Friday, October 20, 2017

5 Perbedaan Lembah Dan Jurang Dan Penjelasannya

Bentuk permukaan Bumi tidak rata mirip bidang datar. Ada banyak sekali ketidakrataan yang ada di permukaan Bumi. Ada bentuk permukaan Bumi yang menonjol ada pula yang cekung. Beberapa teladan kenaampakan permukaan Bumi yang cekung antara lain yaitu jurang dan juga lembah. Kita niscaya telah mengetahui tantang lembah dan juga jurang. Jurang biasanya sangat dalam dengan dasar yang berupa ekosistem sungai maupun lainnya yang semakin ke bawah semakin menyempit. Sementara lembah biasanya berupa dataran rendah yang lebih subur dan bentuknya pun juga lebar. Secara umum, jurang dan lembah merupakan dataran yang lebih rendah daripada lainnya. Namun diantara jurang dan juga lembah ini tentu mempunyai beberapa macam perbedaan. Beberapa perbedaan antara jurang dengan lembah antara lain sebagai berikut:



  1. Dinding pembatas yang terjal dan landai


Secara teori, pengertian lembah dan jurang yaitu dataran rendah yang diapit oleh dua sisi ketinggian atau lebih. Lalu apakah yang membedakan dinding atau sisi pembatas dari jurang dan lembah? Lembah yaitu dataran rendah yang diapit oleh dua sisi ketinggian atau lebih yang terjal ataupun landai. Sisi pembatas kanan kiri dari lembah ini sanggup berupa tanah dataran tinggi. Sementara itu sisi pembatas yang mengapit jurang ini yaitu dinding- dinding yang terjal dan biasanya berdinding lancip. Dinding- dinding pengapit jurang ini biasanya berupa batuan- batuan alam yang terbentuk secara alami.



  1. Dasar lembah dan jurang


Selain dari sisi dinding pembatas, perbedaan lembah dan jurang juga terdapat pada dasar. Dasar lembah dan dasar jurang ini biasanya berbeda. Dasar lembah biasanya berupa dataran rendah yang ditumbuhi banyak flora dan bersifat landai. Dasar lembah biasanya juga sanggup dipakai sebagai pemukiman penduduk atau daerah tinggal makhluk hidup. Sementara itu dasar jurang biasanya berupa sungai ataupun dataran yang berbatu. Dasar jurang lebih sedikit ditumbuhi tumbuhan apabila dibandingkan dengan dasar lembah.



  1. Ukuran lembah dan jurang


Selanjutnya yaitu ukuran dari lembah dan jurang yang mempunyai perbedaan. Perbedaan ukuran dari lembah dan jurang ini terlihat dari lebarnya. Lembah mempunyai ukuran yang lebih besar dan juga lebar. Biasanya ukuran lembah dari atas sampai ke dasar ukurannya sama atau ibarat bentuk aksara U. Sementara itu untuk ukuran jurang berbeda. Jurang mempunyai ukuran yang semakin ke dasar semakin menyempit. Sehingga sanggup kita lihat bentuk dari jurang ini ibarat aksara V yang semakin menyempit dikala mendekati dasar.



  1. Kehidupan di dasar


Perbedaan jurang dan lembah sanggup dilihat dari kehidupan di dasarnya, mirip yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kehidupan di dasar lembah ini biasanya ditempati oleh banyak sekali makhluk hidup mirip tumbuh- flora ataupun  binatang, bahkan manusia. Bentuk dasar lembah yang lebar ini sanggup menjadi daerah yang nyaman untuk makhluk hidup. Suhu yang lebih hangat juga menawarkan pemberian untuk kehidupan. Sementara itu kehidupan di dasar jurang lebih sedikit daripada dasar lembah alasannya yaitu dasar jurang biasanya berupa sungai atau daratan yang menyempit.



  1. Kesuburan di dasar


Selanjutnya yaitu kesuburan di dasar lembah atau jurang. Kesuburan tanah di dasar lembah lebih subur daripada di dasar jurang. Maka dari itulah kehidupan di dasar lembah lebih banyak daripada di dasar jurang.


Nah itulah beberapa perbedaan dari lembah dan juga jurang. Secara umum perbedaan yang sangat terlihat dari lembah dan juga jurang yaitu bentuknya, dinding pembatas dan juga keadaan dasarnya. Semoga gosip ini bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com