Tuesday, October 17, 2017

√ Cara Menciptakan Daftar Isi Blog Wordpress Otomatis (Dalam Artikel)

Lapaklama.com » Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Postingan)


Dalam menciptakan artikel tentu kita harus memudahkan pembaca dalam memahami apa isi didalam artikel yang kita tulis. dengan menyediakan daftar isi blog menciptakan pengunjung sanggup dengan gampang mebafsirkan apa isi yang ada didalam artikel itu.


Daftar isi blog didalam postingan sudah banyak di gunakan di situs-situs besar ibarat wikipedia, blog niagahoster, bahkan hingga blog sederhana ini saja saya lengkapi dengan daftar isi. Tujuanya sih simpel biar pengunjung sanggup membaca inti pokok yang ada di artikel kita tanpa harus membacanya dari awal hingga ahir.


Mungkin menciptakan hal ibarat ini di blog blogger akan terlihat sangat sulit, namun untuk blog wordpress sangatlah mudah. ibarat yang sudah kita ketahui wordpress mempunyai berbagai plugin yang sanggup kita gunakan untuk menciptakan seseuatu, ibarat Ranting Bintang, dan daftar isi blog didalam artikel.


Untuk demo daftar isinya sanggup kau lihat pribadi dibawah ini.


Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress (Dalam Postingan)


Daftar isi didalam postingan artikel sangat saya rekomendasikan buat teman-teman yang mempunyai blog dengan artikel-artikel yang panjang, selain memudahkan pembaca dalam memahami isi dari blog kita juga sangat bermanfaat untuk kepentingan SEO blog.


Hal ini kembali lagi ke algoritma google ketika ini yang mementingkan user experience.


Berikut tutorialnya


1. Install Plugin


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas menciptakan blog dengan memakai wordpress itu sangat gampang dan menyenangkan, gimana tidak! dengan hanya menginstall plugin saja kita sudah sanggup dengan gampang menambah, memodifikasi, atau bahkan mengurangi fitur didalam blog.


Nah untuk menciptakan sebuah daftar isi blog wordpress kita akan membuatnya memakai plugin yang bernama Table of Contents Plus, Silahkan install dan aktifkan plugin ini di wordpress kamu.


2. Lakukan Pengaturan


Setelah kau mengaktifkan plugin tak lantas pribadi aktif ya! alasannya ialah kau harus melaksanakan beberapa pengaturan sebelum memakai plugin Table of Contents Plus untuk menampilkan daftar isi didalam artikel.


Berikut cara settingnya.



  • Pilih menu Settings > TOC+Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis  √ Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)

  • Pada tab Main Options silakan lakukan pengaturan sesuai harapan Anda. Selengkapnya sanggup Anda lihat pada gambar di bawah ini.Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis  √ Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)

  • Position – berfungsi memilih posisi dari daftar isi dari artikel.

  • Show when – daftar isi ditampilkan dengan jumlah minimal sub-judul (angka tersebut bergantung pada sub-judul artikel Anda).

  • Silakan centang bagian post dan page jika ingin menampilkan daftar isi pada konten tersebut.Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis  √ Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)

  • Heading text – berfungsi untuk menciptakan nama dari daftar isi.

  • Show hierarchy – berfungsi untuk menampilkan hierarki pada daftar isi.

  • Number list items – berfungsi untuk memperlihatkan nomor pada daftar isi.

  • Silakan centang bagian Enable smooth scroll effect jika ingin berhenti pada bab sub-judul ketika daftar isi diklik.

  • Untuk tampilan daftar isinya ada beberapa tampilan yang sanggup kau pilih, atau kau juga sanggup mendesainya sendiri.Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis  √ Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)

  • Width – berfungsi untuk mengatur lebar dari daftar isi.

  • Wrapping – berfungsi untuk mengatur posisi.

  • Font size – berfungsi untuk mengatur ukuran huruf.

  • Presentation – berfungsi untuk mengatur tampilan.


Note: Jika kau ingin menampilkan daftar isi pada artikel-artikel tertentu, silahkan tambahkan shortcode [no_toc]. Namun cara ini mungkin akan memakan banyak waktu, terutama buat blog yang sudah mempunyai banyak konten.

Baca Juga:




Menambahkan Daftar Isi di Sidebar


Selain itu kau juga sanggup lo menambahkan daftar isi didalam sidebar blog. caranya:



  1. Silakan pilih menu Appearance > Widgets

  2. kemudian pilih widget TOC+

  3. Lalu Klik Add Widget jikalau sudah jangan lupa untuk menyimpan semua pengaturan.Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis  √ Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)


Jika sesudah menambahkan widget daftar isi dibagian sidebar blog, kau sanggup lo menonaktifkan daftar isi pada konten dengan mencentang Show the table of contents only in the sidebar. sehingga nanti daftar isinya hanya ada dibagian sidebar blog saja.


Itulah panduan lengkap Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel), Jika kau suka dengan artikel ini, boleh donk berikan komentar dan 5 bintangnya. terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com