Sunday, October 22, 2017

8 Efek Tenaga Kerja Abnormal Di Indonesia: Nyata Dan Negatif

Persaingan ialah salah satu hal yang semakin meluas dan sanggup kita temui di banyak sekali bidang kehidupan dan di banyak sekali wilayah, hingga ke tingkat antar negara. Persaingan tidak hanya di bidang prestasi saja, namun juga pengembangan teknologi, pendidikan, perdagangan, transportasi dan lain sebagainya. Persaingan yang ketat menciptakan setiap negara harus membuatkan potensi yang dimilikinya dan berupaya dengan keras untuk sanggup bertahan di dunia internasional dan dengan negara- negara lain. Dari persaingan yang ketat itulah maka lalu timbulah perdangan bebas dan perekonomian bebas. Tidak hanya perdaganagn barang dan jasa antar negara saja yang bebas, namun juga di bidang sumber daya manusianya.


Persaingan sumber daya insan ialah kasus yang tidak sanggup disepelekan. Bebas keluar masuk bagi tenaga kerja dari suatu negara ke negara lain menciptakan setiap individu mau tidak mau harus memacu semangat untuk memperbaiki diri. Keluar masuknya tenaga kerja dari negara lain juga terjadi di Indonesia. Tenaga kerja yang berasal dari luar negeri kita sebut sebagai tenaga kerja asing. Tenaga kerja abnormal yang tiba ke Indonesia terjadi di banyak sekali bidang, menyerupai bidang pendidikan, konstruksi, manager, hingga buruh. Hampir di banyak sekali bidang pekerjaan kini ini sudah didatangi oleh tenaga kerja asing, meskipun jumlahnya tidaklah banyak. Tentunya kedatangan tenaga kerja abnormal di Indonesia akan membawa banyak sekali imbas bagi Indonesia, baik imbas kasatmata maupun imbas negatif. Dampak- imbas datangnya tenaga abnormal ke Indonesia inilah yang akan kita bahas bersama dalam artikel ini.


Dampak Positif


Tenaga kerja abnormal yang tiba ke Indonesia membawa banyak sekali dampak, ada imbas kasatmata ada imbas negatif. Beberapa imbas kasatmata yang timbul sebab adanya tenaga kerja abnormal di Indonesia antara lain sebagai berikut:



  • Masuknya ilmu dan teknologi gres di sebuah bidang pekerjaan


Dengan adanya tenaga kerja asing, maka kita akan mendapat ilmu gres di sebuah bidang pekerjaan. Ilmu gres ini sanggup kita dapatkan dari tenaga kerja abnormal yang mungkin biasa dilakukan di negara asalnya. Dengan adanya ilmu gres ini maka menambah penemuan di Indonesia. Tidak hanya ilmu gres saja, namun juga teknologi baru. Tenaga kerja abnormal membawa teknologi yang dipakai dari negara asalnya untuk diterapkan di Indonesia. Hal ini akan sangat menguntungkan apabila tenaga kerja abnormal berasal dari negara maju di bidangnya.



  • Pengembangan suatu bidang menjadi lebih cepat


Pengembangan suatu bidang pekerjaan sangat didukung oleh sumber daya insan yang berkualitas dan ahli. Penggunaan tenaga kerja abnormal yang sudah berpengalaman di suatu bidang akan sanggup menjadi sarana pengembangan yang baik di suatu bidang pekerjaan. Dan pengalaman yang baik ini sanggup ditularkan untuk orang- orang lokal Indonesia.



  • Adopsi teknologi gres cepat terjadi


Adopsi teknologi akan gampang dilakukan apabila ada tenaga yang hebat di bidangnya. Teknologi dari negara maju akan gampang dilakukan apabila didukung oleh seseorang yang berpengalaman, apalagi dari negara asal teknologi tersebut.



  • Terjadinya peningkatan investasi di Indonesia


Dengan adanya tenaga kerja abnormal yang tiba di Indonesia maka diperkirakan akan adanya peningkatan investasi di Indonesia. Hal ini juga didapatkan dari hasil perekrutan tenaga kerja abnormal tersebut.



  • Memicu produktivitas tenaga kerja lokal


Persaingan tenaga kerja abnormal dan lokal pastinya akan memicu semangat tenaga kerja lokal untuk terus memacu dirinya semoga sanggup tetap bertahan dalam persaingan.


Nah itulah beberapa imbas kasatmata mengenai masuknya tenaga kerja abnormal ke wilayah negara Indonesia. Selain imbas positif, selanjutnya ada pula imbas negatif dari masuknya tenaga abnormal di Indonesia.


Dampak Negatif


Adanya peraturan pemerintah mengenai penggunaan tenaga kerja abnormal memang menuai banyak kotroversi di kalangan masyarakat. Hal ini sebab mempertimbangkan kemungkinan imbas negatif yang sanggup ditimbulkan dari masuknya tenaga kerja abnormal di Indonesia antara lain sebagai berikut:



  • Mempersempit kesempatan kerja tenaga kerja lokal


Dampak negatif masuknya tenaga kerja abnormal yang paling terasa ialah terasa menyempitnya lapangan pekerjaan di dalam negeri. Hal ini sebab jumlah tenaga kerja akan bertambah banyak. Jika tidak diimbangi dengan peningkatan perjuangan di dalam negeri maka lapangan pekerjaan akan terasa semakin sempit.



  • Menjadi bahaya bagi tenaga kerja lokal yang tidak mempunyai keterampilan lebih


Kedatangan tenaga kerja abnormal ke Indonesia menjadi bahaya tersendiri bagi tenaga kerja lokal, terlebih yang tidak mempunyai keterampilan sama sekali. Jika tidak diasah, maka tenaga kerja lokal tidak akan sanggup bersaing dengan tenaga kerja asing.



  • Menimbulkan peluang pengangguran


Hadirnya tenaga kerja abnormal apabila tidak diimbangi dengan penambahan lapangan pekerjaan maka hanya akan menimbulkan banyak pengangguran. Seagai satu solusi maka penambahan lapangan pekerjaan harus pula dilakukan.


Nah itulah beberapa imbas negatif yang sanggup ditimbulkam dari masuknya tenaga kerja di Indonesia. Selain beberapa point yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa imbas lain yang sanggup ditimbulkan yang kita sadari atau tidak. Semoga gosip yang kami sampaikan bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com