alam yang penting. Ada lebih dari 640.000 mil persegi perairan teritorial di Filipina dan di perairan ini ada banyak sekali kehidupan maritim dan bahan-bahan berharga lainnya. Setidaknya ada 65 spesies dari 2.400 spesies yang ada di maritim Filipina mempunyai nilai komersial sangat penting ibarat kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba, ikan paus dan lainnya, menimbulkan maritim Filipina sebagai salah satu maritim dengan sumber daya alam terbaik.

Sumber Daya Mineral di Filipina

Filipina bukan negara yang kaya minyak, tetapi tanahnya masih penuh dengan banyak mineral berharga. Diperkirakan ada 21,5 miliar metrik ton cadangan logam di Filipina dan 19,3 miliar metrik ton mineral bukan logam di dalam tanah. Nikel yaitu deposit yang paling melimpah di Filipina, selain itu besi, seng, kromit, belerang dan tembaga juga hadir dalam jumlah yang signifikan.

Sumber Daya Flora dan Fauna di Filipina

Iklim tropis di Filipina menjadikannya sebagai lokasi yang ideal untuk aneka macam jenis bunga dan tumbuhan lainnya. Pulau-pulau di Filipina mempunyai lebih dari 2 juta spesies tumbuhan dan hewan, dimana beberapa diantaranya tidak ditemukan di tempat lain di serpihan bumi ini. Banyak tumbuhan dan fauna di Filipina dipakai sebagai sumber daya alam yang penting dalam bentuk produk dan menjadi komoditas ekspor andalan negara ini, ibarat pakis, bambu, mangrove (bakau), pohon kelapa, biji mahoni, pohon nipah, sampaquita, anggrek, pili nut, elang, burung merak, tokek (kadal), ular piton, dugong (sapi laut), kupu-kupu, ngengat, carabao (kerbau).

Tanaman Utama di Filipina

Sejarah gunung berapi di negara ini yang berafiliasi dengan dataran luas menciptakan Filipina menjadi tempat utama menanam tumbuhan untuk keperluan domestik dan ekspor. Luzon Tengah, Lembah Cagayan dan Negros yaitu beberapa tempat dengan tanah yang subur di Filipina. Tanah di daerah tersebut dipakai sebagai sumber mata pencaharian utama negara ini. Tanaman utama negara ini termasuk beras, jagung, tebu, abaca dan tembakau. Beras dan jagung dipakai di dalam negeri, sisanya dipakai sebagai materi ekspor utama. Filipina juga mengekspor sejumlah nanas, pisang, durian dan mangga.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Berdasarkan rangkuman di atas, dibawah ini disajikan daftar sumber daya alam Filipina yang menjadi andalan negara ini untuk menopang perekonomiannnya:
  1. Sumber Daya Laut: kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba dan ikan paus.
  2. Sumber Daya Mineral: nikel, bijih besi, seng, kromit, tembaga, watu kapur, marmer, asbestos, tanah liat, aspal, feldspar, sulfur/belerang, talk, dan fosfat.
  3. Sumber Daya Flora (Tumbuhan): pakis, bambu, mangrove (bakau), pohon kelapa, biji mahoni, pohon nipah, sampaquita, anggrek dan pili nut.
  4. Sumber Daya Fauna (Hewan): elang, burung merak, tokek (kadal), ular piton, dugong (sapi laut), kupu-kupu, ngengat dan carabao (kerbau).
  5. Tanaman Utama: beras, jagung, tebu, abaca, tembakau, nanas, pisang, durian dan mangga.

Sumber http://www.geologinesia.com